13 Cara Memilih Nama Toko yang Bagus untuk Bisnis

Cara Memilih Nama Toko yang Bagus dan Unik untuk Bisnis (literasidigital.com)

Njajan.com - Nama adalah doa yang diberikan kepada seseorang sekaligus identitas untuk pembeda. Nah, di dunia bisnis kuliner, pemilihan nama toko makanan atau minuman juga tidak kalah penting. Sebab, dari nama tersebut, pengunjung akan memutuskan untuk datang atau tidak. Jadi, pilih nama toko yang bagus sesuai dengan produk yang dijual.

Jangan asal memilih nama restoran atau cafe karena dampaknya jangka panjang. Sekali menggunakan nama tersebut, masyarakat akan mengingatnya. Apabila Anda sering gonta-ganti nama suatu usaha atau bisnis, maka pengunjung akan bingung dan kemungkinan juga bertanya-tanya, ada apa dengan usaha Anda, mengapa sering ganti nama.

Baca juga: 8 Cara Memilih Lokasi Bisnis Cafe yang Strategis

Kalau sudah begini, bisa muncul pikiran negatif terhadap bisnis toko Anda. Selagi masih awal dan Anda belum membuka toko, maka pilih nama toko yang bagus, unik, kreatif, dan mudah diingat. Jadi, begitu melihat ada tulisan toko Anda, maka pikiran si pembaca akan langsung terkoneksi dengan toko.

1. Pilih Nama Toko yang Mudah Diingat


Konsumen harus mudah mengingat nama toko. Ya, toko dengan nama yang mudah diingat pasti akan lebih cepat dikenal oleh konsumen. Sehingga, buat sebuah nama yang menjadikan banyak orang terngiang-ngiang dengan nama toko tersebut, bahkan meskipun mereka baru sekali berkunjung tetap dapat mengingatnya dengan mudah.

Selain itu, saat nama toko disebut dengan lantang, maka nama tersebut harus enak didengar di telinga konsumen. Maksudnya, nama tidak mengandung arti ganda atau persepsi ke nama lain yang mungkin sensitif dan jorok.

2. Nama Toko Singkat Padat Jelas


Kalau bisa pilih nama toko yang singkat, padat, jelas, tidak membuat orang berpikir terlalu lama untuk mencerna nama toko, dan tidak berbelit-belit ketika diucapkan. Jika namanya terlalu panjang atau sulit dilafalkan, tentu orang akan malas mengingatnya, bahkan bisa melupakannya dengan cepat.

3. Cari Nama Toko yang Unik

Kedai Buka Baju Bakso Keju (malangculinary.com)
Kedai Buka Baju Bakso Keju (malangculinary.com)


Oh iya, nama toko juga harus unik agar tidak terlalu mainstream. Maksud dari nama yang unik adalah tidak membuat nama toko dengan cara meniru nama toko lainnya.

Apabila Anda hanya meniru nama toko lain yang sudah sukses, atau hanya mengganti beberapa kata, maka Anda akan dicap sebagai plagiat. Sehingga konsumen akan malas berkunjung. Sebagai contoh, nama kedai Ayam Geprek Bensu dan I am Geprek Bensu.

Jadi, nama toko bisnis harus berbeda dengan yang lainnya. Lebih bagus apabila Anda membuat nama toko yang bisa menjadikan banyak orang tertarik dan penasaran ketika mendengar nama toko tersebut.

4. Nama yang Positif


Tips lainnya, nama toko harus mempunyai kandungan elemen positif di dalamnya. Pemilihan unsur-unsur kata yang positif akan membuka peluang positif ke toko.

Contohnya, pilih nama-nama toko yang membawa ke arah kesuksesan seperti Pasti Jaya, Abadi, Makmur Jaya, Anugerah, Karya Agung, Surya Abadi, Rizki Jaya, Mahkota, Raja Makmur, dan lain-lain.

Di samping itu, nama toko yang bagus selalu mengandung kata-kata seperti megah, cerah, terang karena akan membuat pelanggan percaya. Nama toko yang positif tentunya juga akan memberikan efek berbeda kepada psikologi para konsumen.

5. Tambahkan Angka pada Nama

Es Teler 77 (asiknyaberbagipku.blogspot.com)
Es Teler 77 (asiknyaberbagipku.blogspot.com)


Coba tambahkan angka yang menurut Anda bagus pada nama toko. Pilih angka keberuntungan Anda, dengan harapan bahwa angka tersebut akan memberikan keberuntungan bagi usaha Anda.

Sebagai contoh angka keberuntungan yang dapat dipakai seperti 88, 99, atau 77. Tak heran, cukup banyak pebisnis yang menggunakan nama toko seperti Seafood 99, Martabak 88, dan Es Teler 77.

6. Nama Toko yang Mengandung Doa Baik


Dalam memberikan nama toko sama dengan memberikan nama kepada anak. Anda harus memiliki harapan yang besar terhadap nama toko tersebut.

