17 Cara Memasak Daging Sapi dan Kambing Supaya Cepat Empuk

Cara Memasak Daging Empuk dengan Cepat (detik.com)

Njajan.com - Masak daging tidak semudah yang dibayangkan. Sering kali daging yang dimasak terasa alot dan tidak empuk. Mau daging sapi atau kambing kalau masaknya kurang tepat pasti tidak bisa empuk. Bahkan, terkadang aroma bau amis khas hewan sapi dan kambing akan tercium sehingga mengurangi selera makan.

Masalah pengolahan daging ini sering kali dialami oleh ibu-ibu rumah tangga yang jarang memasak daging sapi atau daging kambing. Namun, untuk pengusaha restoran sate dan semacamnya tentu tidak terlalu bermasalah. Sebab, mereka sudah tahu cara memasak daging agar cepat empuk.

Baca juga:  5 Resep Daging Sapi Enak dan Praktis saat Merayakan Idul Adha

Sebenarnya, bagaimana cara masak daging sapi atau kambing agar terasa empuk dan tidak alot? Untuk masalah daging empuk ini ternyata ada ilmunya tersendiri. Sehingga jika tak dipelajari dan asal masak saja, daging tidak akan bisa empuk dan pastinya terasa alot saat digigit.

Berikut tips membuat daging empuk dengan cepat:

1. Daging Diberi Garam Laut


Garam laut ditaburkan pada permukaan daging, lalu diamkan selama 1 jam. Ingat ini bukan garam dapur, melainkan garam laut. Setelah didiamkan selama 1 jam, Anda dapat mengolahnya, pasti daging menjadi lebih empuk.

2. Jus dengan Kandungan Asam Tinggi


Jika ingin daging terasa empuk, maka campurkan jus yang mempunyai kandungan asam tinggi, seperti jeruk nipis, lemon, atau nanas. Selain jus, Anda juga dapat memakai cuka, seperti cuka dapur, cuka apel, dan balsamic. Ada lagi, yakni anggur merah, tapi rasa dagingnya nanti menjadi sedikit unik.

3. Daging Dilumuri Saus Tomat


Ternyata saus tomat mengandung asam yang tinggi. Kalau daging dilumuri dengan saus tomat, maka daging bisa menjadi empuk. Hal ini menjadikan banyak sajian BBQ sering dilumuri saus tomat sebelum dibakar. Tujuannya agar daging BBQ menjadi empuk.

4. Daging Direndam Minuman Keras B i r


Pasti banyak yang belum tahu kalau b i r dapat dipakai untuk mengempukkan daging dan menambah cita rasa. Seperti wine, senyawa tanin dan alpha acid pada b i r dapat membuat daging menjadi empuk. Bila daging direndam dalam b i r selama 1 jam, maka daging tidak akan alot.

5. Daging Empuk dengan Coca Cola


Saat ini Coca Coca di Indonesia mungkin tidak terlalu diminati. Namun ternyata Coca Cola justru bermanfaat untuk mengempukkan daging sapi atau kambing. Caranya, rendam daging dalam Coca Cola minimal 30 menit, maka kandungan asam pada cola akan berubah menjadi katalis kemudian berperan dalam melembutkan otot-otot pada daging.

6. Daging Dimasukkan Kopi Kental


Agar daging cepat dingin, masukkan saja pada satu gelas kopi kental yang sudah dingin selama 24 jam. Setelah itu, daging akan menjadi empuk dan baru bisa diolah dengan sempurna. Namun, ada kemungkinan rasa daging tersebut akan sedikit unik.

7. Mentega Susu dan Yogurt untuk Merendam Daging


Kalau ingin membuat daging terasa empuk dan tidak alot, maka rendam saja daging tersebut dengan mentega susu atau yogurt. Kedua bahan tadi mengandung kalsium yang dapat mengaktifkan enzim dalam daging untuk memecah protein sehingga daging menjadi empuk.

8. Nanas, Pepaya, dan Kiwi Bikin Daging Empuk


Banyak yang belum tahu bahwa buah pepaya, nanas, dan kiwi mengandung enzim nabati yang mampu melarutkan protein serta jaringan ikat pada daging. Caranya, potong buah menjadi tipis-tipis atau diblender sampai halus kemudian lumurkan pada permukaan daging. Setelah beberapa jam, Anda dapat memasak daging dan tentu tekstur sudah empuk.

