3 Kuliner Thailand dalam Daftar 50 Makanan Terenak Dunia

Kuliner Thailand (realfood.tesco.com)

Njajan.com - Pada bulan Maret 2018 lalu, CNN merilis 50 makanan paling enak di dunia. Deretan hidangan lezat dari seluruh dunia mulai dari Amerika Serikat, Polandia, Inggris, India, Jepang, Malaysia, Indonesia, Afrika Selatan, hingga Kuliner Thailand berhasil dijaring. 

Dari daftar panjang ini, kuliner Thailand bertengger pada 3 posisi, salah satunya berada di nomor 1. Berikut ulasannya, dikutip dari CNN dan berbagai sumber lainnya.

1. Massaman Curry

Makanan Thailand Massaman Curry (seriouseats.com)
Makanan Thailand Massaman Curry (seriouseats.com)


Massaman Curry, kuliner Thailand yang dijuluki sebagai raja dari segala kari menduduki puncak tangga makanan terenak di dunia versi CNN Go. 

Rasanya perpaduan manis, pedas, gurih, dan pekat dari santan membuat hidangan ini digandrungi penggemarnya. Kuah kari yang lezat dengan isi daging ayam, bebek, atau sapi, tahu, dan sayuran begitu nikmat disantap dengan nasi hangat.

Menurut penelusuran sejarah, Massaman Curry berasal dari kaum muslim Thailand yang berada di pusat Ayutthaya, Thailand Tengah sekitar abad ke-16. Ada pula informasi yang mengatakan makanan ini berasal dari Thailand Selatan dan disebarkan oleh pedagang Arab. 

Para pedagang ini yang membawa rempah-rempah seperti kunyit, pekak, jintan, kayu manis, cengkeh, dan pala dari Indonesia ke selatan Thailand.

Untuk menghasilkan Massaman Curry, bumbu yang harus disediakan yaitu bawang putih, bawang Bombay, jahe, kulit jeruk lemon parut, ketumbar, cengkeh, dan jintan. Ditambahkan pula kapulaga hijau, kayu manis, asam jawa, dan santan serta daun salam.

2. Tom Yum Goong

Makanan Thailand Tom Yum Goong (asiaseaplanetours.com)
Makanan Thailand Tom Yum Goong (asiaseaplanetours.com)


Tom Yum Goong, ikon kuliner Thailand yang terkenal di seluruh dunia menduduki peringkat ke-8 makanan paling lezat. Tom Yum Goong memiliki rasa dominan pedas, asam, dan asin. Kuahnya yang bersantan dan berkrim berpadu dengan isi di dalamnya yaitu udang, jamur, tomat, dan serai. 

Tom Yum Goong hanya satu dari berbagai jenis Tom Yum selain Tom Yum Gai (ayam), Tom Yum Pla (ikan), dan Tom Yum Talay (campur). Hidangan Tom Yum Goong yang segar tercipta dari kondisi geografis Thailand yang didominasi kawasan pesisir. 

Tak hanya di negara asalnya, hidangan ini juga mudah didapat di negara tetangganya, Malaysia. Kini, bumbu Tom Yum telah tersedia dalam kemasan botol dan kaleng yang sangat membantu penggemar kuliner ini membuatnya sendiri di rumah.

3. Som Tam

Makanan Thailand Som Tam (asianinspirations.com)
Makanan Thailand Som Tam (asianinspirations.com)


Menduduki peringkat ke-46, ada kuliner khas Thailand yang disebut Som Tam. Dikenal sebagai salad khas Negeri Gajah Putih, Som Tam mempunyai ciri khas pada sausnya yang dibuat dari bawang putih dan cabai giling. 

Ditambahkan air asam, saus ikan, kacang, udang kering, tomat, perasan jeruk lemon, kacang panjang, dan pepaya hijau parut yang keras dan renyah. 

Som Tam bisa disantap bersama nasi dari beras ketan khas Thailand. Selain Som Tam biasa, ada pula variasi yang dibuat dengan kepiting (Som Tam Boo) dan saus ikan yang difermentasi (Som Tam Plah Lah). 

Ada juga varian yang tidak menggunakan pepaya muda, melainkan mangga muda, mentimun, pisang muda, buah kecapi muda, atau kombinasi. Namun, rasa Som Tam orisinal lebih populer dan lebih digemari.

Som Tam bisa dikonsumsi kapan saja, baik pagi, siang, ataupun malam hari. Bisa dinikmati sebagai kudapan, bisa juga sebagai hidangan pencuci mulut setelah menyantap hidangan daging atau ikan. 

Baca juga: 10 Tren Kuliner 2017 di Seluruh Dunia, Suka yang Mana?

Demikian ulasan tentang kuliner Thailand yang didapuk sebagai bagian dari makanan paling lezat di dunia versi CNN. Bila berkunjung ke Thailand, jangan lewatkan sajian ketiganya ya. 

Jika artikel Njajan.com bermanfaat, jangan disimpan sendiri tapi bagikan ke teman-teman yang lain. Terima kasih.


3 Kuliner Thailand dalam Daftar 50 Makanan Terenak Dunia 3 Kuliner Thailand dalam Daftar 50 Makanan Terenak Dunia Reviewed by Njajan on October 22, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.