Etika Makan di Hotel dalam Jamuan Makan Formal yang Wajib Diketahui

Etika Makan di Hotel (makantravel.com)

Njajan.com - Undangan makan formal mungkin akan kerap Anda dapatkan bila bekerja di perusahaan ternama, menjadi pengusaha, atau tokoh masyarakat. Bahkan undangan makan di hotel atau restoran mewah tak jarang juga menyasar para narablog, influencer, dan pekerja di bidang industri kreatif. Agar tak kikuk ketika menghadiri jamuan makan resmi, pelajari etika makan di hotel dalam prinsip table manner berikut. 

Baca juga: 16 Cara Makan Nabi Muhammad SAW yang Harus Dicontoh

1. Pembukaan

Ketika tiba di depan meja, masuklah dari sebelah kanan kursi dan bergerak ke kiri hingga duduk di kursi yang disediakan untuk Anda. Umumnya sudah ada pelayan yang membantu Anda hingga duduk sempurna. Duduk dalam posisi tegak, hindari bersandar atau melorot pada kursi. Buatlah kira-kira jarak badan Anda dengan tepi meja sekitar 5 jari.

Bila membawa tas atau dompet, simpan di bagian belakang kursi. Tempatkan serbet yang sudah disediakan pada pangkuan. Bila serbet berukuran besar, lipat menjadi segitiga sebelum meletakkan di pangkuan. 

Biasanya di meja telah disediakan peralatan makan lengkap yang berderet dan daftar menu. Ambil peralatan makan berdasarkan urutan menu atau dari sebelah luar hingga ke dalam. Apabila berada di restoran atau hotel untuk makan malam privat, Anda boleh langsung menyantap makanan. Namun, jika berada dalam sebuah jamuan, tunggu hingga dipersilakan.

2. Appetizer

Urutan makan table manner dimulai dari appetizer. Menyantap hidangan pembuka, gunakan peralatan sesuai makanan yang dihidangkan. Untuk salad, gunakan garpu dan pisau, sementara untuk sup gunakan sendok dengan ujung bundar. 

Cara menyendok sup yang benar yaitu dengan menciduk dari sisi tubuh menuju ke arah luar. Tujuannya agar tidak terkena tumpahan atau terpercik kuah sup.

Untuk sup berupa krim atau cairan, seruput dari sisi samping sendok. Tetapi jika sup berisi sayuran atau daging, suapkan dari ujung depan sendok. Perhatikan cangkir sup yang disediakan. Untuk cangkir bertelinga satu, Anda dapat menyeruput sisa sup sambil memegang cangkir dengan satu tangan. Namun, jika cangkir bertelinga dua, pegang dengan dua tangan.

Selesai makan, letakkan sendok dalam posisi telentang dengan arah serong dari kanan bawah ke tengah piring. Untuk cangkir sup, sendok diletakkan di atas tatakan sebelah kanan.

3. Main Course

Menyantap main course atau hidangan utama, biasanya menggunakan garpu dan pisau. Jepit garpu dengan ibu jari dan telunjuk tangan kiri, tiga jari lainnya gunakan untuk menahan tangkai bagian bawah. Cara ini juga berlaku untuk memegang pisau di tangan kanan.

Menu utama biasanya berupa daging atau ikan. Bila menggunakan gaya Amerika, makanan dipotong-potong dalam ukuran kecil terlebih dulu dengan pisau dan garpu. Potong bagian paling dekat dengan Anda, baru kemudian bagian yang jauh. Selesai memotong, letakkan pisau di tepi piring dan pindahkan garpu pada tangan kanan, lalu suapkan makanan. 

Sementara dengan gaya Eropa, sekali potong langsung santap. Untuk makanan berupa ikan atau daging, hadapkan garpu ke bawah. Jika menyuapkan makanan yang kecil dapat menyuap dengan garpu menghadap ke atas. 

Seringkali makan malam diselingi mengobrol, jika obrolan cukup panjang garpu diletakkan di atas pisau dalam posisi istirahat. Selesai makan, letakkan garpu di sebelah kiri pisau dengan posisi telentang dan bagian tajam pisau menghadap ke dalam. Sebelum minum, seka bibir dengan napkin agar tidak ada bekas minyak pada bibir gelas. 

4. Dessert

Untuk menyantap makanan penutup, gunakan sendok dan garpu kecil yang diletakkan sejajar dengan ujung berlawanan. Dessert biasanya berbentuk pudding vla, cara menyendoknya dari arah badan ke depan. Jika dessert berbentuk buah-buahan potong, santap dengan menggunakan garpu kecil. 

Setelah dessert, umumnya akan dihidangkan kopi atau teh. Gunakan sendok untuk mengaduk bukan minum. Letakkan sendok pada tatakan dan angkat cangkir mendekati mulut untuk menyeruput minuman.

Baca juga: 8 Cara Makan Sushi yang Benar Sesuai Tradisi Jepang

Itulah beberapa etika makan di hotel ketika jamuan makan malam formal. Tata cara table manner di atas juga dapat dipakai dalam acara makan lainnya yang bersifat resmi. Jika artikel Njajan.com bermanfaat untuk Anda, silakan klik like dan share. Terima kasih.


Etika Makan di Hotel dalam Jamuan Makan Formal yang Wajib Diketahui Etika Makan di Hotel dalam Jamuan Makan Formal yang Wajib Diketahui Reviewed by Njajan on November 03, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.