Rekor Cabai Terpedas, Terpanjang, dan Terberat di Dunia

Cabai Terpedas di Dunia Carolina Reaper (sci-news.com)

Njajan.com - Pencatat rekor dunia Guinness World Records telah merangkum berbagai rekor cabai di dunia. Rekor ini mulai dari cabai terpedas, cabai terpanjang, hingga cabai terberat. Seluruh info ini tentu akan membuat Anda tercengang karena dikumpulkan dari beberapa negara di seluruh dunia.

Namun, sebelum melihat langsung, kami ingin tahu gimana perasaan Anda jika diharuskan mencicipi salah satu cabai tersebut. Mungkin bagi pecinta pedas, hal tersebut akan menjadi pengalaman yang luar biasa. Kalau orang biasa yang tidak suka makan pedas, pastinya dia akan merinding dan lari ketakutan begitu dihadapkan pada salah satu rekor cabai dunia, terutama cabai terpedas di dunia.

Baca juga: Resep Ayam Geprek Sambal Bawang Pedas Istimewa

Sebab, kalau tidak terbiasa makan pedas, kemudian mendadak makan makanan pedas, mulut bisa terasa terbakar, dan perut menjadi mules tidak karuan. Sehingga harus waspada dan pikir dua kali sebelum mencicipi cabai terpedas di dunia.

1. Rekor Cabai Paling Pedas di Dunia

Rekor Cabai Terpedas di Dunia (Guinness World Records)
Rekor Cabai Terpedas di Dunia (Guinness World Records)


Untuk mengetahui cabai terpedas atau tidak pedas, ternyata ada skalanya. Kalau tidak ada skala, tingkat kepedasaan lidah manusia tidak akan bisa menentukan mana cabai paling pedas dan cabai pedas biasa saja. Nah, rekor cabai terpedas di dunia adalah cabai Carolina Reaper.

Level rasa pedas cabai ini mencapai 1.500.000-2.200.000 skala SHU atau lebih tepatnya 1,641,183 Scoville Heat Units (SHU). Pengecekan tingkat kepedasan cabai Carolina Reaper dilakukan di Winthrop University, Carolina Selatan pada tahun 2017.

Jenis cabai bernama Carolina Reaper ini dikembangbiakkan oleh Ed Currie, selaku pemilik PuckerButt Pepper Company. Cabe super pedas ini tercatat dalam buku rekor Guinness World Record. Sampai sekarang belum ada yang mengalahkan tingkat rasa pedas cabai Carolina Reaper.

Perlu Anda ketahui, cabai ini tidak tumbuh secara alami, tetapi hasil silangan antara Red Habanero dengan Bhut Jolokia (Ghost Pepper). Jumlah pemberian cabai ini sangat sedikit di sebuah makanan karena rasanya bisa membakar lidah.

2. Rekor Cabai Terpanjang di Dunia

Rekor Cabai Terpanjang di Dunia (Etsy))
Rekor Cabai Terpanjang di Dunia (Etsy))


Kali ini rekor cabai terpanjang di dunia diberikan kepada cabai merah milik Jurg Wiesli dari Swiss, tepatnya Jona. Dia berhasil memecahkan rekor tersebut pada tanggal 30 September 2018 dengan panjang cabai 50,5 cm.

Cabai paling panjang ini merupakan cabai Cayenne, jenis Capsicum annuum. Pengukuran panjangnya dilakukan dengan menarik garis lurus mulai dari bagian punggung cabai yang berwarna merah atau pangkalnya sampai ujung cabai yang runcing. Tempat pemecahan rekor ini berlangsung di acara The Great Pumpkin Commonwealth.

3. Rekor Cabai Terberat di Dunia

Rekor Cabai Terberat di Dunia (Autopot)
Rekor Cabai Terberat di Dunia (Autopot)


Biasanya berat cabai cuma beberapa gram saja, tetapi tidak dengan cabai Capsicum annuum yang dimiliki oleh Dale Toten. Seorang pria dari Malvern, Inggris ini mempunyai cabai sangat berat yaitu 0,42 kg per buah atau hampir 1/2 kg. Rekor cabai terberat di dunia ini dipecahkan pada tanggal 29 September 2018.

Ini bukan satu-satunya cabai paling berat di dunia. Sebelumnya sudah ada rekor cabai terberat yang diraih oleh Kevin Fortey di Inggris. Saat ditimbang, cabai tersebut seberat 0,348 kg. Cabai ini sempat dipamerkan di UK National Giant Vegetable Championships pada tanggal 23-24 September 2017.

4. Rekor Cabai dengan Ikatan Tali Terpanjang di Dunia

Rekor Ikatan Tali Cabai Terpanjang di Dunia (American Profile)
Rekor Ikatan Tali Cabai Terpanjang di Dunia (American Profile)


Sebagian orang menyimpan dan mengeringkan cabai dengan cara merangkainya jadi untaian tali panjang. Cabai diikat tali lalu dirangkai satu per satu  sampai bentuknya memanjang. Setelah panjang, cabai dijemur sampai kering dan dapat dipakai sebagai condiment dengan cara dihaluskan.

Orang-orang di Korea Selatan, tepatnya di kota Suncheon memecahkan rekor tali cabai terpanjang. Mereka membuat ikatan cabai sangat panjang mencapai 1.395 meter. Ikatan tali cabai dibuat bersama-sama oleh 2.533 orang pada tanggal 11 Oktober 2008. Saking panjangnya, jumlah cabai yang terikat mencapai 29.037 buah.

5. Rekor Memotong Cabai Terbanyak dalam 30 Detik


Ternyata memotong cabai dapat tercatat dalam rekor dunia. Seperti Steffen Henssler dari Hamburg, Jerman yang memotong cabai 11 buah sampai kecil-kecil dalam waktu 30 detik di tanggal 19 Maret 2013. Pemecahan rekor potong cabai terbanyak berlangsung di acara What's for Beats? di Hamburg.

Baca juga: 3 Resep Aneka Sambal Nusantara

Demikian beberapa rekor dunia tentang cabai, mulai dari cabai terpedas, terpanjang, terberat, ikatan tali terpanjang, dan potong cabai terbanyak dalam waktu 30 detik. Rekor ini sebagian besar sudah dicatat dalam buku rekor Guinness World Records.

Dari berbagai rekor cabai tadi, kira-kira rekor apa yang paling membuat Anda terkesan? Jika artikel Njajan.com bermanfaat jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain. Terima kasih.


Rekor Cabai Terpedas, Terpanjang, dan Terberat di Dunia Rekor Cabai Terpedas, Terpanjang, dan Terberat di Dunia Reviewed by Njajan on September 10, 2019 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.