Masak Kangkung Tumis Terasi yang Enak dan Segar

Tumis Kangkung Terasi Spesial (yoedha.com)

Njajan.com - Kangkung adalah salah satu jenis sayuran yang mudah sekali didapatkan dengan harga terjangkau. Mulai dari hidangan rumah hingga hidangan di restoran mewah, kangkung nikmat disantap bersama nasi dan lauk. Masak kangkung di rumah dan restoran biasanya berbeda dari segi tampilan.

Sajian kangkung di restoran atau rumah makan umumnya tampak hijau dan segar meski dimasak hingga benar-benar matang. Sebelum memasaknya cara memilih hingga mengolahnya pun harus diperhatikan.

Baca juga: 10 Resep Masakan Cumi Basah Sederhana yang Baik Untuk Perkembangan Anak


Tips Memilih Kangkung yang bagus

Resep tumis kangkung terasi nikmat (resepkoki.id)
Resep tumis kangkung terasi nikmat (resepkoki.id)


1. Pilih kangkung yang segar


Kangkung yang segar memiliki daun yang masih berwarna hijau, bukan kekuningan. Batang kangkung juga masih padat dan segar.


2. Membersihkan kangkung


Kangkung yang Anda beli dalam bentuk ikatan harus dibuka dulu sebelum disiangi, agar tidak ada daun-daunan lain yang ikut ke dalam masakan. Pilihlah daun dan batang yang masih muda untuk dimasak.

Jika Anda membeli kangkung air, belah bagian batang untuk membersihkannya. Rongga batang kangkung air lebih besar sehingga berkemungkinan dijadikan tempat tinggal oleh binatang kecil seperti lintah dan siput. Cuci kangkung di bawah air mengalir agar semua kotoran hilang.

Baca juga: 3 Resep Makanan Korea Bergizi untuk Vegetarian


3. Masak kangkung dalam keadaan segar


Kangkung yang sudah dipetik tidak dapat bertahan lebih dari satu hari dalam keadaan segar meskipun disimpan di dalam kulkas. Sebaiknya Anda memasak kangkung langsung setelah membelinya.

Setelah memilih dan membersihkan kangkung dengan cara-cara di atas, masak kangkung menjadi berbagai jenis masakan sesuai selera. Kali ini Anda bisa mencoba masakan tumis kangkung terasi yang dilansir dari Resepkoki.id berikut ini.


Resep Tumis Kangkung Terasi

Cara membuat tumis kangkung terasi enak (youtube.com)
Cara membuat tumis kangkung terasi enak (youtube.com)

Bahan-bahan:

  • 1 ikat kangkung
  • 1 cabai merah besar
  • cabai merah kecil (cabe rawit) sesuai selera
  • 5 siung bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 3 sdm saus tiram 
  • 1/3 ruas jari lengkuas
  • Garam secukupnya
  • Gula aren/gula pasir secukupnya
  • Terasi
  • Tomat
  • Mentega / minyak

Cara Memasak Tumis Kangkung Terasi:

  1. Siapkan adalah kangkung yang telah dibersihkan dan dipetik daunnya.
  2. Iris bawang merah dan bawang putih, tomat dan cabai
  3. Panaskan mentega atau minyak di atas penggorengan, tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum.
  4. Masukan cabai, terasi, dan lengkuas. Segera lingkarkan saus tiram di pinggir2 bumbu yang sedang ditumis, bukan langsung ke dalam bumbunya.
  5. Setelah itu masukan kangkung yang telah dicuci, jangan ditambahkan air. Usahakan jangan menambahkan air ketika menumis sayuran. karena sebenarnya air akan keluar sendiri dari kangkung yang dicuci. Kecilkan api.
  6. Setelah matang atau hampir matang, masukan garam dan gula. Tahap terakhir ini usahakan untuk mencicipi dahulu kuahnya, karena biasanya terasi dan saus tiram sendiri sudah asin.
  7. Masukan tomat dan siap dihidangkan selagi masih hangat.



Tips Masak Kangkung yang Nikmat


Pertama, gunakan bumbu yang sesuai dengan banyaknya kangkung yang dimasak. Pastikan bumbu ditumis hingga benar-benar matang sebelum kangkung dimasukkan agar rasanya tidak hambar. 

Baca juga: 3 Resep Aneka Sambal Nusantara

Kedua, masak kangkung sesaat sebelum dihidangkan, dan langsung disantap agar kesegarannya terasa. Kangkung tidak sesuai untuk dipanaskan kembali setelah dimasak karena bisa mengakibatkan keracunan. 

Sangat mudah bukan masak kangkung tumis dengan bumbu terasi seperti resep di atas? Lengkapi menu nasi dan tumis kangkung dengan ikan bakar atau tempe dan tahu goreng agar rasanya semakin menggugah selera. 

Jika artikel Njajan.com ini bermanfaat untuk Anda, jangan segan klik like dan share kepada teman-teman. Selamat memasak dan terima kasih.


Masak Kangkung Tumis Terasi yang Enak dan Segar Masak Kangkung Tumis Terasi yang Enak dan Segar Reviewed by Njajan on March 05, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.