5 Olahan Jagung dari Nusa Tenggara yang Dijadikan Makanan Pokok Pengganti Nasi

Olahan Jagung Nusa Tenggara (travelingyuk.com)

Njajan.com - Masyarakat Nusa Tenggara Timur dan Barat umumnya mengonsumsi jagung sebagai makanan pokok pengganti nasi. Tidak hanya direbus atau dijadikan nasi jagung, masih ada berbagai olahan jagung dari Nusa Tenggara yang perlu Anda coba jika berkunjung ke Kupang, Manggarai, Sumbawa, dan sekitarnya. 

Dengan begitu, mungkin Anda mungkin jadi tidak ketergantungan dengan nasi dan sesekali bisa mencoba olahan jagung. Namun, kami sarankan jangan langsung berpindah dari nasi ke jagung. 

Sebaiknya, jagung diolah dulu sebagai cemilan atau makanan pendamping seperti bakwan jagung dan lain-lain. Setelah mulai terbiasa mengonsumsi jagung, Anda bisa sedikit-sedikit mengurangi nasi dan membuat variasi olahan jagung dari Nusa Tenggara, seperti ulasan berikut.

1. Catemak

Olahan Jagung Catemak Nusa Tenggara (merahputih.com)
Olahan Jagung Catemak Nusa Tenggara (merahputih.com)


Catemak adalah olahan jagung dari Nusa Tenggara yang biasa dijadikan makanan penutup. Dibuat dari jagung, kacang, tanah, kacang hijau, labu lilin, dan berbagai sayuran lain, hidangan ini terlihat seperti kolak. 

Catemak memiliki rasa asin, cocok disantap ketika pagi atau siang hari. Menu ini menyehatkan karena berisi aneka sayuran, sehingga sesuai untuk seluruh keluarga.

Cara membuat catemak sangat mudah, jagung dan kacang direbus dengan garam dan penyedap rasa. Kemudian dimasak lagi bersama pucuk labu dan sayuran seperti bunga pepaya, jantung pisang, dan daun ubi. 

Jika bahan-bahan sudah matang atau empuk dan kuah mengental, angkat dan sajikan. Kurang dari satu jam, Anda sudah dapat menikmati hidangan tersebut.

2. Jagung Bose

Jagung Bose Nusa Tenggara (travetodayindonesia.com)
Jagung Bose Nusa Tenggara (travetodayindonesia.com)


Bubur jagung khas NTT dari campuran jagung pipil dan kacang merah nikmat disantap sebagai menu sarapan Anda di akhir pekan. Bubur bernama jagung bose ini disajikan dengan kuah santan, sehingga rasanya gurih dan mengenyangkan. 

Di daerah asalnya, Kupang, jagung bose biasa disantap bersama daging asap atau se'I dan sambal lu'at. Karena kandungan gula dalam jagung terbilang rendah, sajian ini aman bagi penderita diabetes. 

Cara mengolahnya pun tidak sulit, siapkan bahan-bahan yaitu jagung rebus pipil, kacang merah rebus, air, garam, dan santan. Semua bahan kecuali santan dimasak hingga lunak. Setelah itu masukkan santan dan masak hingga teksturnya lembut. Jagung bose pun siap dinikmati.

3. Jagung Titi

Jagung Titi Nusa Tenggara (twitter.com)
Jagung Titi Nusa Tenggara (twitter.com)


Jagung titie mudah didapatkan di daerah Flores Timur, NTT terutama Larantuka. Jagung titi merupakan camilan keripik khas daerah tersebut. Bahan bakunya yaitu jagung pulut dari Pulau Solor yang kemudian diolah di Larantuka.

Ada dua macam jagung yang dapat diproses menjadi keripik yaitu jagung putih dan kuning. Rasa keduanya berbeda, jagung kuning sedikit lebih manis, sedangkan yang putih 

agak tawar dan terasa tepungnya. Untuk membuat jagung titi, jagung pipil dicuci bersih, kemudian disangrai dengan kuali tanah liat hingga kadar airnya menyusut. Sesudah itu dipipihkan dengan batu atau dititie dalam bahasa lokal.

Jagung titi dapat disantap mentah ataupun digoreng terlebih dahulu. Tak perlu ditambah bumbu karena rasanya sudah asin. Jagung titie dapat dibawa pulang sebagai oleh-oleh jika Anda berkunjung ke Flores Timur. Harganya cukup murah, hanya Rp19.000 untuk satu gelas takar penuh.

4. Canjica

Canjica Nusa Tenggara (foragecereal.com)
Canjica Nusa Tenggara (foragecereal.com)


Jika menginginkan kudapan manis, Anda dapat membuat canjica, camilan khas Nusa Tenggara Timur, di rumah. Bahan utamanya yaitu jagung yang diparut. Ditambahkan dengan gula pasir, susu kental manis, garam, air, dan vanili. 

Bahan yang disiapkan dicampur jadi satu kemudian aduk sampai gula larut. Setelah itu saring dan tambahkan vanili. Canjica siap disantap.

5. Jagung Ketan Rebus


Beralih ke Nusa Tenggara Barat, tepatnya di Pulau Sumbawa, Anda dapat menikmati jagung dari ladang masyarakat setempat. Di Rhee, Kabupaten Sumbawa, dengan mudah Anda akan mendapati jejeran kios yang menjual jagung ketan rebus yang masih panas.

Jagung ketan adalah komoditas unggulan dari Kecamatan Rhee. Sambil beristirahat dalam perjalanan darat dari Lombok ke Sumbawa atau sebaliknya, Anda dapat menikmati jagung rebus hangat di Simpangan Rhee. 

Jagung dari varietas Kumala F1 ini rasanya manis tanpa tambahan gula. Bentuk butirannya juga lebih besar dibandingkan jenis jagung yang lain. Boleh juga Anda membeli jagung ketan yang masih mentah sebagai buah tangan.

Baca juga: Fakta Menarik Nasi Goreng dan Cara Membuatnya

Nah, itulah olahan jagung dari Nusa Tenggara yang harus Anda cicipi bila berkunjung ke wilayah timur Indonesia ini. Jika artikel Njajan.com bermanfaat bagi Anda, jangan lupa klik like dan share. Terima kasih.


5 Olahan Jagung dari Nusa Tenggara yang Dijadikan Makanan Pokok Pengganti Nasi 5 Olahan Jagung dari Nusa Tenggara yang Dijadikan Makanan Pokok Pengganti Nasi Reviewed by Njajan on October 24, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.