7 Profil Juri MasterChef Indonesia Season 1-6 dan Restoran Miliknya

Profil Juri MasterChef Indonesia Season 1-6 dan Restoran Miliknya (idntimes.com)

Njajan.com - Acara televisi MasterChef Indonesia merupakan ajang pencarian bakat masak yang diadopsi dari acara televisi di Inggris dengan nama yang sama yaitu MasterChef. Setiap season, MasterChef menghadirkan juri-juri dari chef berpengalaman.

Pertama acara MasterChef Indonesia season 1 diadakan pada tanggal 1 Mei 2011. Kemudian acara tersebut berlanjut sampai sekarang di season 6 di tahun 2020.

Sejak pertama kali tayang, MasterChef Indonesia mampu menarik perhatian banyak orang dan sukses. Bahkan, acara MasterChef Indonesia menang 3 penghargaan Panasonic Gobel Awards untuk kategori Pencarian Bakat Terbaik di tahun 2012, 2013, dan 2019.

Baca juga: 10 Restoran Mewah Ini Ternyata Milik Para Chef Selebriti Indonesia

Siapa saja yang berperan penting dalam kesuksesan MasterChef Indonesia? Tentu hal ini tak terlepas dari para juri MasterChef berpengalaman yang sudah malang melintang di dunia masak selama bertahun-tahun.

Profil Juri MasterChef Indonesia dari Season 1-6


Juri MasterChef Indonesia memiliki daya tarik tersendiri, sehingga mampu memikat masyarakat untuk selalu setia menyaksikan acara tersebut.

1. Arnold Poernomo

Profil Chef Arnold Juri MasterChef Indonesia (instagram.com)
Profil Chef Arnold Juri MasterChef Indonesia (instagram.com)


Chef Arnold Poernomo merupakan pria yang lahir di tanggal 18 Agustus 1988. Pria ini populer menjadi juri MasterChef Indonesia sejak tahun 2013. 

Dari dulu, Chef Arnold lahir dari keluarga yang suka masak. Dia sudah masuk ke dunia masak sejak umur 14 tahun. Ibu Chef Arnold seorang koki, neneknya juga koki dan pemilik restoran.

Dukungan dari keluarga yang hobi memasak membuat Chef Arnold terjun juga ke dunia masak sampai sekarang. Peluang Chef Arnold menekuni dunia memasak sangat besar saat dia pindah ke Sydney, Australia di usia 10 tahun. 

Dia memulai karir dengan bekerja di beberapa restoran di Sydney sebagai pencuri piring, gelas, dan peralatan dapur lainnya. Sampai akhirnya Arnold Poernomo diperkenalkan teknik memasak yang benar dan belajar langsung dari ahlinya.

Ilmu Front of House hingga dunia memasak didapat di Sydney. Tak heran, dia sekarang menjadi Chef profesional.

Chef Arnold sudah memiliki beberapa restoran, cafe, hingga toko kue di Indonesia dan luar negeri. 

Restoran Chef Arnold



  • KOI Dessert Bar & Dining di Australia.
  • Monkey's Corner di Australia.
  • Bebini Gelato di Surabaya.
  • Mangkokku di Jakarta.
  • Nomz Kitchen & Pastry di Jakarta.
  • Laci di Bali.


2. Juna Rorimpandey

Profi Chef Juna Juri MasterChef Indonesia (instagram.com)
Profi Chef Juna Juri MasterChef Indonesia (instagram.com)


Juri MasterChef Indonesia ini mempunyai nama lengkap Junior Rorimpandey atau biasa dipanggil Chef Juna. Dia memiliki karakter cuek, tegas, galak, dan suka memberi komentar pedas. Chef Juna dengan wajah tampan sudah dipercaya menjadi juri MasterChef Indonesia di season 1 (2011), season 2 (2012), season 5 (2019), dan season 6 (2020).

Tahukah Anda, sebelum jadi juri MasterChef, pria yang lahir di tanggal 20 Juli 1975 ini sempat bekerja di restoran Jack Rabbit Jakarta sebagai Executive chef. Namun, itu cuma perjalanan singkat Chef Juna di Indonesia.

Tak banyak yang tahu, ternyata Chef Juna sempat kuliah jurusan Teknik Perminyakan di Indonesia selama 3,5 tahun. Namun, kuliah tersebut tidak selesai karena Chef Juna terlalu nakal.

