8 Cara Memilih Lokasi Bisnis Cafe yang Strategis

Lokasi Bisnis Cafe yang Strategis (tempatwisataunik.com)

Njajan.com - Setiap hari kalau belum minum kopi rasanya seperti ada yang kurang. Kopi seperti candu yang harus dikonsumsi sebagai penyamangat dalam kerja atau hanya untuk pemuas galeri di media sosial. Dari situ banyak kalangan yang ingin memulai bisnis cafe, tetapi sebagian dari mereka masih bingung memilih lokasi bisnis cafe yang strategis.

Ya, pemilihan tempat bisnis kopi harus tepat sasaran agar pengunjung banyak yang berdatangan. Percuma kalau asal membuat coffee shop tetapi tidak berada di lokasi yang strategis, maka kopi tersebut akan sulit mendapat pelanggan dan sulit bersaing dengan coffee shop lainnya.

Baca juga: 10 Desain Cafe Minimalis untuk Memikat Pelanggan

Kami akan sedikit membagikan tips menentukan lokasi bisnis cafe yang strategis agar pengunjungnya ramai. Bisnis seperti ini harus direncanakan dengan matang karena sangat banyak pesaingnya. Salah sedikit dalam penentuan, maka bisnis tersebut bisa jadi akan berhenti di tengah jalan.

1. Lokasi Cafe Mudah Dilihat dari Segala Sisi


Untuk memperoleh lokasi usaha cafe yang strategis, setidaknya pastikan lokasi tersebut mudah dilihat dari segala sisi. Maksudnya bukan mudah dilihat karena berkaca tranparan, tetapi mudah dilihat dalam artian orang-orang yang datang dari segala penjuru dapat melihatnya dan dapat mengaksesnya.

Salah satu lokasi strategis seperti ini biasanya berada di pojok sudut perempatan dan lokasinya terbuka. Ada beberapa coffee shop yang sudah menerapkan teknik tersebut dan terbukti ramai dikunjungi pelanggan. 

Jangan lupa, berikan nama tempat ngopi yang cukup besar sehingga gampang terlihat dari segala penjuru. Penggunaan jenis huruf kalau bisa yang sederhana saja. Jika Anda membuat nama tempat cafe dengan huruf aksara Jawa atau huruf Arab, tentunya akan menyulit pengunjung dalam membacanya.

2. Tempat Cafe Dekat Target Pasar


Selain strategis, Anda juga harus menentukan lokasi cafe berdasarkan target pasar. Apabila Anda memiliki target pasar anak-anak muda yang suka foto-foto untuk diunggah di Instagram dan media sosial lainnya, maka lokasi bisnis cafe yang paling tepat berada di dekat sekolah SMP, SMA, SMK, tempat les, bimbingan belajar, kampus, hingga mall.

Berbeda bila target pasar Anda berupa orang dewasa yang benar-benar pecinta kopi, maka lokasi yang bagus berada di sekitar perkantoran, tempat meeting, hotel, tempat perbelanjaan tempat wisata, tempat olahraga atau gym, dan lain-lain.

3. Lokasi Coffe Shop Dekat Jalan Raya


Akses menuju lokasi coffee shop harus mudah dan dapat dilalui semua kendaraan, baik roda empat maupun roda dua. Oleh karena itu, lokasi bisnis cafe harus dekat dengan jalan raya.

Pastikan pula, tempat tersebut memiliki area parkir. Sebab, parkir kendaraan di badan jalan membuat sebagian orang berpikir dua kali. Mereka terkadang takut kendaraannya tergores kendaraan lain atau memang dilarang oleh polisi.

Jadi, Anda harus menyiapkan tempat parkir sendiri yang memadai. Sehingga, walau Anda memutuskan untuk membuat tempat ngopi di pinggir jalan raya yang ramai, tapi tempat tersebut tetap ramai dikunjungi.

4. Persaingan dengan Bisnis Cafe yang Sama


Dalam dunia bisnis kuliner, pastinya persaingan selalu ada. Walau begitu, Anda harus fair dan tidak berbuat curang dalam memenangkan suatu persaingan. Untuk pemilihan lokasi cafe, Anda sebaiknya melakukan survei beberapa bulan sebelum pembangunan.

Apakah lokasi tersebut mempunyai pesaing dengan bisnis yang sama? Apabila ada saingannya, Anda harus menimbang, kira-kira bisnis Anda bisa menyainginya atau tidak? Jika Anda berasa pesaingnya berat dan Anda tidak mampu, sebaiknya cari lokasi lain yang minim persaingan.

