Asal-usul dan Resep Perkedel Kentang Kornet

resep-perkedel-kentang

Njajan.com- Perkedel kentang kerap tampil sebagai lauk pendamping sajian soto dan nasi kuning. Tekstur kentang tumbuk yang digoreng ini sangat lembut, ditambah rasa yang gurih membuatnya menjadi lauk favorit. Resep perkedel kentang bisa dibuat dengan bermacam-macam variasi, seperti perkedel kentang ayam dan perkedel kentang kornet.

Konon, perkedel merupakan makanan yang berasal dari Belanda. Dari namanya, perkedel mempunyai kemiripan dengan 'Frikedeller', karena susahnya melafalkan F, frikedeller pun menjadi perkedel di lidah orang Indonesia. Frikedeller sendiri berasal dari nama makanan Perancis, Fricandeau yang diperkenalkan oleh Napoleon Bonaparte ke Negeri Belanda.

Dari bentuknya, Frikedeller lebih besar dan padat daripada perkedel. Kesamaan kedua makanan ini yaitu dari cara mengolahnya. Frikedeller dibuat dari daging cincang yang dibentuk dan digoreng, sedangkan perkedel dibuat dari bahan dasar kentang dengan campuran kornet atau daging cincang yang digoreng. Namun, ada juga sumber yang menyebutkan Frikedeller juga dibuat dengan kentang.


resep-perkedel-kentang
Frikedeller (madopskrifter.nu)
Baca juga:  Fakta Unik dan Resep Nugget Ayam

Selain dimodifikasi dengan bahan kentang, di Indonesia perkedel juga dibuat dari bahan dasar tahu, tempe, talas, dan singkong. Tetapi, perkedel tetap lebih identik dengan kentang tumbuk yang digoreng.

Setelah membaca sejarah mengenai perkedel, saatnya menyimak resep perkedel kentang dengan campuran kornet di bawah ini.


Resep Perkedel Kentang Kornet


Bahan-bahan perkedel:
  • ½ kg kentang, potong-potong
  • ½ kaleng kornet
  • 2 batang seledri, diiris halus
  • 3 sdm bawang merah goreng
  • 1 butir telur ayam, kocok
  • 1 butir putih telur, dikocok untuk lapisan luar, sebelum digoreng
  • Minyak goreng secukupnya
Bumbu yang dihaluskan:
  • 4 siung bawang putih
  • ½ sdt merica
  • ¼ buah pala
  • ½ sdt garam
Cara Memasak:
  1. Panaskan minyak, goreng kentang hingga matang kuning kecoklatan.
  2. Angkat dan tiriskan kentang, kemudian haluskan selagi kentang masih panas.
  3. Campur kentang, bumbu halus, kornet, seledri, bawang merah goreng dan telur. 
  4. Bentuk bulat pipih.
  5. Celupkan adonan yang sudah dibentuk ke dalam kocokan putih telur. 
  6. Goreng hingga matang kecokelatan. 
  7. Angkat dan hidangkan.
Menghaluskan Kentang (resepkoki.id)
Mungkin sebelumnya Anda pernah memasak perkedel, tetapi hancur ketika digoreng. Ada beberapa trik yang bisa dicoba untuk mengantisipasinya.

Pertama, campurkan bahan 'pelekat' dalam adonan perkedel. Telur merupakan bahan yang tepat untuk menbuat adonan kentang tumbuk bisa menyatu. Anda juga bisa menambahkan  tepung tapioka/kanji atau tepung beras, jika belum yakin adonan melekat sempurna. Untuk 500 gram kentang, tambahkan sekira 2 sdm tepung.

Kedua, simpan adonan di dalam kulkas sebentar sebelum digoreng. Sekitar 30 menit, diamkan adonan di dalam kulkas agar lebih kuat merekat.

Ketiga, jangan lupa mencelupkan adonan ke dalam putih telur sebelum menggorengnya. 

Keempat, goreng perkedel dalam minyak yang sudah benar-benar panas. Gunakan api sedang untuk menggoreng agar perkedel tidak terlalu lama terendam dalam minyak.

Kelima, balik perkedel sekali saja. Jika sisi bagian bawah sudah berwarna kecoklatan, balik perkedel sekali saja, dan biarkan hingga sisi yang sebelumnya berada di atas matang merata.

Keenam, perhatikan cara mengolah kentang sebelum dihaluskan. Kalau Anda memilih mengukus daripada menggoreng, kukus dalam keadaan utuh bersama kulitnya. Demikian juga jika kentang direbus. 

Baca juga: Resep Bakwan Jagung Udang yang Gurih dan Renyah

Jika mengikuti resep perkedel kentang dan trik-trik pengolahan di atas, perkedel hasil kreasi Anda pasti enak dan cantik tampilannya. Apabila artikel Njajan.com ini memberi manfaat untuk Anda, sebarkan juga kepada teman-teman dengan klik like dan share artikel ini. Terima kasih.



Asal-usul dan Resep Perkedel Kentang Kornet Asal-usul dan Resep Perkedel Kentang Kornet Reviewed by Admin on February 14, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.