Peluang Bisnis Kuliner Waralaba dengan Modal Kecil

bisnis-kuliner-waralaba

Njajan.com - Bisnis kuliner merupakan jenis usaha yang terus berkembang karena permintaannya yang tinggi. Di samping itu, bisnis kuliner memiliki potensi keuntungan yang menggiurkan. Margin dari usaha ini bahkan dapat mencapai 100%. Meski demikian, bisnis kuliner memiliki tantangan tersendiri bagi pemula, terutama yang belum terlalu akrab dengan dapur. Solusinya Anda dapat menggeluti bisnis kuliner waralaba.

Melalui waralaba Anda tidak perlu membangun sistem dari awal. Anda hanya cukup menyiapkan modal untuk franchise fee, lokasi berjualan, dan karyawan. Sementara sistem dan alur kerjanya tinggal mengikuti yang sudah ada.

Baca juga: Kunci Sukses Inovasi Bisnis Kuliner Pisang Molen yang Hasilkan Omzet Rp 2 Juta Sehari


Tips Memulai Bisnis Kuliner Waralaba 

bisnis-kuliner-waralaba
Jagung Manis (jagungmanisjakarta.com)

Sebelum memutuskan untuk berbisnis, perhatikan beberapa tips usaha kuliner untuk pemula berbentuk waralaba yang dirangkum dari Halo Money berikut.

1. Memilih Merek Bisnis Kuliner Waralaba yang Tepat
Jika tidak terlalu mahir dalam bidang memasak, pilih waralaba yang mudah dijalankan oleh Anda maupun karyawan. Dapatkan waralaba yang memiliki banyak peminat dan banyak outlet dan sudah dikenal, misalnya camilan kekinian yang sedang digemari.

2. Pelajari Syarat dan Ketentuan Usaha
Ketika memilih merek waralaba, perhatikan syarat dan ketentuan dengan teliti. Perhatikan ukuran booth, kisaran harga jual, banner, bahan baku, kemasan, royalti atau komisi, serta SOP yang berlaku. 

3. Lokasi Berjualan yang Strategis
Tentukan lokasi yang cocok, sesuai dengan segmen pasar Anda. Misalnya jika menjual jajanan, pilih lokasi di dekat area sekolah, kampus, atau tempat nongkrong yang ramai. 

4. Lakukan Perhitungan dengan Matang
Bisnis harus dijalankan dengan perhitungan yang matang. Mulai dari biaya yang ditetapkan oleh pemilik/franchiser, sewa tempat, biaya operasional, hingga gaji pegawai bila perlu. Nantinya jika sudah berjalan, Anda tetap harus rutin membuat perhitungan setiap bulan.

5. Menyiapkan Modal
Jika perhitungan sudah dilakukan, Anda tahu berapa modal yang harus dikeluarkan. Umumya modal franchise berkisar dari jutaan hingga ratusan juta. Namun, Anda tidak perlu berkecil hati karena bisnis kuliner waralaba dengan modal kecil masih bisa ditemukan.


Bisnis Kuliner Waralaba Murah di Indonesia

bisnis-kuliner-waralaba
Bisnis Kuliner Franchise Makanan Jepang
Memiliki sedikit dana bukan berarti Anda tidak dapat memulai bisnis kuliner waralaba. Masih ada beberapa daftar usaha waralaba modalnya terhitung rendah, contohnya:


1. Takeshi Bento

Takeshi Bento merupakan usaha masakan cepat saji ala Jepang milik PT Travatindo Pratama yang sudah memiliki 150 gerai di Jakarta, Kalimantan, Kupang, dan Manokwari. Perusahaan ini menawarkan waralaba dengan paket termurah kurang dari Rp 5 juta. 

Paket ini disebut Home Resto yang dikhususkan untuk Anda yang ingin membuka usaha di sekitar rumah. Untuk paket ini, Anda akan mendapatkan booth dan bahan baku. Sementara peralatan memasaknya Anda sediakan sendiri. Jika memilih paket ini, Anda dapat menyediakan 12 menu meliputi udon, ebi furai, chicken katsu, chicken teriyaki, dan beef yakiniku. 


2. Mister Jagung

Jagung pipil yang direbus atau dikukus kemudian disajikan dengan aneka topping seperti susu kental manis, keju, cokelat, dan meises, adalah camilan yang disukai siapa saja. Jika Anda ingin menjual jajanan satu ini, dapat membuka bisnis kuliner waralaba Mister Jagung. 

Dengan modal berkisar Rp3 jutaan, Anda akan dibekali peralatan memasak lengkap, bahan baku topping, kemasan, dan sendok. Jika mampu menjual kira-kira 35 cup per hari, modal Anda sudah dapat kembali. Usaha yang berbasis di Tangerang sejak 2012 ini terus berkembang melakukan inovasi rasa topping yang ada saat ini yaitu keju pedas, stroberi, cokelat, keju manis, blueberry, dan mayones.

Baca juga: Pengusaha Kuliner Sukses di Balik Maicih, Omzetnya Rp 7 Miliar


3. Siomay Youlagi

Siomay Youlagi memberikan tiga pilihan paket dengan paket termurah dalam kisaran Rp 5 juta. Produk yang dijual yaitu siomay bandung yang bercita rasa klasik dan internasional. Usaha yang dirintis sejak 2012 ini menawarkan siomay matang siap saji dan siomay frozen. 

Untuk Anda yang ingin menjual siomay matang, dapat mengambil sendiri ke pusat siomay youlagi atau menunggu kiriman dari kurir. Siomay matang terdiri dari berbagai rasa yaitu siomay ikan tenggiri, ayam wortel, ayam keju, ayam telur, ayam rawit, ayam jamur, ayam smoked beef, dan siomay tahu. Ada juga siomay goreng, siomay bakar, dan crispy burger. Sementara siomay frozen dikemas dalam plastik beserta bumbunya. 

Nah, setelah mengetahui peluang bisnis kuliner waralaba dengan modal kecil, sepertinya Anda perlu mulai mempertimbangkannya. Jika artikel Njajan.com ini bermanfaat, silakan klik like dan share. Terima kasih.



Peluang Bisnis Kuliner Waralaba dengan Modal Kecil Peluang Bisnis Kuliner Waralaba dengan Modal Kecil Reviewed by Admin on September 22, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.