Fakta Menarik Nasi Goreng dan Cara Membuatnya

nasi-goreng

Njajan.com - Nasi goreng merupakan hidangan kegemaran masyarakat Indonesia segala lapisan usia di mana saja. Sajian ini umumnya dihidangkan untuk sarapan dan makan malam. Di pagi hari, nasi goreng biasanya diolah ibu rumah tangga untuk menyiasati nasi sisa agar tidak terbuang. Selain karena nasi goreng bisa disiapkan dengan cepat sebelum berangkat beraktivitas.

Sementara di malam hari, nasi goreng banyak sekali dijajakan di warung-warung tenda dan gerobak keliling. Menu ini juga turut disediakan di restoran, kafe, hingga hotel berbintang. 

Baca juga: Asal-usul dan Resep Perkedel Kentang Kornet

Fakta Menarik Nasi Goreng


Ada beberapa fakta menarik terkait nasi goreng yang perlu Anda ingat. Makanan ini diyakini berasal dari negeri Tiongkok, tepatnya di daerah Yangzhou. Kebiasaan orang Tiongkok yang suka menyantap makanan panas, membuat mereka enggan menyentuh nasi sisa yang sudah dingin. 

Akhirnya tercetuslah ide memenaskan kembali nasi sisa dengan cara digoreng. Agar menjadi lezat, ditambahkan bumbu bawang, sayuran, dan daging dari lauk sisa hidangan makan yang terakhir. Ternyata penemuan nasi goreng di Tiongkok ini terjadi sekitar tahun 4000 SM. 

nasi-goreng
Omurice (foodrhythms.com)
Berkat saudagar dan pengembara Tiongkok, akhirnya makanan ini tersebar ke seluruh dunia.
Menyesuaikan dengan kultur dan cita rasa penduduk, nasi goreng pun mempunyai variasi berbeda di setiap negara. Di Jepang, nasi goreng dibalut dengan telur dadar cukup tebal, dikenal sebagai Omurice. Sementara di Korea Selatan, nasi goreng dipadukan dengan kimchi menjadi Kimchi Bokkeumbap dengan taburan rumput laut, wijen, telur mata sapi, dan keju. Selain itu, ada Paella nasi goreng ala Spanyol, Chitranna dari India, dan Jollof Rice di Ghana.

Di Indonesia, menu ini menjadi semakin dicintai karena Obama dan peringkatnya di urutan kedua makanan terlezat di dunia setelah rendang (versi polling CNN tahun 2011). Dalam kunjungannya ke Jakarta, November 2010 silam ketika masih menjabat sebagai Presiden Amerika Serikat, Barrack Obama mengakui bakso, sate, dan nasi goreng adalah makanan favoritnya. Hingga dalam setiap kunjungan ke Indonesia, Presiden AS ke-44 selalu memesan menu tersebut.

nasi-goreng
Nasi Goreng Obama (pergikuliner.com)
Baca juga: Fakta Unik dan Resep Nugget Ayam


Cara Membuat Nasi Goreng Praktis


Mudahnya mengolah nasi goreng, membuat siapa saja bisa memasaknya. Tentu dengan mempelajari tekniknya atau dari membaca tutorial singkat seperti berikut ini.

Pertama siapkan bahan-bahannya, yaitu nasi, telur, suwiran daging ayam, daun bawang yang dipotong kecil-kecil. Kemudian haluskan bawang merah, bawang putih, dan cabai. Tumis bumbu dengan minyak goreng secukupnya, disusul daun bawang dan telur yang sudah diorak-arik. Tumis hingga rata, tambahkan kecap, garam, dan merica sambil terus diaduk. Terakhir masukkan nasi dan suwiran ayam. Masak hingga matang dan bumbu merata. 

Jadilah nasi goreng rumahan sederhana. Sajikan bersama taburan bawang goreng dan kerupuk.

Untuk tambahan informasi Anda, ternyata nasi goreng tidak baik jika dimakan bersama mentimun. Padahal penjual makanan ini biasa menambahkan irisan mentimun di atas nasi. Anda juga terlanjur merasakan kesegaran mentimun yang bisa mengimbangi nasi goreng yang berminyak. Nyatanya minyak yang sudah dimasak berbahaya jika dikonsumsi dengan mentimun yang mengandung getah. Hal ini bisa mengakibatkan radang tenggorokan hingga kanker kelenjar tiroid.

Selain itu, kandungan kalori dalam nasi goreng cukup tinggi. Secara keseluruhan, dari nasi, campuran, dan minyaknya mengandung 740 kalori. Maka, bagi Anda yang sedang menjalani program diet, pikir-pikirlah dulu sebelum mengonsumsi makanan enak ini. Jika artikel Njajan.com ini bermanfaat untuk Anda, klik like dan share sebelum beranjak. Terima kasih. 




Fakta Menarik Nasi Goreng dan Cara Membuatnya Fakta Menarik Nasi Goreng dan Cara Membuatnya Reviewed by Admin on February 15, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.