30 Menu Sarapan Pagi Favorit Orang Indonesia

Sarapan Pagi Favorit Orang Indonesia (youtube.com)

Njajan.com - Bagi pekerja kantoran, mungkin sarapan pagi tidak begitu penting karena tidak sempat. Namun, bagi pelajar, anak sekolah, dan mahasiswa tentu sarapan di pagi hari menjadi aktivitas wajib untuk menambah sumber energi. Ada beberapa menu sarapan pagi yang menjadi favorit orang Indonesia.

Saking favoritnya, semua orang pasti pernah memakan menu sarapan tersebut di pagi hari. Tidak mengenal daerah karena menu makanan ini sering dijadikan sarapan mulai dari warga ujung barat Indonesia sampai ujung timur Indonesia.

Hal ini menunjukkan bahwa sarapan pagi sangat penting bagi kesehatan. Manfaat sarapan pagi dapat menambah nutrisi pada otak, sumber tenaga, menghindari penyakit lambung, dan masih banyak lagi. 

Sayangnya, tidak banyak pekerja yang peduli dengan sarapan pagi. Mereka lebih suka sehari makan dua kali, siang dan sore. Saat makan siang atau sedang istirahat dan sepulang kerja. Meski begitu, masih ada sebagian pekerja yang membawa bekal makan seperti bento untuk makan di perjalanan menuju ke kantor.

Baca juga: Resep Sarapan Pagi Telur Dadar Gulung Gyeranmari Ala Korea

Walau cuma sepotong roti tawar atau sebuah apel merah, tapi hal tersebut sudah cukup membantu mengisi energi di pagi hari. Sebenarnya, yang paling penting bukan jenis makanannya tapi kandungan pada makanan tersebut. Untuk sarapan, sebaiknya pilih menu makanan dengan kandungan serat tinggi, protein, serta kadar lemak yang rendah.

Sarapan Pagi Orang Indonesia


1. Nasi Goreng


Nasi goreng merupakan sajian nasi yang digoreng dalam sebuah wajan atau penggorengan. Nasi goreng memiliki cita rasa berbeda karena dicampur dengan bumbu-bumbu seperti bawang putih, bawang merah, merica, dan kecap manis. 

Selain itu, nasi goreng juga ditambahkan bahan-bahan pelengkap seperti telur, sayur-sayuran, makanan laut, atau daging. Makanan tersebut seringkali disantap sendiri di pagi hari dan malam hari atau disertai dengan hidangan lainnya.

2. Nasi Kuning


Nasi kuning adalah sebuah hidangan nasi berwarna kuning. Makanan tersebut berbahan dasar nasi putih, yang dicampur dengan annatto, saffron atau kunyit yang dipakai untuk memberikan warna kuning.

3. Nasi Pecel


Nasi Pecel adalah makanan yang dikombinasikan dengan bumbu sambal kacang sebagai bahan utamanya dan dicampur dengan aneka jenis sayuran. Makanan ini populer terutama di wilayah di Yogyakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Asal nama dan asal daerah dari pecel belum diketahui secara pasti. Namun dapat dimaknai secara etimologi, dalam bahasa Jawa, bahwa pecel dapat diartikan sebagai 'tumbuk' atau 'dihancurkan dengan cara ditumbuk'.

Ada angapan Pecel itu berasal dari Ponorogo, Jawa Timur, karena sambal kacang yang digunakan dalam campuran pecel juga digunakan dalam bumbu sate Ponorogo. Meski begitu, nasi pecel paling terkenal di Indonesia adalah nasi pecel Madiun.

4. Mie Indomie Goreng


Mie goreng Indomie jadi andalan saat sarapan pagi karena praktis dan cepat. Tidak perlu waktu lama, cukup 10 menit Indomie goreng sudah siap disajikan. Masyarakat Indonesia terkadang suka menambah mie goreng dengan nasi agar lebih kenyang.

5. Nasi Uduk


Nasi uduk adalah salah satu varian nasi yang banyak dijumpai di seluruh wilayah Indonesia. Rasanya yang gurih, membuat banyak sekali lauk yang cocok untuk dipadukan dengan nasi uduk.

