Meski Singgah Sebentar, Kuliner Salatiga Ini Jangan Dilewatkan

Soto Esto Kuliner Salatiga (wisataku.id)

Njajan.com - Salatiga dikenal sebagai kota transit di jalur Pantura, namun bukan merupakan kota utama yang sering disinggahi. Padahal Kota Salatiga kaya akan kuliner yang lezat dan beragam. Berikut ini kuliner Salatiga yang wajib Anda nikmati jika berada di sana.

1. Sate Sapi Suruh

Sate Sapi Suruh sudah menjadi kuliner Salatiga yang legendaris sejak tahun 1987. Potongan daging sate yang cukup besar membuat Anda kenyang hanya dengan satu porsi saja. Daging dimasak hingga empuk disiram dengan bumbu kacang, tentu akan membuat siapa saja ketagihan.

Salah satu tempat makan yang menyediakan sate ini ada di jalan Jenderal Sudirman Nomor 16F, Salatiga atau sebelah Polsek Pasar Raya 2 milik Ibu Ngatmiati. Asal nama Suruh adalah daerah di mana usaha sate ini dimulai sehingga dikenal dengan nama itu hingga kini. Satu porsi sate dihargai Rp18.000 saja di warung yang beroperasi mulai pukul 10.00 - 21.30 WIB ini.

2. Soto Esto

Soto Esto Kuliner Khas Salatiga (wisataku.id)
Soto Esto Kuliner Khas Salatiga (wisataku.id)

Soto Esto adalah menu sarapan yang cukup terkenal di Salatiga. Kuliner Salatiga ini merupakan soto ayam dengan kuah santan, kecambah, mi, dan irisan ayam. Sebagai pelengkap Anda bisa menyantap sate telur puyuh, sate kerang, kerupuk karak, dan teh hangat. Jika ingin menikmati soto esto, datang saja ke rumah makan Soto Ayam Kampung Esto di Jalan Langensuko atau belakang Grand Wahid Hotel. Tempat ini sudah berdiri sejak tahun 1953.

3. Nasi Kucing Senjoyo Pak Sus

Nasi kucing tidak hanya bisa dijumpai di angkringan Yogyakarta atau Solo. Salatiga juga mempunyai Nasi Kucing Senjoyo Pak Sus. Banyak anak muda yang suka menghabiskan waktu nongkrong di tempat ini karena hidangannya beragam dan murah. Nasi kucing disajikan dengan sate usus, sate kulit ayam, atau sate telur puyuh. Ada juga gorengan, tempe bacem, dan ayam goreng di angkringan Jalan Senjoyo Salatiga ini.

4. Ronde Sekoteng Jago

Kuliner Salatiga yang hangat dan legendaris bisa menemani Anda menghabiskan malam di kota ini. Cobalah ronde, bola-bola dari tepung beras berisi gula merah yang disantap dengan kuah jahe dan kacang tanah. Bisa juga sekoteng, minuman dari air jahe dengan tambahan kacang hijau, kacang tanah, dan irisan roti tawar. Salah satu yang paling populer di Salatiga adalah Ronde Sekoteng Jago yang memiliki rasa kuah jahe yang khas dan nikmat. 

5. Gecok Kambing

Gecok Kambing harus dicoba jika Anda adalah penggemar olahan dari daging kambing. Kuliner Salatiga ini memiliki kuah santan khas dengan racikan bumbu rempah dan kelapa sangrai. Daging kambing dimasak cukup lama sehingga kaya bumbu dan empuk. Gecok Kambing dapat Anda temukan di rumah makan dan restoran-restoran di Salatiga.

6. Toko Oom Tan

Jika Anda singgah di Salatiga, sempatkan membeli oleh-oleh di Toko Oom Tan. Toko ini menjual aneka macam kuliner Salatiga untuk buah tangan, seperti enting-enting gepuk, gula kacang, singkong keju, dan permen asem. Alamat Toko Oom Tan ada di Jalan Sudirman, Kalicacing, Sidorejo, Salatiga.

Nah, setelah mengetahui aneka kuliner Salatiga yang unik dan lezat, Anda tak perlu bingung mencari rekomendasi makanan ketika singgah di sana. Jika artikel Njajan.com ini bermanfaat, silakan klik like dan share. Terima kasih.


Meski Singgah Sebentar, Kuliner Salatiga Ini Jangan Dilewatkan Meski Singgah Sebentar, Kuliner Salatiga Ini Jangan Dilewatkan Reviewed by Njajan on June 14, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.