5. Kondisi Jalan yang Bagus


Untuk menuju ke lokasi cafe Anda, kalau bisa jalannya harus bagus, rata, dan tidak berlubang-lubang. Sebab, tingkat kerusakan jalan dapat berpengaruh pada pelanggan yang hendak berkunjung. Misalnya, tempat cafe terletak di jalan tanjakan dan tepat di samping tikungan tajam. 

Orang akan berpikir berkali-kali untuk sekadar mampir ke sana. Pasalnya, jalan cukup sulit dilalui, dan sulit untuk berhenti atau mencari parkiran. Kebanyakan orang pasti lebih memilih lokasi tempat ngopi yang jalannya mudah diakses menggunakan mobil atau motor.

6. Lokasi Cafe dengan Bisnis Kuliner Seragam


Kalau ingin mencari tempat bisnis kopi, sebisa mungkin samping kanan kiri dan di sepanjang jalanan tersebut mempunyai jenis bisnis kuliner yang seragam. Misal, samping kanan, jual Cui Mie dan Mie Ayam, lalu samping kiri orang jualan snack atau makanan ringan lainnya.

Apabila lokasi cafe Anda terletak di tempat jenis bisnisnya berbeda, tentu cafe Anda tidak akan terlihat. Semisal, Anda membuat cafe dekat dengan toko bangunan, tempat pemotongan hewan, atau di dekat pasar tradisional, maka cafe Anda kemungkinan besar justru jarang dilirik.

Sebab, sebagian besar orang yang lewat jalan tersebut tidak ingin duduk santai menikmati kopi, tapi ingin membeli sesuatu untuk bahan bangunan dan bahan masakan.

7. Tempat Kafe di Area Jalan dengan Kendaraan Pelan


Ingin cafe yang ramai, pastikan jalan raya depan tempat bisnis Anda dilalui kendaraan yang melaju pelan. Sebelum melewati lokasi cafe terdapat polisi tidur atau memang jalanan ramai, sehingga kendaraan harus pelan-pelan.

Di sini pemilik cafe diuntungkan karena pengguna jalan yang melaju pelan dapat menengok ke kanan dan ke kiri untuk melihat ada apa saja di lokasi tersebut. Kebetulan desain cafe Anda anti mainstream dan Instagramable, orang-orang yang melaju pelan kemungkinan besar akan berbelok dan membeli kopi.

Beda dengan cafe yang dibangun di pinggir jalan bebas hambatan atau jalan tol pasti tidak akan ada yang belok karena kendaraan harus melaju cepat dan tidak sempat melihat area sekitar. Jalanan yang lebar dan lurus juga harus dihindari karena banyak kendaraan yang melaju cukup kencang di jalanan tersebut.

8. Pemandangan Bagus

Desain Cafe Minimalis (alther.com.co)
Desain Cafe Minimalis (alther.com.co)


Lingkungan juga berpengaruh terhadap ramai tidaknya suatu cafe. Coba Anda bangun cafe di lingkungan yang pemandangannya bagus dan cafe yang dekat pembuangan sampah, pasti lebih banyak orang memilih mampir ke cafe dengan pemandangan bagus.

Apalagi sekarang sudah ada media sosial, mereka yang gemar berfoto tidak akan menyia-nyiakan pemandangan tersebut. Zaman sekarang, orang ngopi tidak hanya karena rasa kopinya yang khas atau enak, tetapi juga karena desain cafe dan pemandangan di sekitar cafe. 

Baca juga: Modal Rp 1,3 Juta Untuk Bisnis Cafe Susu, Sekarang Omzet Pemuda Ini Rp 250 Juta Per Bulan

Demikian beberapa tips memilih lokasi bisnis cafe yang strategis. Anda harus melakukan survei sejak jauh-jauh hari sebelum menentukan pembangunan cafe. Kalau perlu sewa jasa survei untuk mengamati pengguna jalan, lokasi sekitar, persaingan pasar, daya beli, hobi masyarakat sekitar, kebiasaan masyarakat, hingga usia orang-orang yang melintasi area tersebut.

Mungkin hal ini terkesan ribet dan memakan waktu, tapi sangat penting untuk kelangsungan bisnis cafe dalam jangka panjang. Kalau asal bikin cafe, belum tentu cafe akan ramai dan kemungkinan justru sebaliknya. Daripada buang-buang uang karena bisnis coffee shop tidak jalan, mending meluangkan waktu untuk mencari lokasi cafe yang tepat.

Jika artikel Njajan.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain. Terima kasih.


8 Cara Memilih Lokasi Bisnis Cafe yang Strategis 8 Cara Memilih Lokasi Bisnis Cafe yang Strategis Reviewed by Njajan on September 07, 2019 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.