Rekomendasi Restoran Masakan Jawa di Jakarta


masakan-jawa

Njajan.com- Masakan Jawa mempunyai kekayaan cita rasa dengan bumbu rempah-rempah lengkap dan lezat. Bagi orang Jawa sendiri, menikmati makanan khas daerah mereka di tempat lain memberikan sensasi seperti pulang kampung. Apalagi suasana tempat makan yang didekorasi seperti rumah tradisional Jawa, membuat mereka seakan berada di rumah. Inilah restoran di Jakarta yang menyajikan masakan Jawa dengan cita rasa premium.


1. Selera Meneer

Selera Meneer menawarkan masakan Jawa khas Semarang, makanan Cina, dan menu peranakan. Menu andalan di sini yaitu Bistik Ayam Meneer, yang berupa ayam fillet dengan sayuran, potato chips, potato wedges, dan asinan lalu disiram dengan kuah yang gurih dan manis, mirip seperti hidangan steak ala Barat.

Selain Bistik Ayam Meneer, ada Lontong Cap Go Meh Sam Po Kong, lontong dengan kuah lodeh yang gurih dan kental dinikmati bersama kerupuk udang.
Restoran di Jalan KH Ahmad Dahlan No. 30, Gandaria, Jakarta memiliki ruang makan yang besar dan sepi, cocok untuk menikmati makan malam bersama keluarga.

 2. Gula Merah

masakan-jawa
Gula Merah Resto (qraved.com)
Restoran Gula Merah mengusung konsep makanan tradisional Indonesia, termasuk masakan Jawa. Aneka menu yang ditawarkan semuanya menggunakan gula merah dalam proses pengolahan. Menu spesial di sini adalah Empal daging yang lembut disajikan bersama nasi bakar yang dibungkus daun pisang.

Restoran ini bisa Anda temui di Setiabudi One, Lantai Ground, Jalan HR Rasuna Said, Setiabudi, Bintaro Jaya Xchange Mall CBD, Lantai Upper Ground, Jalan Boulevard Bintaro Jaya,, Tangerang, Pondok Aren, Jakarta, dan Mall Alam Sutera, Lantai Ground, Jalan Jalur Sutera Barat, Pinang, Tangerang.

3. Gudeg Kandjeng


Gudeg Yogyakarta adalah masakan Jawa yang legendaris. Olahan nangka muda yang disajikan bersama opor ayam, krecek, dan telur pindang di Gudeg Kandjeng rasanya juara. Tekstur gudeg agak kering dan tidak terlalu manis. Buat Anda yang suka pedas, sambal ijo sangat direkomendasikan.

Selain Gudeg, Nasi Liwet juga sayang untuk dilewatkan. Nasi dengan aroma yang gurih dengan opor ayam, ati ampela, telur, dan sambal goreng pasti mampu mengobati kedinduan kepada kampung halaman.

Minuman tradisional Jawa juga disediakan di sini, seperti Jamu Beras Kencur dan Es Cincau. Lokasi restoran ini ada di Jalan Hang Tuah 10 No. 10, Blok M, Jakarta.

4. Omah Sendok

masakan-jawa
Omah Sendok (omahsendok.com)
Omah Sendok yang beralamat di Jalan Taman Mpu Sendok No. 45, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan ini mempunyai desain interior dengan tema vintage yang memberi kesan nyaman bagi pengunjung. Furnitur kayu yang ada di dalamnya menambah suasana seperti di rumah ala Jawa tradisional. Ada juga area outdoor dengan taman dan kolam renang untuk Anda yang menyukai nuansa santai.

Restoran ini juga mempunyai ruang privat khusus untuk meeting, serta couple area untuk Anda yang datang berdua dengan pasangan.

Soal menu, tersedia masakan Jawa sederhana yaitu Nasi Urap Sayuran dengan lauk bakwan jagung, rempeyek, dan empal daging, Soto Tangkar, dan Sop Buntut. Disediakan juga makanan penutup Bubur Sumsum dan Wedang Ronde dengan rasa autentik.


Masakan Jawa ternyata tak hanya diminati oleh orang Jawa saja. Rasa gurih manis yang mendominasi masakan mampu memikat lidah penikmat kuliner dari daerah lain. Meski tak jarang mereka menginginkan rasa manis yang lebih ringan dan tambahan sambal untuk pedas yang lebih nendang.

Jika artikel Njajan.com ini bermanfaat, silakan klik like dan share sebelum melanjutkan wisata kuliner Anda.





Rekomendasi Restoran Masakan Jawa di Jakarta Rekomendasi Restoran Masakan Jawa di Jakarta Reviewed by Admin on February 14, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.