10 Masakan Ayam Indonesia dari Sumatera Hingga Papua yang Menggoda Selera

masakan-ayam-Indonesia

Njajan.com - Bumbu dan rempah khas Nusantara memang terbukti memberikan rasa yang lezat pada makanan. Ditambah dengan kreativitas masyarakat lokal, masakan ayam Indonesia menjadi sangat kaya dan beragam. Ayam tidak hanya digoreng atau dibakar begitu saja, namun diolah dengan cita rasa dan selera yang mencerminkan kekayaan budaya. 

Apa saja inovasi masakan ayam dari daerah-daerah di Indonesia? Ini dia 10 masakan ayam Indonesia dari Sumatera hingga Papua.

Baca juga: Ingin Mengenal Lebih Banyak Makanan Nusantara? Hadiri 5 Festival Kuliner Indonesia Tahunan Ini


1. Ayam Singgang

Ayam Singgang berasal dari Sumatera Barat, sebagaimana rendang. Olahan ayam ini memiliki cita rasa pedas dan dimasak dengan bumbu rempah yang banyak. Untuk menghasilkan Ayam Singgang, ada dua proses yang harus dilakukan. Pertama, ayam direbus hingga bumbunya meresap. Selanjutnya, ayam dibakar di atas bara api. Makanan ini biasa disajikan ketika ada acara-acara besar seperti resepsi pernikahan dan menyambut tamu penting.


2. Ayam Goreng Kalasan

Tampilan Ayam Goreng Kalasan barangkali hampir serupa dengan olahan ayam goreng yang lain. Tetapi, bumbu yang digunakan untuk masakan yang berasal dari Kalasan, Sleman, Yogyakarta ini adalah bumbu spesial. Rasa ayam goreng ini sangat lezat karena dibumbui dengan serai dan lengkuas di dalamnya.


3. Ayam Penyet

Masakan ayam Indonesia dari Jawa Timur ini sudah dapat ditemukan dengan mudah di mana-mana, bahkan hingga ke luar negeri. Yang istimewa dari olahan ayam goreng ini yaitu cara penyajiannya dengan cara dipenyet atau ditekan terlebih dahulu sebelum dihidangkan. Ayam Penyet umumnya disajikan dengan cobek bersama sambal dan lalapan.


4. Ayam Betutu

Beralih ke Pulau Bali, ternyata pulau ini menyimpan kuliner ayam istimewa dengan rasa pedas. Ayam Betutu namanya, ayam ini disajikan dalam bentuk utuh dengan bumbu pedas setelah dipanggang dengan api dari sekam. Wangi dan rasanya benar-benar menggoda selera.

Baca juga: 3 Resep Masakan Bali dengan 3 Bumbu Khas Bali

5. Ayam Taliwang

masakan-ayam-Indonesia
Ayam Taliwang (travelingyuk.com)
Ayam Taliwang berasal dari Lombok, Nusa Tenggara Barat. Masakan ayam ini juga berbumbu cabai yang melimpah, sangat cocok bagi Anda yang menyukai pedas.


6. Ayam Cincane

Ayam Cincane adalah kuliner lokal khas Samarinda, Kalimantan Timur. Bahan dasar masakan ini yaitu daging ayam kampung. Ayam yang sudah dibumbui digoreng, kemudian disiram santan, dan dibiarkan hingga kering dan meresap. Disajikan bersama sambal tomat dan perasan jeruk nipis, rasanya sangat nikmat disantap dengan nasi.


7. Ayam Masak Habang

Masakan ayam Indonesia yang lain dari Kalimantan yaitu Ayam Masak Habang. Masakan ini sangat mudah didapati di Kota Banjarmasin. Tidak hanya ayam, Masak Habang juga dapat diisi dengan daging sapi, telur ayam atau itik, dan jeroan ayam. Rasa masakan ini dominan manis dengan aroma khas dan tampilan merah merona yang menarik.


8. Ayam Paniki

Ayam Paniki (youtube.com)
Jika berkunjung ke Manado, Sulawesi Utara, jangan lewatkan kuliner Ayam Paniki khas daerah tersebut. Paniki sebetulnya merupakan olahan kelelawar, yang dalam bahasa setempat disebut paniki. Namun, karena terlalu ekstrem, kelelawar pun diganti dengan daging lain, seperti ayam. Bentuk hidangan ini berupa ayam berkuah santan dengan rasa pedas dan gurih.


9. Ayam Gagape Makassar

Dari Sulawesi Selatan, ada Ayam Gagape, masakan ayam yang mirip dengan opor kuning berbahan dasar ayam kampung jantan. Ayam Gagape yang sudah matang, biasanya disantap bersama ubi dan singkong rebus.


10. Ayam Baboto

Ayam Boboto sebenarnya adalah masakan dari daerah Ternate. Namun, di Papua juga dijumpai masakan ayam Indonesia yang bentuknya mirip dengan pepes ayam ini. Bedanya, kacang kenari ditambahkan ke dalam ayam yang akan dikukus setelah dibungkus daun pisang.

Itulah aneka masakan ayam Indonesia yang dapat Anda cicipi ketika berkunjung ke daerah-daerah tersebut. Namun, jika belum berkesempatan, boleh juga mencoba memasaknya sendiri. Jika artikel Njajan.com ini bermanfaat, silakan klik like dan share. Terima kasih.



10 Masakan Ayam Indonesia dari Sumatera Hingga Papua yang Menggoda Selera 10 Masakan Ayam Indonesia dari Sumatera Hingga Papua yang Menggoda Selera Reviewed by Admin on September 07, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.