Nasi uduk memiliki banyak penggemar karena harganya yang cukup terjangkau. Di beberapa warung, Anda cukup mengeluarkan Rp 5.000 untuk makan nasi uduk kemudian dipadukan lagi dengan lauk lainnya.

6. Bubur Ayam


Bubur ayam memang juara untuk menu sarapan pagi karena ringan dan mengenyangkan. Bubur ayam juga menjadi salah satu makanan yang enak disantap kapan saja. Bubur ayam biasa dinikmati dengan sedikit kuah warna kuning.

Bubur ayam disajikan dengan irisan daging ayam dengan beberapa bumbu, seperti kecap asin dan kecap manis, merica, garam, dan kadang-kadang diberi kaldu ayam. 

Bubur dilengkapi dengan taburan daun bawang cincang, bawang goreng, seledri, tongcai (sayur asin), kedelai goreng, cakwe, dan kerupuk. Bubur ayam cocok bagi mereka yang kurang menyukai masakan Indonesia yang pedas, karena bubur umumnya tidak pedas; sambal atau saus cabe disajikan secara terpisah.

7. Nasi Jagung


Nasi jagung memiliki nama lain yakni nasek empog, nasi ampok, dan nasi empok. Nasi jagung adalah suatu makanan khas Indonesia yang terbuat dari jagung sebagai bahan dasarnya. 

Jagung yang digunakan dalam membuat nasi jagung adalah jagung yang sudah tua atau dikenal dengan istilah jagung pipil. Di pasaran jagung pipil mudah ditemukan karena harganya yang relatif murah dibandingkan dengan harga jagung manis atau jagung muda. Nasi jagung sama dengan nasi putih biasa dimakan dengan lauk-pauk lainnya.

8. Nasi Telur


Jika tak memiliki banyak waktu untuk memasak, biasanya sebagian orang Indonesia memilih membuat nasi telur. Jadi, telur didadar atau diceplok kemudian ditambah nasi hangat. Walau cuma sederhana, tapi menu sarapan pagi ini sangat disukai berbagai kalangan.

9. Roti Tawar dan Selai atau Keju


Kalau tak mau ribet dalam membuat menu sarapan, Anda dapat memakan roti tawar dengan isi selai atau keju. Cara membuatnya simpel tinggal mengoleskan selai dan keju atau cokelat. Setelah itu, roti bisa dimakan langsung atau dijadikan bekal.

10. Soto Ayam


Soto ayam adalah makanan khas Indonesia yang berupa sejenis sup ayam dengan kuah yang berwarna kekuningan. Warna kuning ini dikarenakan oleh kunyit yang digunakan sebagai bumbu. 

Soto ayam banyak ditemukan di daerah-daerah di Indonesia dan Singapura. Selain ayam bahan yang digunakan juga meliputi telur rebus, irisan kentang, daun seledri, serta bawang goreng. 

Terkadang soto juga disajikan dengan lontong atau nasi putih. Selain itu soto ayam juga sering dihidangkan dengan sambal, kerupuk dan koya (campuran tumbukan kerupuk dengan bawang putih).

11. Soto Daging


Hampir sama dengan soto ayam, kalau soto daging biasanya menggunakan daging kambing atau daging sapi. Soto daging juga menjadi makanan khas Indonesia dan biasa ditemukan di berbagai daerah.

12. Nasi Rawon


Rawon adalah masakan Indonesia berupa sup daging berkuah hitam sebagai campuran bumbu khas yang menggunakan kluwek. Rawon, meskipun dikenal sebagai masakan khas Jawa Timur, dikenal pula oleh masyarakat Jawa Tengah sebelah timur (daerah Surakarta).

Daging untuk rawon umumnya adalah daging sapi yang dipotong kecil-kecil, utamanya adalah bagian sandung lamur. Bumbu supnya sangat khas Indonesia, yaitu campuran bawang merah, bawang putih, lengkuas (laos), ketumbar, kemiri, serai, kunir, cabai, kluwek, garam, serta minyak nabati. 