Dia kemudian memutuskan untuk berubah dan pindah ke Amerika pada tahun 1997. Di sana dia sekolah penerbangan di Brownsville Texas. Sayangnya, setelah mendapat lisensi pilot, sekolah penerbangan tersebut malah bangkrut. Akhirnya, Junior Rorimpandey melanjutkan pelatihan ke Houston.

Awal tahun 1998 Indonesia dilanda krisis moneter, ibunya tidak mampu membiayai keuangannya di luar negeri. Kemudian, Chef Juna harus mencari kerja sendiri dan memutuskan kerja di restoran Jepang sebagai pelayan.

Setelah kerja di sana, seorang Master Sushi di restoran tersebut menawarkan untuk menjadi muridnya dan Chef Juna menerimanya. Chef Juna dilatih dasar membuat makanan sangat keras sampai pemilik restoran kagum dengan kinerjanya. 

Dia lalu disponsori untuk mendapatkan Permanent Resident dan di tahun 2002 Chef Juna diangkat jadi kepala koki di restoran tersebut.

Lalu, di tahun 2003 Chef Juna pindah kerja ke restoran sushi di Houston, namanya Uptown Sushi. Beberapa bulan setelah kerja, dia dianggkat menjadi Executive Chef.

Tahun 2004 Chef Juna jenuh dengan masakan Jepang dan pindah ke restoran Perancis bernama The French Laundry. Di sana dia mulai dari awal lagi mendapatkan pelatihan yang baik dan disiplin. 

Jadi sekarang, keahlian Chef Juna di dunia memasak sudah tidak perlu diragukan lagi. Chef Juna dikenal di luar negeri selama 12 tahun sebagai chef dengan spesialisasi masakan Jepang dan Perancis. 

Fakta Menarik Chef Juna



  • Tahukah Anda, Chef Juna sempat menjalani kehidupan yang sangat keras seperti pernah diculik, disiksa, hampir ditembak, dan overdosis.
  • Ketika muda dulu, Chef Juna membuat sebuah geng yang diberi nama Bad Bones. Saat itu, Chef Juna pergi mengendarai motor Harley bersama gengnya tanpa peduli kemana mereka pergi.
  • Setelah pindah ke Amerika, Chef Juna rela menjual motor Harley kesayangannya untuk biaya sekolah di sana.
  • Ketika kerja di sebuah restoran di Amerika, Chef Juna pernah terkena blender dan mengenai kedua jari tangannya.
  • Uniknya, Chef Juna pernah membuat tato di kedua lengannya saat berumur 15 tahun dengan menggunakan mesin buatan sendiri.


Restoran Chef Juna MasterChef Indonesia



  • Correlate di Jakarta Selatan.
  • Gogo Ramen di Transpark Bintaro Mall.


3. Renatta Moeloek

Profil Chef Renatta Juri MasterChef Indonesia (instagram.com)
Profil Chef Renatta Juri MasterChef Indonesia (instagram.com)


Chef Renatta Moeloek sudah menjadi perhatian masyarakat sejak menjadi juri MasterChef Indonesia dari season 5 (2019) hingga season 6 (2020).

Hal ini tidak lain karena kecantikan Chef Renatta yang memikat hati para pria. Dia lahir di tanggal 17 Maret 1994. Chef Renatta menyelesaikan pendidikan memasak di Le Cordon Bleu Culinary Art di Paris, Prancis tahun 2018.

Masih di tahun yang sama, Chef Renatta langsung kerja di salah satu restoran di Paris, Micheline Star, Garance Saint Dominique. Dia juga aktif memperkenalkan masakan Indonesia di berbagai kegiatan kuliner luar negeri.

Di usia 25 tahun, Chef Renatta berpartner dengan artis Laura Basuki mendirikan restoran berkonsep healthy food yang diberi nama Fedwell.

Restoran milik Chef Renatta Moeloek



  • Fedwell di Senopati Jakarta Selatan.
  • Fedwell di Mall Citywalk Sudirman, Jakarta Pusat.


4 Degan Septoadji

Profil Chef Degan Juri MasterChef Indonesia (instagram.com)
Profil Chef Degan Juri MasterChef Indonesia (instagram.com)


Juri MasterChef Indonesia juga memiliki chef bernama Degan Septoadji Supriyadi atau lebih dikenal dengan nama Chef Degan.

