3 Cara Makan Granola yang Enak dan Menyehatkan

Cara makan granola (buenavibra.es)

Njajan.com - Granola terdiri dari biji gandum giling, biji-bijian, beras, dan madu yang dipanggang hingga kering. Ada juga granola yang diberi campuran kacang almond, kismis, dan buah kering yang lain. Cara makan granola umumnya dimakan begitu saja dari kemasan, tetapi bisa juga dicampurkan dengan bahan lain agar lebih enak dan bernutrisi. 

Sekadar info untuk Anda, granola dapat membantu menurunkan kolesterol, menurunkan berat badan, serta mencegah penyakit kanker dan serangan jantung. Ini karena kandungan mineral dan vitamin di dalam gandum utuh pada granola. Selain itu juga mampu menangkal radikal bebas, menjaga kekuatan tulang, dan melindungi sistem saraf.

Baca juga: 8 Cara Makan Sushi yang Benar Sesuai Tradisi Jepang

Nah, setelah mengetahui manfaatnya, cobalah beberapa cara makan granola di bawah ini. 

1. Granola Bar


Granola juga dapat dimakan dengan cara mengolahnya dahulu menjadi bentuk bar. Sebelumnya, siapkan oat, almond, kelapa, dan wijen. Kemudian panggang pada suhu 200'C kurang lebih 10 menit. Setelah itu panaskan mentega, madu, gula pirang, vanila, kayu manis, dan garam hingga larut, lalu tuangkan ke dalam campuran oat dan aduk rata.

Masukkan bahan ke dalam loyang ukuran 30x30 cm yang sudah dialasi kertas minyak dan dioles margarin, tekan hingga rata. Panggang dalam oven bersuhu 180'C selama 20 menit. Setelah matang diinginkan lalu potong dengan ukuran 6x3 cm. Granola bar sudah siap disantap.

Baca juga: 7 Cara Makan Kurma Ajwa Sesuai Petunjuk Rasulullah

2. Granola Buah dan Susu


Cara makan granola yang cukup mudah berikutnya yaitu mencampur dengan buah dan susu. Masukkan saja buah-buahan yang tersedia di dalam kulkas seperti pisang, melon, stroberi, dan mangga yang sudah dipotong kecil-kecil. Setelah itu siram dengan susu cair. Bisa menggunakan susu kedelai atau susu almond untuk menghasilkan rasa yang gurih.

Tambahkan granola ke dalam mangkuk, dan santap selagi masih kering dan renyah. Anda juga dapat menambahkan madu dan kayu manis bubuk agar aromanya lebih memikat. Sajian granola ini cocok dinikmati untuk sarapan.

Baca juga: 16 Cara Makan Nabi Muhammad SAW yang Harus Dicontoh

3. Granola dengan Strawberry Yogurt Parfait

Resep Granola dengan topping strawberi (simplyquinoa.com)
Resep Granola dengan topping strawberi (simplyquinoa.com)

Cuaca panas sangat sesuai untuk Anda menikmati dessert yang dingin dan lezat namun rendah kalori dan lemak. Cobalah membuat hidangan penutup khas Perancis versi sederhana ini.

Bahan-bahan:

  • 250 gram strawberry segar
  • 3 sendok makan gula pasir
  • 8 sendok makan yogurt plain, bisa menggunakan varian rasa lainnya
  • 5 buah strawberry, potong sesuai selera
  • 1 mangkuk kecil melon dipotong dadu
  • 1 mangkuk kecil mangga arumanis, potong dadu
  • 5 buah anggur, buang bijinya dan belah menjadi 4 bagian
  • Granola secukupnya 

Cara membuat:

  1. Masaklah stroberi dan gula pasir dalam panci dengan api sedang sambil aduk hingga stroberi empuk dan gula larut. 
  2. Hancurkan stroberi dengan punggung sendok dan masak sampai kental. 
  3. Angkat dan biarkan hingga benar-benar dingin. 
  4. Siapkan gelas saji dua buah. Isikan masing masing 2 sendok makan yogurt, 2 sendok makan stroberi rebus, kemudian potongan buah. 
  5. Ulangi lagi langkah sebelumnya hingga potongan buah ada di lapisan teratas. 
  6. Masukkan ke dalam kulkas dan biarkan dingin. 
  7. Taburkan granola di atas parfait sebelum disantap. Resep parfait ini untuk dua porsi.

Meski makanan ini merupakan menu sehat, namun perhatikan beberapa hal sebelum membelinya. Periksa kandungan gula dan kalori di dalamnya. Anda juga tidak disarankan mengonsumsi granola secara berlebihan. 

Baca juga: 20 Kebiasaan Unik Cara Makan Orang Indonesia yang Tak Dilakukan di Negara Lain

Ini dikarenakan makanan ini tetap saja mengandung gula dan kalori yang bisa menaikkan berat badan jika dikonsumsi terlalu banyak. Pilih juga topping yang sehat seperti buah segar. Hindari topping dari susu tinggi lemak atau cokelat dengan kadar gula tinggi.

Setelah mengetahui cara makan granola yang sehat, cobalah ganti menu sarapan Anda dengan sajian lezat dan bernutrisi ini. Jika artikel Njajan.com ini bermanfaat untuk Anda, silakan klik like dan share. Terima kasih.


3 Cara Makan Granola yang Enak dan Menyehatkan 3 Cara Makan Granola yang Enak dan Menyehatkan Reviewed by Njajan on April 30, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.