Hidup Hemat, Pria Ini Habiskan Rp 100 Ribu untuk Makan 1 Tahun

Daniel Tay Seorang Freegan (asiaone.com)

Njajan.com - Tak ada yang tidak mungkin, jika seseorang ingin hidup hemat, uang Rp 100 ribu sebenarnya sudah cukup untuk bertahan hidup selama 1 tahun. 

Ya, walau sekarang uang Rp 100 ribu di kota besar hanya dapat untuk membeli satu kali makan. Namun, terbukti seorang pria asal Singapura ini dapat makan dan bertahan hidup selama setahun dengan uang sekitar Rp 100 ribu.

Seorang pria asal Singapura, Daniel Tay berhasil menghabiskan uang $ 8 atau sekitar Rp 113 ribu untuk biaya makan selama 1 tahun. Ini bukan isapan jempol belaka karena dia sudah membuktikannya sepanjang tahun 2017 lalu. 

Baca juga: Cuma Belajar Potong Pisang, Setiap Siswa Harus Bayar Rp 200 Juta

Menjadi Freegan Untuk Hidup Super Hemat


Bagaimana Daniel dapat makan selama 1 tahun dengan uang Rp 100 ribu? Ternyata dia menganut gaya hidup hemat yang disebut sebagai freegan. Bagi yang belum tahu, freegan merupakan sebutan untuk orang yang mencoba menghabiskan uang seminimal mungkin untuk bertahan hidup.

Pria usia 38 tahun ini mengatakan, "Freegan merupakan orang yang menghabiskan uang sangat sedikit bahkan gratis untuk memperoleh barang kebutuhan," kata Daniel. 

Awal Mula Daniel Menjadi Seorang Freegan


Daniel bisa menjalani gaya hidup super hemat seperti ini setelah bertemu dengan Colin, pria yang kemudian mengubah hidupnya. 
Berburu Makanan Sisa yang Masih Layak Dikonsumsi (yahoo.com)
Berburu Makanan Sisa yang Masih Layak Dikonsumsi (yahoo.com)


Pertemuan Daniel dan Colin terjadi pada bulan November 2016 silam. Hal ini kemudian mengubah sudut pandang Daniel tentang cara menghabiskan uang demi kebutuhan hidup harian. 

"Waktu itu Colin mengatakan, di usia hampir 50 tahun, ia hanya menghabiskan uang pensiunnya $100 atau sekitar Rp 1,4 juta dalam sebulan," kata Daniel.

Hebatnya, Colin menghabiskan uang tersebut hanya untuk membayar tagihan. Jadi, sebenarnya kalau untuk makan, uang yang dihabiskan tidak sampai jutaan. Dari sinilah Daniel bertekad untuk menjadi freegan mengikuti Colin. 

Daniel mulai mencari berbagai barang kebutuhan dari tempat sampah. Di sini, Daniel bukan menjadi pemulung, tapi mencari makanan gratis yang masih layak dikonsumsi dari restoran atau rumah tetangga.

Daniel Diberi Buah dan Sayur


Untungnya, tetangga Daniel justru sering memberikan makanan. Jadi, setiap hari ada saja tetangga yang menaruh makanan di depan rumah Daniel. 

Saking banyaknya makanan yang dikumpulkan, Daniel mengaku kulkasnya sampai penuh dengan buah dan sayuran. Dari buah dan sayuran tersebut, Daniel tidak perlu membeli makanan lagi untuk makan sehari-hari.
Daniel Tay mempunyai Kulkas Penuh Buah dan Sayur (asianmoneyguide.com)
Daniel Tay mempunyai Kulkas Penuh Buah dan Sayur (asianmoneyguide.com)


Sampai sekarang, Daniel tetap menjalani pola hidup super hemat. Ia mengaku menjadi freegan dapat lebih menghargai hidup dan menghindari pemborosan.

Baca juga: Snack Makaroni Berhadiah Uang Rp 50 Ribu - Rp 100 Ribu Viral

Apakah Anda tertarik untuk hidup super hemat seperti Daniel? Bayangkan dalam setahun, pria tadi cuma menghabiskan uang Rp 100 ribu untuk makanan sehari-hari. Kalau sekarang, uang Rp 100 ribu kemungkinan sudah habis dalam waktu kurang dari 3 hari.

Jika artikel Njajan.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain. Terima kasih.


Hidup Hemat, Pria Ini Habiskan Rp 100 Ribu untuk Makan 1 Tahun Hidup Hemat, Pria Ini Habiskan Rp 100 Ribu untuk Makan 1 Tahun Reviewed by Njajan on April 28, 2019 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.