Dia dikenal sebagai juri MasterChef Indonesia season 2 (2013) dan season 3 (2013). Juri yang lahir di tanggal 1 September 1967 ini dikenal tegas dan tidak ingin para kontestan MasterChef Indonesia cuma memasak untuk mencari popularitas.

Saat usianya masih 6 tahun, Chef Degan ikut orangtua kerja ke Eropa. Chef Degan dibesarkan di Eropa dan orangtuanya sibuk kerja di perusahaan otomotif. Hal tersebut membuatnya harus memasak sendiri. Lama kelamaan kemampuan memasaknya meningkat.

Sang ibu mendorong agar Degan Septoadji Supriyadi menjadi chef. Kemudian Chef Degan setuju dan sekolah di Berufsbildende Schule Technik 2, Ludwigshafen, Jerman untuk belajar dunia kuliner.

Chef Degan mengawali karir sebagai chef ketika magang di Hotel zur Pfalz, Kandel, Jerman sebagai Apprentice/Commis di tahun 1984 - 1987. 

Setelah lulus di tahun 1988, Chef Degan kembali ke Indonesia dan menjadi First Cook Demi Chef de Partie di Jakarta Hilton International hingga tahun 1991. 

Di tahun yang sama, dia pindah ke Bali dan mulai bekerja di Grand Hyatt Bali sebagai Commisary Chef. Tahun 1996, Chef Degan pindah lagi ke hotel Ritz Carlton Bali dengan jabatan Executive Sous Chef. 

Hebatnya, di tahun yang sama, Chef Degan dinobatkan sebagai Best Chef Indonesia. Tahun 1997, dia dinobatkan sebagai Hotelier termuda.

Untuk mencari pengalaman baru, di tahun 1998 Chef Degan pindah ke Atlantis Royal Tower, Paradise Island, Bahama. Di sini dia dijadikan Senior Executive Chef selama 1 tahun. 

Tahun 1999, Chef Degan kembali ke Bali untuk bekerja di Melia Bali Villas & Spa Resort sebagai Executive Chef selama 2 tahun.

Pada tahun 2001 dia berpetualang ke Thailand. Ia kerja sebagai Area Executive Chef di Banyan Tree Bintan dan Angsana Resort & Spa Bintan, Lagoi selama 4 tahun. Mulai dari tahun 2005, Chef Degan tercatat sebagai Executive Chef di Banyan Tree Bangkok.

Nah, karena tinggal lama di Thailand, hal tersebut menginspirasi Chef Degan untuk menyajikan makanan yang memadukan kuliner Indonesia dan Thailand. 

Keinginan tersebut diwujudkan dengan membuka cafe di Bali bernama Cafe Degan. Cafe yang memadukan kuliner Indonesia dan Thailand ini termasuk salah satu cafe langganan para wisatawan asing di Bali.

Daftar restoran Chef Degan MasterChef Indonesia



  • Café Degan di Bali.
  • Café Degan di Jakarta Selatan.
  • Letter D. Cuisine & Bar


5. Matteo Guerinoni

Profil Chef Matteo Juri MasterChef Indonesia (instagram.com)
Profil Chef Matteo Juri MasterChef Indonesia (instagram.com)


Chef Matteo Guerinoni lahir di tanggal 11 April 1968, tepatnya di Bergamo, Italia. Dia dulu seorang mantan pembalap motor dan pemilik sejumlah restoran khas Italia di Jakarta serta Bali.

Matteo Guerinoni pernah menjadi komentator acara MotoGP di Trans7. Dia jadi komentator selama 7 tahun dan sempat menjadi juri MasterChef Indonesia season 4 pada tahun 2015. Kemudian di tahun 2017, dia hijrah ke FOX Sports Asia menjadi komentator MotoGP di FOX Sports Asia.

Daftar restoran Che Matteo Guerinoni



  • Restoran Pisa Kafe Menteng
  • il Gelato di Matteo


6. Rinrin Marinka

Profil Chef Marinka Juri MasterChef Indonesia (instagram.com)
Profil Chef Marinka Juri MasterChef Indonesia (instagram.com)


Chef Rinrin Marinka memiliki nama lengkap Maria Irene Susanto. Dia lahir di Jakarta tanggal 22 Maret 1980. Bagi yang sudah mengikuti acara MasterChef Indonesia sejak lama, pasti tak asing dengan wajah cantik dan keindahan tubuhnya.