Semua bahan ini dihaluskan, lalu ditumis sampai harum. Campuran bumbu ini kemudian dimasukkan dalam kaldu rebusan daging bersama-sama dengan daging. Warna gelap khas rawon berasal dari kluwek. Di luar negeri, rawon disebut sebagai black soup.

Rawon disajikan bersama nasi, dilengkapi dengan tauge kecil, telur asin, daun bawang, kerupuk udang, daging sapi goreng (empal) dan sambal.

Warung rawon yang cukup populer di antaranya adalah Rawon Nguling di Pasuruan, dan Rawon Setan di jalan Embong Malang, Surabaya.

13. Lontong Sayur


Dulu lontong sayur hanya muncul pada perayaan hari besar seperti ketika tiba Hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha. Namun sekarang, lontong sayur tidak hanya tersedia di hari-hari besar melainkan telah tersedia di hari-hari biasa dan dijual secara bebas di warung-warung.

Lontong sayur juga bisa berupa ketupat. Ketupat atau lontong dipotong-potong, kemudian ditaburi dengan kuah yang membuat sajian ini terasa lebih nikmat. Dalam pembuatannya, sayur yang dipergunakan biasanya memanfaatkan sayur labu siam atau bisa menggunakan pepaya muda yang diiris-iris.

Sayuran ini menggunakan santan, dengan racikan bumbu penyedap khas betawi, tambahan kerupuk dan suiran ayam yang menjadikan makanan khas Indonesia ini terlihat sangat komplit.

14. Nasi Krawu


Nasi krawu merupakan makanan khas dari daerah Gresik, Jawa Timur. Ciri nasi krawu adalah nasinya yang pulen dan disajikan dengan daun pisang. Lauknya dapat berupa sayatan daging sapi, semur daging, jeroan sapi, sambal terasi dan serundeng.

15. Nasi Kucing


Nasi kucing atau sego kucing adalah makanan yang berasal dari Yogyakarta, Semarang, dan Surakarta. Porsi nasi kucing sengaja dibuat sedikit, biasanya ditambah sambal, ikan, dan tempe, lalu dibungkus daun pisang.

Nasi kucing biasanya dijual dengan harga murah (terkadang Rp 1.000 untuk nasi kucing dan Rp 4.000 untuk sego macan) di tempat yang kecil, maupun jajanan pinggir jalan yang disebut angkringan. Nasi ini sangat digemari oleh berbagai kalangan terutama kalangan muda seperti mahasiswa.

16. Nasi Liwet


Nasi liwet merupakan makanan khas kota Solo dan merupakan kuliner asli daerah Baki, Kabupaten Sukoharjo. Nasi liwet adalah nasi gurih (dimasak dengan kelapa) mirip nasi uduk, yang disajikan dengan sayur labu siam, suwiran ayam (daging ayam dipotong kecil-kecil) dan areh (semacam bubur gurih dari kelapa).

Penduduk kota Solo dan sekitarnya biasa memakan nasi liwet setiap waktu mulai dari sarapan pagi, sampai makan malam. Nasi liwet biasa dijajakan keliling dengan bakul bambu oleh ibu-ibu yang menggendongnya tiap pagi atau dijual di warung lesehan (tanpa kursi). 

Tempat paling terkenal untuk penjualan nasi liwet (warung lesehan) adalah di daerah Keprabon yang hanya berjualan pada malam hari. Sentra pedagang nasi liwet banyak dijumpai di Desa Duwet dan Menuran Kecamatan Baki, Kabupaten Sukoharjo.

17. Nasi Ponggol Tegal


Nasi ponggol adalah nasi yang dibungkus daun pisang dengan lauk sambal goreng tempe. Bagi orang Tegal, nasi ponggol identik dengan menu sarapan pagi karena mereka punya kebiasaan makan nasi ponggol pada pagi hari. 

Mereka yang enggan menyiapkan sarapan pagi sendiri biasanya memilih pergi ke warung atau lapak dadakan yang dibuka di pinggir jalan untuk membeli nasi ponggol.

