Ingin Mengenal Lebih Banyak Makanan Nusantara? Hadiri 5 Festival Kuliner Indonesia Tahunan Ini

festival-kuliner-indonesia-tahunan

Njajan.com - Indonesia sangat kaya dengan ragam budaya dan kuliner khas daerah. Sayangnya saat ini, perkembangan makanan internasional semakin menggerus eksistensi dan popularitas makanan lokal. Melihat kenyataan ini, pemerintah, praktisi kuliner, produsen makanan, dan penggiat pariwisata menggelar serangkaian kegiatan untuk mempopulerkan kembali kuliner Nusantara, di antaranya lewat festival. Inilah 5 festival kuliner Indonesia tahunan yang harus Anda hadiri untuk mengenal makanan Indonesia lebih jauh.

Baca juga: 5 Wadah Makanan Unik Tradisional Khas Indonesia


Festival Keuken 

Festival kuliner Indonesia tahunan di Bandung ini telah memasuki kali kesembilan pada tahun 2018. Festival Keuken menghadirkan kekayaan budaya Indonesia dalam dunia kuliner dengan sederet kolaborator yang bergabung.

Tema yang diusung untuk tahun ini yaitu "Delightful Discoveries". Tak hanya menyajikan aneka makanan khas Nusantara, melainkan juga kuliner berkonsep gastronomi yang dihadirkan di area Gastronomy Pavilion.

Setiap tahun, festival ini digelar di lokasi berbeda di Kota Bandung. Acara Keuken No.9 sendiri digelar di Lapangan Yonkav 4 Turangga. Pengunjung dapat menikmati wahana di dalamnya secara gratis setelah melakukan registrasi awal.


Ubud Food Festival

festival-kuliner-indonesia-tahunan
Ubud Food Festival (phinemo.com)
Ubud Food Festival sudah digelar sejak tahun 2015. Festival kuliner ini berlangsung selama tiga hari dan cukup populer di kawasan Asia Tenggara. Festival ini diadakan sebagai wujud kebanggaan terhadap makanan khas Indonesia dan produk warisan kuliner Nusantara.

Festival yang merupakan proyek tahunan Yayasan Mudra Swari Saraswati Festival ini kerap menghadirkan koki terkenal di Indonesia seperti chef Bara Pattiradjawane dan chef Lino Sauro. Mereka hadir untuk melakukan demo masak dan presentasi. 
Acara ini menggandeng sejumlah restoran, profesional dan tokoh dalam industri kuliner, dan produsen makanan di Indonesia. Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati persembahan live music dari band-band lokal, pameran fotografi makanan, dan pemutaran film.

Baca juga: 10 Makanan Murah Indonesia, Jadi Mahal Saat Dijual ke Luar Negeri

Aceh Culinary Festival 

Aceh Cullinary Festival yang digelar tahun ini membawakan tema "New Traditional: Look Good, Taste Good". Festival ini merupakan acara tahunan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh. Di tahun 2018 ini acara telah digelar di Lapangan Blang Padang, Kota Banda Aceh. Lebih dari 100 pengusaha kuliner, komunitas penikmat dan hobi kuliner, serta pengamat turut berpartisipasi.

Festival Jajanan Bango

festival-kuliner-indonesia-tahunan
Festival Jajanan Bango (makanterusss.com)
Festival kuliner Indonesia tahunan yang cukup lama bertahan yaitu Festival Jajanan Bango. Festival yang diselenggarakan sejak tahun 2005 ini ditujukan untuk memperkenalkan sajian khas daerah di Indonesia. Festival kuliner terbesar di Indonesia ini digagas oleh salah satu produsen kecap yaitu Kecap Bango.

Berbagai makanan khas daerah seperti tongseng, sate, bakso, rujak, nasi goreng, dan berbagai jenis minuman menyemarakkan acara ini. Festival Jajanan Bango digelar di kota-kota berbeda setiap tahunnya, seperti Jakarta, Medan, Surabaya, dan Makassar.


Festival Teluk Jailolo 

Setiap tahun, Festival Teluk Jailolo diadakan di Kabupaten Halmahera Barat, Maluku Utara. Pada penyelenggaraan kesepuluh tahun ini, tema yang diangkat adalah "Pesona Budaya Kepulauan Rempah". Mengangkat tema budaya, festival ini tak ketinggalan menggelar Pasar Jajanan Khas Halmahera Barat yang digelar sepanjang acara. Pasar Jajanan menawarkan kuliner lokal seperti pisang mulu bebe, kasbi santan, batata santan, nasi jaha, dan sagu lempeng. 

Salah satu ritual menarik dalam rangkaian festival yaitu Orom Sasadu, ritual makan bersama dalam satu meja panjang sebagai tanda syukur atas hasil bumi. Setelah makan, tamu akan menari diiringi dengan alat musik tradisional.

Nah, itulah beberapa festival kuliner Indonesia tahunan yang wajib dipantau kapan penyelenggaraan berikutnya supaya Anda tidak ketinggalan. Jika artikel Njajan.com ini bermanfaat bagi Anda, silakan klik like dan share. Terima kasih.



Ingin Mengenal Lebih Banyak Makanan Nusantara? Hadiri 5 Festival Kuliner Indonesia Tahunan Ini Ingin Mengenal Lebih Banyak Makanan Nusantara? Hadiri 5 Festival Kuliner Indonesia Tahunan Ini Reviewed by Admin on August 31, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.