Pembeli Kaget Makan Nasi Liwet Solo Suruh Bayar Rp 365 Ribu

Nasi Liwet Solo (yopiefranz.com)

Njajan.com - Kejadian makan di warung dengan harga mengejutkan sepertinya sering terjadi. Hal ini juga menimpa salah seorang warga yang sedang pulang kampung untuk libur Lebaran di Solo. Ceritanya, orang ini ingin mencicipi makanan khas Solo yaitu nasi liwet. Namun, apa yang didapat sungguh di luar dugaan.

Awalnya, nasi liwet disajikan dengan wajar lengkap dengan lauk pauknya. Lokasi penjual nasi liwet ini berada di kawasan Keprabon, Banjarsari, Solo. Setelah habis memakan nasi liwet, tak disangka orang tersebut harus membayar tagihan sebesar Rp 365.000.

Pembeli nasi liwet yang diketahui dengan nama akun @saptoharjono mengunggah kisah pilunya di grup Facebook Info Cegatan Solo. Postingan yang tertulis pada tanggal 27 Juni 2017 ini menceritakan bagaimana orang tadi sampai membayar menu nasi liwet di Solo dengan harga mengejutkan.

Baca juga: 10 Makanan Murah Indonesia, Jadi Mahal Saat Dijual ke Luar Negeri

"Lur piye pendapatmu muk madang sego liwet nang bu wongso lemu keprabon iso entek Rp 365 ribu. (Bagaimana menurut Anda cuma makan nasi liwet di bu Wongso gendut Keprabon bisa habis uang Rp 365 ribu). 3 nasi liwet Rp 70 ribu, 1 nasi liwet komplit dada Rp 30 ribu, 1 nasi liwet suwiran ayam Rp 15 ribu, 4 teh kampul panas Rp 60 ribu, 1 teh kampul tawar Rp 15 ribu, 1 sekoteng dingin Rp 15 ribu, 1 es kelengkeng Rp 20 ribu, tambah nasi liwet komplit paha Rp 35 ribu, tambah 2 uritan Rp 30 ribu," tulisnya di Facebook.


Nota Makanan Nasi Liwet Solo Harga Tak Wajar (facebook.com)
Nota Makanan Nasi Liwet Solo Harga Tak Wajar (facebook.com)



Daftar Menu Nasi Liwet Solo



  • 3 nasi liwet Rp 70 ribu
  • 1 nasi liwet komplit dada Rp 30 ribu
  • 1 nasi liwet suwiran ayam Rp 15 ribu
  • 1 nasi liwet komplit paha Rp 35 ribu
  • 2 uritan Rp 30 ribu
  • 4 teh kampul panas Rp 60 ribu
  • 1 teh kampul tawar Rp 15 ribu
  • 1 sekoteng dingin Rp 15 ribu
  • 1 es kelengkeng Rp 20 ribu
  • lain-lain


Tak disangka, postingan Sapto di tahun 2017 tersebut langsung viral dan mendapatkan berbagai tanggapan dari netizen. Ada yang memaklumi karena semua harga naik di Hari Raya Idul Fitri, tapi ada juga yang menyayangkan tindakan pemilik rumah makan yang menaikkan harga nasi liwet Solo.

Saat ini harga makanan yang tak wajar kadang dijumpai, apalagi di tempat-tempat pariwisata. Para oknum mengandalkan situasi dan kondisi yang ramai di kunjungi wisatawan dari berbagai penjuru daerah, sehingga mereka bebas menentukan harga makanan yang terkadang dirasa tidak normal.

Kelanjutan dari kejadian tersebut, Sapto konon katanya ingin melaporkan rumah makan nasi liwet solo kepada dinas pariwisata agar mendapat tindakan dan teguran. Sehingga tidak ada lagi pembeli lain yang merasa dirugikan.

Baca juga: 30 Menu Sarapan Pagi Favorit Orang Indonesia

Semoga kejadian ini bisa menjadi pelajaran bagi Anda yang gemar traveling atau jalan-jalan ke tempat-tempat pariwisata. Lihat dulu harganya atau tanya dulu harga makanan sebelum Anda memakannya. Sebab, kalau sudah terlanjur dimakan, mau tidak mau Anda harus tetap membayar makanan tersebut.

Fakta Harga Nasi Liwet Solo


Jika dilihat di situs Qraved.com di tahun 2019, harga nasi liwet solo rata-rata memang di atas Rp 20.000 sampai Rp 30.000. Jadi kemungkinan masih wajar kalau Sapto harus membayar sebesar Rp 365.000 karena menu yang dibeli cukup banyak. Sebagai pendatang di Kota Solo, dia mungkin kaget karena harga nasi liwet semahal itu. 

Namun, jika dibandingkan antara harga nasi liwet di tahun 2017 dan 2019, tentu semua menu makanan tadi dirasa mahal. Ada kemungkinan pihak rumah makan menaikkan harga karena momen Lebaran. Sehingga pembeli yang biasa menyantap nasi liwet dengan harga normal terkejut.

Jika artikel Njajan.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain. Terima kasih.


Pembeli Kaget Makan Nasi Liwet Solo Suruh Bayar Rp 365 Ribu Pembeli Kaget Makan Nasi Liwet Solo Suruh Bayar Rp 365 Ribu Reviewed by Njajan on June 26, 2019 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.