18. Nasi Gudeg


Nasi gudeg adalah makanan khas Yogyakarta dan Jawa Tengah yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan. Perlu waktu berjam-jam untuk membuat masakan nasi gudeg. 

Warna cokelat biasanya dihasilkan oleh daun jati yang dimasak bersamaan. Gudeg dimakan dengan nasi dan disajikan dengan kuah santan kental (areh), ayam kampung, telur, tempe, tahu dan sambal goreng krecek.

19. Bubur Manado


Salah satu kuliner khas kota Manado adalah bubur Manado. Bubur ini mirip dengan bubur nasi pada umumnya, tetapi bubur Manado memiliki campuran dari sayur-sayuran yang menyehatkan.

Sayur-sayuran tersebut antara lain labu kuning, kangkung, jagung, dan semacamnya. Bubur Manado biasanya juga dihidangkan dengan ikan jambal asin dan sambal rica-rica sehingga masakan ini semakin menggoda penggemar bubur untuk menikmatinya.

20. Bubur Sumsum


Bubur sumsum sering disebut dengan nama bubur lemu, bubur saring atau bubur tepung beras. Makanan khas ini biasanya paling banyak disajikan saat bulan puasa. 

Anda bisa membuat bubur sumsum sendiri atau membelinya di pedagang kaki lima. Bubur sumsum ini enak sekali untuk dijadikan kudapan karena rasanya yang manis gurih dan teksturnya yang sangat lembut.

21. Pisang Goreng


Pisang goreng adalah makanan ringan yang banyak ditemui di Indonesia, Singapura dan Malaysia. Makanan ini dibuat dari buah pisang, sesudah di kupas kulitnya dipotong-potong sesuai keinginan kemudian di lumuri bersama adonan kental terbuat dari campuran tepung, sedikit garam dan gula selanjutnya digoreng dalam minyak goreng.

Pisang goreng sering ditemui dijual di warung tegal atau warung kopi sebagai makanan pendamping teh atau kopi. Saat ini pisang goreng merupakan makanan yang sangat terkenal di Indonesia. Kadang-kadang pisang goreng diberi topping seperti keju, susu kental manis, cokelat, dan lain sebagainya.

22. Gorengan dan Kopi


Jika sedang tak memiliki makanan apapun, biasanya orang Indonesia akan membeli gorengan di warung dan memakannya dengan secangkir kopi. Walau terkesan sederhana, gorengan dan kopi ini merupakan pasangan yang cocok disantap di pagi hari. Namun, porsinya secukupnya saja karena minum kopi di pagi hari dapat membuat asam lambung naik.

23. Gorengan dan Teh Hangat


Minum teh hangat di pagi hari sudah menjadi kebiasaan masyarakat di Indonesia. Apalagi kalau ditambah dengan gorengan pasti rasanya lebih istimewa. Ya, makan gorengan sudah mengenyangkan ditambah dengan secangkir teh hangat. Ini membuat tubuh menjadi lebih kuat menjalani aktivitas seharian.

24. Sereal


Sereal adalah makanan yang terbuat dari hasil ekstruksi oat bran dan corn meal. Biasanya sereal dikonsumsi pada pagi hari sehingga disebut juga sereal sarapan atau breakfast cereal. Sereal dikonsumsi dengan menambahkan susu sapi, air atau yogurt tetapi terkadang sereal juga dikonsumsi dalam keadaan kering.

25. Bubur Kacang Hijau


Bubur kacang hijau adalah makanan khas nusantara yang terbuat dari kacang hijau. Makanan ini dimasak dengan air dan gula aren bersama seikat daun pandan. Bahan-bahan tersebut dimasak sampai mendidih sampai kacang hijau menjadi lunak. Lalu disajikan dengan tambahan santan. 

Dalam resep yang lain, beberapa orang menambahkan tepung tapioka ke dalam bubur. Makanan yang satu ini dapat dimakan saat masih hangat maupun dingin dengan cara memasukkan es batu ke dalamnya.

