9 Kuliner Khas Singapura yang Muncul dalam Film Crazy Rich Asians

kuliner-khas-singapura

Njajan.com - Film Crazy Rich Asians yang dibintangi oleh aktor Malaysia Henry Golding ini sedang mendapat sorotan. Setelah berada di puncak box office selama beberapa minggu, akhirnya tayang di Indonesia mulai 11 September lalu. Menggambarkan keseharian orang-orang kaya di Negeri Singa, film ini juga menyoroti tentang makanan setempat dalam beberapa potong adegan. Inilah beberapa kuliner khas Singapura yang dapat Anda temukan ketika menonton Crazy Rich Asians.

Baca juga: Ingin Mengenal Lebih Banyak Makanan Nusantara? Hadiri 5 Festival Kuliner Indonesia Tahunan Ini


1. Sate

Dalam sebuah adegan di film ini, Rachel Chu dan Nick Young menyantap sate bersama pasangan yang akan segera melangsungkan pernikahan, Colin Khoo dan Arainta Lee. Tak hanya di Indonesia dan Malaysia, ternyata sate juga populer di Singapura. Berbeda dengan orang Indonesia yang menyukai sate ayam dan kambing, mereka lebih gemar menyantap sate sapi dengan saus kacang atau bumbu dengan rasa manis pedas.


2. Char Kway Teow

kuliner-khas-singapura
Char Kway Teow (uncrambled.sg)
Char Kway Teow yang juga merupakan makanan khas Malaysia, hampir serupa dengan kwetiau goreng di Indonesia. Bedanya, kwetiau mereka berbentuk lebar seperti pita, ditumis bersama telur, taoge, udang, cumi-cumi, dan kerang. Kemudian ditambahkan saus tiram dan kecap asin. Kuliner khas Singapura ini biasa disantap ketika santai sebagai makan malam.


3. Dumpling

Tradisi membuat dumpling ditampilkan dalam film berdurasi 121 menit ini. Adegan tersebut dilakukan oleh Rachel Chu bersama keluarga Nick. Dumpling berbentuk seperti pangsit yang diisi dengan daging dan sayur, kemudian dikukus sebelum disantap.


4. Oyster Omelette

Kuliner khas Singapura dari bahan utama tiram dan telur ini disajikan bersama acar mentimun dan saus yang rasanya manis dan asin. Meski menggunakan tiram, rasanya tidak amis karena tiram yang digunakan dalam kondisi segar.


5. Rojak

Rojak diceritakan sebagai kudapan yang dapat membangkitkan semangat di dalam film ini. Rojak ala Singapura terdiri dari campuran sayur, buah, tahu, dan cakwe yang dilumuri dengan bumbu bercita rasa gurih dari pasta udang, saus tiram, dan bawang.


6. Hokkien Mee

Makanan yang populer di Singapura dan Malaysia ini berasal dari Hokkien, Tiongkok Selatan. Umumnya hidangan ini terdiri dari mi telur dan bihun yang ditumis bersama telur, udang, cumi-cumi, sayuran, irisan daging babi, lemak babi, saus sambal, dan jeruk nipis. Semua bahan tersebut disiram dengan kuah kaldu gurih. Ada juga versi lain tanpa babi yaitu menggunakan udang dan gurita sebagai isinya.


7. Nasi Ayam Hainan

kuliner-khas-singapura
Nasi Ayam Hainan (sajionline.com)

Nasi Ayam Hainan disebut-sebut sebagai hidangan nasional-nya Singapura, meski diadaptasi dari masakan imigran Tiongkok dari Pulau Hainan. Hidangan nasi ayam ini terdiri dari nasi yang dimasak dengan kaldu ayam, daging ayam yang diolah dengan bumbu bawang, dan taburan bawang goreng. Salah satu tempat yang menyajikan menu ini yaitu kedai makan Ah Gong di daerah Scott's Road, yang memperoleh bintang dua Michelin.

Baca juga: 5 Kuliner Khas Indonesia yang Menjadi Menu Makanan Atlet Asian Games 2018


8. Kepiting Lada Putih

Film Crazy Rich Asians menyoroti menu kepiting lada putih di restoran No Signboard Seafood yang diciptakan oleh Madam Ong Kim Hoi. Hidangan ini berupa kepiting segar yang cukup besar dimasak dengan bumbu lada dan kuah kental dari campuran tepung jagung. Restoran ini juga memiliki sajian favorit lain yaitu ikan kukus Hokkian dan chili crab.


9. Kueh Nyonya

Kueh nyonya merupakan kue tradisional khas Singapura dibuat oleh masyarakat peranakan, hasil akulturasi budaya Cina dan Melayu. Makanan ini kerap disajikan sebagai teman minum teh di sore hari oleh kalangan kelas atas di Singapura dan Malaysia. Kue yang termasuk di dalamnya antara lain kue kelapa, kue lapis, dan sarang semut. Dalam film Crazy Rich Asians, kueh nyonya beberapa kali ditampilkan ketika pesta mewah dan resepsi pernikahan.

Ternyata cukup banyak kuliner khas Singapura yang diperlihatkan dalam film Crazy Rich Asians. Cukup untuk referensi Anda ketika berkunjung ke negara yang terkenal dengan Merlion-nya itu. Jika artikel Njajan.com ini bermanfaat, silakan klik like dan share. Terima kasih.



9 Kuliner Khas Singapura yang Muncul dalam Film Crazy Rich Asians 9 Kuliner Khas Singapura yang Muncul dalam Film Crazy Rich Asians Reviewed by Admin on September 16, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.