9. Daging Kambing Tidak Bau


Supaya daging kambing tidak bau, sebaiknya jangan dicuci dengan air. Daging kambing direbus saja sebentar agar kotoran dan darahnya keluar secara alami. Setelah daging bersih, Anda dapat mengolah daging kambing.

10. Masak Daging dengan Api Kecil


Biasanya masak daging memang tidak boleh dengan api besar karena dapat membuat tekstur daging cepat hancur. Agar kualitas daging tetap bagus, sebaiknya masak daging dengan api kecil. Selain itu, api kecil dapat membuat bumbu cepat meresap ke dalam daging.

11. Ukuran Daging Kecil atau Tipis


Dalam memotong daging sapi atau kambing, sebaiknya pilih bentuk yang tipis atau kecil-kecil. Alasannya daging yang tipis dan kecil lebih cepat matang dan empuk. Selain itu, bumbu akan mudah meresap ke dalam daging. Jika Anda memasak daging tebal, tentu proses masaknya menjadi lama dan terasa alot saat digigit.

12. Bungkus dengan Daun Pepaya


Anda tidak perlu mencari banyak daun pepaya, tapi cukup membungkus daging sapi atau kambing dengan selembar daun pepaya. Kemudian daging tersebut dimasukkan ke dalam kulkas semalaman. Keesokan harinya, biasanya daging sudah terasa empuk.

Getah daun pepaya masuk ke serat daging dan menjadikan tekstur daging menjadi empuk. Namun perlu diingat bahwa membungkus daging pepaya jangan terlalu, takutnya getah pepaya mempengaruhi rasa daging tersebut.

13. Rendam dengan Baking Powder


Sebagian dari Anda mungkin belum pernah mengempukkan daging dengan baking powder. Ternyata baking powder dapat membuat daging empuk dengan cara merendam daging dalam bumbu yang telah dicampur dengan baking powder semalaman. Untuk teknik ini biasanya sering dilakukan saat akan membuat daging lada hitam atau sate.

14. Daging Dilumuri Jahe


Tahukah Anda, setiap ruas jahe mengandung enzim proteolitik alami yang berfungsi mengurangi ikatan protein agar daging terasa empuk. Jika parutan jahe dilumurkan ke permukaan daging sapi atau kambing, maka dalam 30 menit daging akan berangsur-angsur menjadi empuk.

15. Daging Direndam dalam Teh


Teh mengandung tanin yang dapat membuat daging menjadi empuk. Prosesnya cukup merendam daging sapi atau kambing dalam 1-2 cangkir teh hitam yang pekat selama 30 menit, maka lama-kelamaan daging akan empuk sendiri. Oh iya, tunggu sampai teh dingin dulu, baru daging dimasukkan.

16. Daging Dipukul sampai Empuk


Untuk cara yang satu ini, Anda tidak perlu menggunakan bumbu atau bahan rendaman karena cukup memukulnya. Jadi, daging yang terasa alot dipukul-pukul pelan hingga terlihat empuk. Namun ingat, jangan terlalu keras dalam memukul karena dapat merusak sari daging.

17. Daging Dimasukkan Panci Presto


Kalau mau cepat empuk, daging dapat dimasukkan dalam panci presto. Ya, dalam hitungan menit saja, daging dapat empuk dengan sendirinya. Bahkan, ikan yang memiliki banyak duri bisa menjadi hancur durinya dan hilang, seperti ikan bandeng presto.

Baca juga: 3 Resep Sate Khas Yogyakarta dengan Rasa yang Lezat dan Unik

Demikian beberaa membuat cara memasak daging sapi atau kambing menjadi empuk dan tidak alot. Lebih baik coba semua cara dan nikmati prosesnya. Siapa tahu, dari salah satu cara di atas dapat menjadikan daging Anda cepat empuk.

Jika artikel Njajan.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain. Terima kasih.


17 Cara Memasak Daging Sapi dan Kambing Supaya Cepat Empuk 17 Cara Memasak Daging Sapi dan Kambing Supaya Cepat Empuk Reviewed by Njajan on June 23, 2019 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.