26. Jajanan Tradisional


Jajanan pasar adalah makanan tradisional Indonesia yang diperjualbelikan di pasar, khususnya di pasar-pasar tradisional. Jajanan pasar ini, oleh masyarakat Jawa, ketika sudah dihidangkan di atas meja, sudah berubah namanya, yaitu pacetan atau nyamikan atau penganan. 

Dunia perhotelan, untuk meningkatkan daya tarik bagi para tamu bahkan banyak menyediakan jajanan pasar pada saat sarapan pagi. Dan beberapa kota/kabupaten di Indonesia, tak jarang menyelenggarakan festival jajanan pasar dalam rangka memperkenalkan potensi daerah berupa makanan tradisional yang menjadi ciri khas daerah tersebut.

Berikut beberapa jenis jajanan tradisional antara lain: 


  • Onde-onde
  • Rempeyek
  • Apem
  • Tempe goreng
  • Tempe bacem
  • Perkedel
  • Lemper
  • Kue lapis
  • Jenang
  • Klepon
  • Ketan
  • Wajik
  • Jadah
  • Emping
  • Getuk
  • Kue putu
  • Serabi
  • Pisang goreng
  • Risols
  • Bakwan


27. Sup Ayam


Sup ayam adalah sup yang terbuat dari ayam. Makanan ini dicampur dengan berbagai bahan makanan lainnya. Sup ayam klasik terdiri dari kaldu encer yang dimasukkan potongan ayam atau sayuran; umumnya ditambahkan dengan pasta atau mie, dumpling, atau padi-padian seperti nasi dan jelai. Sup ayam juga biasanya dihidangkan untuk orang yang sakit pilek dan flu.

28. Nasi Sambal Kecap dan Kerupuk


Nasi Sambal atau Sego sambel merupakan salah satu kuliner yang populer di Kota Malang pada awal tahun. Hidangan tradisional ini justru laris diserbu oleh pembeli dari berbagai kalangan, baik anak muda hingga paruh baya.

Makanan ini begitu diminati, karena menyajikan berbagai macam makanan tradisional yang sangat nikmat, disertai dengan sensasi pedas nan nikmat, yang pasti membuat pelanggannya ketagihan.

Contoh nasi sambal di antaranya sego sambal Cak Uut, sego sambal Sarumpet, warung sambel Cak Wid, sego Sambel Malangan, dan sego sambel Cah Kos.

29. Nasi Ikan Pindang


Nasi hangat ditambah ikan pindang asin merupakan kolaborasi yang nikmat di lidah. Apalagi kalau ada sambalnya, pasti orang Indonesia bisa nambah beberapa piring. Pelengkap lain biasanya ditambah dengan kerupuk.

30. Nasi Sambal Tahu Tempe


Untuk sebagian masyarakat di Indonesia, mereka lebih tertarik sarapan dengan nasi ditambah sambal serta tahu tempe. Masyarakat di pedesaan lebih senang makan tahu tempe kemudian cara makannya menggunakan tangan langsung. Dalam bahasa Jawa makan langsung dengan tangan disebut muluk.

Sensasi makannya lebih nikmat daripada makan dengan sendok. Tahu tempe yang dianggap menu sarapan biasa jadi luar biasa kalau dimakan dengan sambal sambil muluk.

Baca juga: 6 Resep Bekal Sekolah Anak Untuk Hari Senin sampai Sabtu

Demikian beberapa menu sarapan pagi favorit orang Indonesia. Semua daftar kuliner tadi dijual dengan harga terjangkau. Bahkan, sebagian keluarga membuatnya sendiri di rumah. Jadi, tak perlu makan makanan mahal untuk mengenyangkan perut di pagi hari, tapi cukup membuat makanan sendiri ditambah nasi hangat dan sambal, pasti lebih spesial.

Jika artikel Njajan.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain. Terima kasih.

Referensi: wikipedia


30 Menu Sarapan Pagi Favorit Orang Indonesia 30 Menu Sarapan Pagi Favorit Orang Indonesia Reviewed by Njajan on June 24, 2019 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.