Manisnya Bisnis Kurma Ramadan di Bulan Penuh Berkah

Bisnis Kurma Ramadan (liputan6.com)

Njajan.com
- Buah kurma identik dengan bulan Ramadan. Tak lain karena buah ini merupakan  makanan berbuka puasa yang disunahkan dalam Islam dan disarankan dari segi kesehatan. Maka pebisnis kurma musiman pun tumbuh seiring naiknya permintaan kurma itu sendiri. Bagi Anda yang juga tertarik menekuni bisnis kurma Ramadan, ide bisnis makanan berikut dapat dilakukan.


1. Berjualan buah kurma

Berjualan kurma merupakan pilihan pertama untuk Anda yang ingin melakoni bisnis kurma Ramadan. Bisnis ini mempunyai peluang yang menguntungkan selama Ramadan. Dari hasil pantauan kami di beberapa media, penjualan kurma di bulan suci meningkat hingga dua sampai tiga kali lipat. Keuntungannya pun dapat mencapai dua kali lipat dibandingkan bulan-bulan yang lain.

Anda dapat membeli kurma dari importir kemudian dijual sendiri di bazaar Ramadan, pasar, depan masjid, atau di rumah sendiri. Biasanya jenis kurma yang dijual antara lain kurma Madinah, kurma Nabi, kurma Ajwa Tunisia, Mesir, Sayer, dan Golden. Dengan menjual jenis kurma yang banyak dicari karena harganya terjangkau seperti Tunisia, Sayer, dan Golden, Anda bisa mendapatkan keuntungan lebih cepat.

2. Bisnis Kurma Cokelat

Kurma dikombinasikan dengan cokelat menjadi camilan yang unik dan lezat. Kurma premium dengan lapisan cokelat dan topping bisa dijadikan kudapan berbuka, sahur, atau disimpan untuk Lebaran. Kurma cokelat juga banyak diburu sebagai hadiah hantaran di bulan Ramadan.

Anda dapat membuat kurma cokelat sendiri, membungkus dengan kemasan menarik, lalu menjualnya. Bisa juga menjadi agen reseller produk kurma cokelat yang sudah terkenal. Ada berbagai varian kurma cokelat di pasaran, seperti almond, tiramisu, keju, blueberry, Nutella, dan greentea. Produk makanan ini dapat bertahan hingga dua tahun, sehingga Anda pun masih dapat menjualnya meski Ramadan telah berakhir.

Baca juga: 7 Bisnis Kuliner untuk Mahasiswa Agar Cepat Sukses di Masa Kini

3. Menambah varian produk berbahan kurma

Bisnis kurma Ramadan ini dapat dilakukan oleh Anda yang telah menjalankan bisnis kuliner semisal toko kue, kafe, atau kedai kopi. Tambahkan menu dengan bahan kurma ke dalam daftar menu Anda selama Ramadan. Cara ini juga dilakukan oleh aktor Teuku Wisnu di gerai Malang Strudel-nya. Wisnu menambahkan varian kue kurma di samping kue artis lain yang lebih dulu menjadi kesukaan masyarakat.

Tak ada salahnya meniru strategi bisnis tersebut dengan memproduksi kue kurma versi kafe atau toko kue milik Anda. Bisa juga dengan membuat varian kopi kurma di kafe Anda. Produk berbahan kurma ini pasti akan menjadi daya tarik tersendiri bagi pelanggan.

4. Budidaya kurma tropis

Usaha budidaya kurma tropis sudah dapat dilakukan di Indonesia dengan bibit dari Thailand. Meskipun baru dapat dilakukan dengan skala kecil, peluang memperoleh penghasilan dari usaha ini cukup besar. Pasalnya, pohon kurma memiliki masa produktif yang sangat panjang yaitu mencapai 100 tahun dan buah yang dihasilkan dapat berkisar antara 200 - 3.000 per pohon. Meski produk dalam negeri, kurma tropis dapat disesuaikan harganya dengan kurma Timur Tengah.

Contoh daerah yang memiliki tempat budidaya kurma tropis yaitu Cirebon, Sukabumi, dan Cipanas. Dibandingkan bisnis kurma Ramadan yang lain, bisnis budidaya ini tak hanya berlaku selama bulan suci saja, melainkan sepanjang tahun. Jika Anda sukses menjalankan bisnis ini, Ramadan akan datang tentunya sudah dapat menjanjikan pasaran menguntungkan.

Baca juga: 5 Ide Makanan Unik untuk Usaha

Itulah ide bisnis kurma Ramadan yang dapat Anda lakukan untuk menambah penghasilan. Jika artikel Njajan.com ini bermanfaat, silakan klik like dan share. Terima kasih.


Manisnya Bisnis Kurma Ramadan di Bulan Penuh Berkah Manisnya Bisnis Kurma Ramadan di Bulan Penuh Berkah Reviewed by Njajan on June 09, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.