Ide Rice Bowl untuk Menu Sarapan Hingga Makan Malam di Rumah

rice-bowl

Njajan.com - Rice bowl merupakan salah satu sajian ala Jepang yang berisi nasi dengan berbagai lauk daging seperti teriyaki, tempura, dan katsu. Saat ini rice bowl sudah dimodifikasi dan mudah ditemukan di kafe-kafe kekinian, food truck, hingga hotel berbintang. 

Tren makanan berisi karbohidrat, sayur, dan lauk ini bertahan cukup lama. Variasinya mulai dari menu di restoran hingga kemasan mangkuk kertas yang dapat dibawa ke mana-mana. Nah, apakah makanan termasuk hidangan sehat atau tidak? Simak penjelasannya, beserta ide rice bowl yang dapat dibuat sendiri di rumah.

Baca juga: Aneka Resep Olahan Kulit Ayam yang Lezat dan Menggugah Selera


Nutrisi dalam Seporsi Rice Bowl

Menurut Head of Health Committee Nutrifood, Mochamad Aldis Ruslialdi, SKM, CNWC sebagaimana dilansir oleh Kompas (11/7), semangkuk nasi yang dihiasi sayuran segar sangat baik untuk dikonsumsi. Akan tetapi, rice bowl dengan tambahan mentega, telur asin, dan daging, kurang baik dari segi nutrisi. Idealnya, setiap porsi makanan mengandung nilai gizi seimbang.

Pedoman mudah untuk menyajikan seporsi menu dengan gizi seimbang yaitu nasi seperempat piring, lauk seperempat, dan sisanya sayur dan buah-buahan. Sehingga rice bowl yang berisi nasi dan satu jenis lauk saja belum memenuhi kriteria gizi seimbang. Beberapa menu rice bowl memang mengandung sayuran semisal potongan tomat, mentimun, dan selada. Namun, porsinya masih dihitung terlalu kecil dan tidak mencukupi. Solusinya, selain makan rice bowl sebagai santapan makan siang Anda, konsumsi juga sayuran dan buah-buahan sebagai pelengkap nutrisi.


Ide Rice Bowl untuk Dimasak di Rumah


Bosan dengan menu makan yang itu-itu saja, Anda bisa mencoba membuat rice bowl sendiri. Inilah beberapa ide rice bowl yang dapat dicoba di dapur Anda.


1. Asian Chicken Rice Bowl 



rice-bowl
Asian Chicken Rice Bowl (vemale.com)
Membuat rice bowl ini hanya memakan waktu kurang lebih 20 menit saja. Masak daging ayam cincang dengan minyak wijen, kecap manis, kecap hoisin, bawang Bombay, dan saus sambal. Kemudian tata nasi putih, letakkan masakan ayam, lalu hiasi dengan taburan wijen dan irisan daun bawang.


2. Rice Bowl Ayam Lada Garam


Rice bowl Ayam Lada garam berisi nasi, daging ayam tanpa tulang, scramble egg, dan tumis sayur kailan. Nutrisi rice bowl ini cukup lengkap karena ada sayur dan dua jenis lauk, sesuai untuk Anda yang menyukai makanan pedas.


3. Taiwanese Rice Bowl


Rice bowl ala Taiwan ini enak disantap sebagai makan malam. Ayam tanpa tulang dimasak bersama jamur hioko dengan bumbu oriental menjadi lauk utama. Ditambah telur rebus, irisan mentimun, dan daun ketumbar serta daun bawang segar sebagai pelengkap, rasanya sungguh nikmat.


4. Chicken Egg Rice Bowl


rice-bowl
Chicken Egg Rice Bowl (pinterest.com)
Menu rice bowl ini sangat praktis, cukup tumis daging ayam dengan bumbu bawang putih, merica, garam, dan kecap asin bersama baby spinach, wortel, dan telur sebagai lauk. Sajikan nasi putih di dasar mangkuk dan topping ayam tumis telur di atasnya.

5. Rice Bowl Sausage Egg Onion


Rice bowl satu ini paling cocok dinikmati sebagai sarapan. Bentuknya seperti nasi tim, jadi Anda memasak nasi sekaligus lauk. Cara mengolahnya, tumis bawang Bombay, bawang putih, dan jahe dengan sedikit minyak atau margarin. Lalu masukkan beras, merica, garam, gula, dan kaldu ayam. Tambahkan sosis, bayam, dan wortel, setelah kaldu meresap, angkat dan masukkan ke dalam mangkuk. Kukus selama 20 menit hingga matang, tuangkan telur kocok di atasnya, lalu kukus kembali selama 10 menit.

Baca juga:  10 Resep Masakan Cumi Basah Sederhana yang Baik Untuk Perkembangan Anak

Nah, itulah sedikit informasi tentang nutrisi rice bowl dan ide rice bowl lezat untuk Anda. Menu praktis ini dapat menjadi solusi bekal ke sekolah, kampus, atau tempat kerja yang enak, hemat, dan bikin kenyang. Jika artikel Njajan.com ini bermanfaat, silakan klik like dan share. Terima kasih.



Ide Rice Bowl untuk Menu Sarapan Hingga Makan Malam di Rumah Ide Rice Bowl untuk Menu Sarapan Hingga Makan Malam di Rumah Reviewed by Admin on September 20, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.