Inilah Mie Termahal di Dunia dengan Segala Keunikannya


Njajan.com - Seenak apapun cita rasa mie, biasanya tak pernah mencapai Rp 100 ribu. Namun, mie di Taiwan dinobatkan sebagai mie termahal di dunia karena harganya yang tak masuk akal.


Bagaimana tidak, mie ini menjadi sangat mahal karena dipadukan dengan daging yang lezat. Negara yang mendapat penghargaan mie termahal di dunia adalah Taiwan.


Di negara tersebut, mayoritas restorannya memang menyajikan menu makanan mie. Namun, kebanyakan mie di Taiwan dibanderol dengan harga Rp 79 ribu. Lantas, mengapa ada mie yang dinyatakan sebagai mie paling mahal di dunia?



Harga mie daging sapi termahal


Ternyata di Taipei, ibukotanya Taiwan ada salah satu kedai bernama Niu Ba Ba yang menjual mie daging sapi dengan harga US$325 atau 10 ribu dolar Taiwan. Jika harga mie termahal ini dirupiahkan, kurang lebih sekitar Rp 4,2 juta.


Presidential Beef Noodle Soup (www.cnnindonesia.com)
Presidential Beef Noodle Soup (www.cnnindonesia.com)

Harga mie yang sangat mahal ini ternyata memiliki penggemarnya tersendiri. Jadi, walau mahal, mie daging sapi ini tetap dibeli oleh sebagian masyarakat di Taiwan.


Bahkan, tidak hanya satu jenis mie termahal saja, kedai mie Niu Ba Ba juga menjual delapan varian mie daging yang harganya cukup ramah di kantong.



Harga mie daging sapi varian termurah


Jenis mie yang disajikan di restoran mie tersebut antara lain, mie klasik, Beef Father Beef Noodle Soup seharga US$16 (Rp 211 ribu) hingga yang paling mahal Presidential Beef Noodle Soup sebesar US$325 (Rp 4,2 juta). 


Varian harga mie daging sapi (chinesemicronews.cc)
Varian harga mie daging sapi (chinesemicronews.cc)

Menurut masyarakat di Taipei, menu mie termurah di kedai tersebut masih dikatakan mahal. Sebab, mie paling murah saja harga Rp 211 ribu. Kendati demikian, pemilik kedai berdalih bahwa mie daging sapinya berbeda dari mie yang lain.

"Bagi beberapa orang harga mie termurah kami tampak mahal, tapi cara kami membuat mie daging sapi berbeda dari yang lain," tutur Eric Wang Yiin Chyi, pemilik generasi kedua Niu Ba Ba, seperti yang disampaikan oleh CNNIndonesia.com (18/9/2017).



Restoran Niu Ba Ba sudah berdiri sejak 27 tahun yang lalu


Asal Anda tahu saja, ini bukan restoran mie kemarin sore yang menggebrak pasar dengan harga selangit. Pasalnya, restoran mie Niu Ba Ba sudah berdiri sejak tahun 1990. 


Pendiri pertamanya saat itu ialah Wang Tsung Yuan yang tidak lain adalah ayah Eric. 


Wang Tsung Yuan dan Eric Wang Yiin Chyi, pemilik Niu Ba Ba (edition.cnn.com)
Wang Tsung Yuan dan Eric Wang Yiin Chyi, pemilik Niu Ba Ba (edition.cnn.com)


Rasa mie daging sapinya tidak sesuai dengan lidah orang Taiwan


Sejak didirikan 27 tahun lalu, sebenarnya bisnis mie daging sapinya mengalami pasang surut. Hal ini dikarenakan rasa mie daging sapi tempo dulu tidak sesuai dengan lidah orang Taiwan.


"Dulu rasa mie daging sapi kami kurang sesuai untuk lidah orang Taiwan, bisnis pun tampak suram. Bahkan rekan bisnis ayah memutuskan untuk keluar setelah sebelas hari," tutur Eric Wang.


Selama masa-masa kelam berlangsung, Wang Tsung Yuan terus mencoba menyempurnakan resep mie daging sapi miliknya.


Setiap mangkuk hidangan yang disajikan menampilkan setidaknya empat jenis potongan daging premium dari Amerika Serikat dan Australia. Tak hanya itu, Wang Tsung Yuan juga memilih potongan terbaik, seperti iga, yang digunakan untuk menu Presidential Beef Noodle Soup.


Proses memasak mie termahal di dunia (dailymail.co.uk)
Proses memasak mie termahal di dunia (dailymail.co.uk)

Daging sapi untuk mie termahal di dunia ini dibuat spesial. Daging sapinya direbus dan dibekukan selama tiga hari sebelum dipotong ke dalam bentuk tertentu untuk mencapai rasa dan tekstur yang sempurna. Enam jenis kaldu kemudian dicampur untuk menyempurnakan kuahnya. 



Dulu harga mie daging sapi dibayar sesuai lidah pengunjung


Kesempurnaan resep mie mahal ini ternyata juga diimbangi dengan keunikan harganya. Jadi, selama 14 tahun terakhir, sebenarnya Presidential Beef Noodle Soup ini tidak diberi label harga.


"Label harga dibiarkan kosong selama hampir 14 tahun. Kami meminta pelanggan untuk membayar sesuai harga yang mereka anggap layak. Banyak yang bilang mereka rela membayar 100 ribu dolar Taiwan," katanya.


Mungkin karena harganya naik turun, akhirnya pemilik restoran baru menetapkan harga Rp 4,2 juta untuk semangkuk mie daging sapi di tahun 2017.



Keunikan lain mie daging sapi termahal di Niu Ba Ba


Uniknya lagi, setelah mie daging sapinya laris manis, mereka justru pindah ke lokasi yang lebih sempit. Alasannya sungguh mengejutkan, katanya mereka lebih mementingkan kualitas mie dengan jumlah sedikit daripada kuantitas banyak tapi kualitas tidak sempurna.


"Kursi yang tersedia paling banyak sekitar 18 hingga 20. Kami sulit untuk fokus menciptakan mie yang sempurna untuk tiap mangkuk jika pelanggan banyak. Ini terkait masalah kualitas di atas kuantitas," ucapnya.


Demikian sejarah mie termahal di dunia yang sangat mengagumkan. Ternyata, harga mie semahal itu dipatok setelah lama tidak diberi label harga. Jika Anda sedang jalan-jalan ke Taiwan sempatkan mampir di kedai Niu Ba Ba, alamatnya sebagai berikut: Niu Ba Ba, 149, Section 6, Minquan East Road, Taipei City, Taiwa.


Inilah Mie Termahal di Dunia dengan Segala Keunikannya Inilah Mie Termahal di Dunia dengan Segala Keunikannya Reviewed by Njajan on September 27, 2017 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.