Dia hobi memasak sejak masih duduk di bangku SD. Kemudian menetap di Sidney selama 8 tahun. Chef Marinka mengembangkan bakat memasaknya dengan magang di beberapa restoran terkenal di Sidney.

Singkat cerita, Chef Marinka sukses menjadi satu-satunya juri wanita di kompetisi memasak MasterChef Indonesia dari season 1-3. Dia juga berhasil merilis buku-buku resep masakan berjudul “Fantastic Cooking’.

Lalu, Marinka menjadi bintang iklan, model, dan mengisi beberapa acara memasak televisi. Hal tersebut membuatnya menjadi chef terkenal di Indonesia.

Fakta Menarik Chef Marinka



  • Setelah tidak menjadi juri MasterChef Indonesia, dia kini aktif di Channel YouTube bertajuk ‘Simply Marinka’.
  • Cintanya berakhir dengan artis tampan Nino Fernandez. 
  • Chef yang sering tampil seksi ini ingin mendapatkan pasangan hidup yang berprofesi selain dokter, DJ, dan bahkan koki seperti dirinya.
  • Masker putih telur merupakan rahasia mengapa kulit wajah Chef Rinrin Marinka terlihat kencang dan bersinar.
  • Chef Marinka selalu menyiapkan minuman khusus ramuannya sendiri yaitu jahe yang dicampur dengan kunyit, madu dan sedikit jeruk nipis untuk menjaga stamina.


Restoran Chef Rinrin Marinka



  • Mars Kitchen di Jakarta Selatan


7. Vindex Tengker

Profil Chef Vindex Juri MasterChef Indonesia (instagram.com)
Profil Chef Vindex Juri MasterChef Indonesia (instagram.com)


Chef Vindex Tengker lahir di Jakarta tanggal 24 November 1968. Namanya menjadi terkenal setelah dia menjadi juri MasterChef Indonesia season 1. 

Vindex Tengker sudah menyukai dunia kuliner sejak kecil. Dia sering membantu neneknya memasak di dapur hingga dia ingin mendalami ilmu memasak.

Nah, karena Chef Vindex mempunyai bakat memasak, dia memutuskan sekolah di management perhotelan. Di sana dia fokus belajar memasak. 

Pengalamannya memasak semakin banyak. Dia menjadi juri masak di Pesawat Garuda Indonesia sampai resort dan hotel di Indonesia. Selain sebagai juri MasterChef Indonesia, dia juga pernah menjadi juri acara masak Cooking Master Indosiar.

Fakta Menarik Chef Vindex Tengker



  • Nama Vindex Tengker populer sejak dirinya jadi juri di ajang pencarian bakat memasak MasterChef Indonesia di RCTI.
  • Setelah lulus dari Akademi Pariwisata Jakarta, Vindex langsung ditunjuk sebagai Chef masakan Indonesia di hotel internasional.
  • Beberapa kali pindah restoran dan hotel, Chef Vindex menerima tawaran menjadi koki di restoran Indonesia di Mallorca, Spanyol.
  • Chef Vindex juga merupakan President Assosiasi Culinary Profesional Indonesia.
  • Vindex Tengker juga menjabat sebagai Chef Eksekutif di hotel Four Season Jakarta.
  • Chef Vindex tergabung di perusahaan Garuda Indonesia. Dia menjabat sebagai Vice President Inflight Service yang menangani konsep masakan yang akan disajikan.


Restoran Chef Vindex Tengker



  • Kasih di Los Angeles.


Kesimpulan


Demikian beberapa profil juri MasterChef Indonesia season 1-6 lengkap dengan restoran miliknya. Semua juri MasterChef Indonesia memiliki restoran masing-masing, tapi sepertinya yang paling banyak adalah restoran Chef Arnold.

Baca juga: 5 Artis yang Hobi Masak sampai Ikut Sekolah Masak

Sampai saat ini terdapat dua juri wanita di MasterChef Indonesia yaitu Chef Renatta dan Chef Marinka. Dari kedua juri wanita cantik ini Anda lebih suka yang mana?

Jika artikel Njajan.com bermanfaat, jangan lupa like dan share ke teman-teman yang lain. Terima kasih.


7 Profil Juri MasterChef Indonesia Season 1-6 dan Restoran Miliknya 7 Profil Juri MasterChef Indonesia Season 1-6 dan Restoran Miliknya Reviewed by Njajan on February 05, 2020 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.