Jadi, carikan nama toko yang mengandung doa baik. Hal ini sama seperti Anda sedang memasrahkan usaha Anda kepada Tuhan agar Tuhan membuka peluang dan rezeki untuk jalan Anda.

7. Nama Sesuai Jenis Kuliner


Pemilihan nama toko sesuai dengan jenis kuliner. Tujuannya agar konsumen tahu secara langsung mengenai makanan atau minuman yang Anda jual. Konsumen tidak harus bertanya-tanya terlebih dahulu tentang menu kuliner yang disajikan.

Saat ada calon konsumen yang kebetulan mencari produk tersebut, mereka dapat langsung mencarinya di toko Anda karena mereka tahu bahwa Anda menjual produk tersebut. Selain itu, nama toko seperti ini mudah muncul di pencarian internet. Misalnya, Anda menjual Pecel Lele, maka beri saja nama Pecel Lele Merdeka atau Pecel Lele Juara.

8. Nama Pemilik Toko


Saat ini banyak yang menggunakan nama diri sendiri sebagai nama toko. Terlebih jika Anda sudah dikenal banyak orang atau terkenal seperti selebritis. Ketika Anda memakai nama diri sendiri atau nama pemilik toko, pasti konsumen akan mengenal bahwa kuliner Anda khas buatan tangan sendiri atau resep turun temurun.

Manfaatnya, kepercayaan konsumen terhadap Anda dapat meningkat dengan lebih cepat. Selain itu, antara Anda dan konsumen juga akan tercipta keakraban serta suasana yang tidak kaku. Kemudian loyalitas konsumen akan tumbuh secara bertahap.

9. Nama Orang Tersayang


Selain nama diri sendiri, Anda juga dapat memakai nama orang tersayang, seperti suami, istri, anak, orangtua, sahabat sejati, pacar, dan lain-lain. Hal ini karena dalam membuat usaha, peran orang-orang di sekeliling Anda sangatlah besar. 

Jadi, Anda mendapatkan begitu banyak dukungan dari orang-orang tersayang. Sebagai tanda terima kasih, tak ada salahnya menyematkan nama mereka pada nama toko.

10. Nama Bahasa Asing dengan Arti Positif


Agar nama toko berbeda dari yang lain, Anda juga dapat menggunakan istilah atau nama bahasa asing yang jika diterjemahkan memiliki arti positif.

Kalau bisa kata-kata dalam bahasa asing tersebut mudah dilafalkan, mudah diingat, dan tidak membuat orang kesulitan dalam mengejanya. Misalnya, bahasa asing yang dapat digunakan adalah Victory, Yummy, Delicious, Lucky, Blessing, Crown, dan lain-lain.

11. Nama Sesuai Logo Toko


Ada lagi tips lain, seperti nama toko yang berkaitan dengan logo. Ini juga dianggap membawa keberuntungan dan mendatangkan banyak konsumen. Misalnya, nama yang berkaitan dengan logo adalah secangkir kopi dengan asap mengepul, nama tokonya Coffee Time.

12. Nama Toko Mirip Tokoh Terkenal


Sekarang pemilihan nama toko mirip dengan nama artis mulai sering digunakan. Selain mudah diingat, nama artis membawa pesan bahwa kuliner Anda terkenal seperti artis tersebut. Contoh, Kue Lapis Syahrini yang cetar membahana. 

Konsumen bakal penasaran dengan kue tersebut. Ditambah lagi, desain kuenya dibuat unik seperti gaya fashion Syahrini, orang-orang akan semakin terpikat.

13. Nama Tempat Makan Sesuai Daerah


Sudah banyak yang menggunakan nama-nama tempat makan sesuai daerahnya. Misalnya, Soto Lamongan, Sate Ayam Ponorogo, Empek-empek Palembang, Nasi Pecel Madiun, dan lain-lain. Anda juga bisa menyertakan daerah Anda berjualan, apabila daerah Anda terkenal akan kulinernya.

Demikian beberapa cara memilih nama toko yang bagus dan ide nama toko untuk bisnis. Setelah membacanya, semoga Anda memiliki gambaran akan memberi nama toko apa Anda kelak. Pemilihan nama-nama toko tadi dibuat agar Anda terinspirasi.

Baca juga: 10 Desain Cafe Minimalis untuk Memikat Pelanggan

Butuh proses panjang agar muncul ide untuk memberikan nama toko kedai atau restoran tertentu. Anda tak perlu terburu-buru dalam memilih nama. Kalau perlu observasi dulu dan bandingkan dengan nama pesaing Anda.

Jika artikel Njajan.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain. Terima kasih.


13 Cara Memilih Nama Toko yang Bagus untuk Bisnis 13 Cara Memilih Nama Toko yang Bagus untuk Bisnis Reviewed by Njajan on September 18, 2019 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.