Membuat Saus Telur Asin Creamy untuk Citarasa Makanan yang Lebih Lezat dan Unik

saus-telur-asin

Njajan.com - Rasa asin dan gurih dari telur asin kini menjadi tren dalam dunia kuliner. Berbagai jenis makanan diberikan sensasi rasa berbeda dengan tambahan saus telur asin. Mulai restoran, kafe, hingga penjual kudapan di pinggir jalan pun berlomba-lomba menghadirkan varian rasa telur asin untuk produk mereka. Saus telur asin instan sendiri sudah beredar di toko-toko dan lapak jualan online.

Baca juga: Panduan Lengkap Cara Membuat Telur Asin yang Berkualitas dan Bervariasi


Mengapa Saus Telur Asin Populer di Indonesia?  

Telur asin sudah lama populer di Indonesia sebagai makanan tradisional. Beberapa menu kuliner seperti rawon menggunakan telur asin sebagai lauk pelengkap. Namun, telur asin dalam bentuk asli tak terlalu banyak peminat. Setelah munculnya inovasi saus telur asin, makanan ini kembali menjadi primadona.

Menurut Sisca Soewitomo, sebagaimana dilansir dari CNN (2/3), popularitas telur asin saat ini tak lepas dari inovasi mencampurkannya ke dalam aneka lauk dan panganan. Senada dengan Sisca, Chef Ragil menambahkan, inovasi implementasi rasa telur asin didukung oleh harganya yang relatif murah. Inovasi ini kemudian mendorong pengusaha kuliner berkreasi menciptakan aneka hidangan dengan rasa telur asin, seperti ayam goreng, seafood, kulit ikan, dan keripik.

Di samping rasanya yang sudah tidak asing di lidah, saus telur asin membuat rasa makanan menjadi lebih unik. Dengan saus ini, makanan akan menjadi lebih gurih dan sedikit asin.


Cara Membuat Saus Telur Asin

saus-telur-asin
Saus Telur Asin Creamy (Vemalie.com)
Meski saus telur asin sudah banyak dijual dalam bentuk kemasan siap pakai, tidak rugi jika Anda membuatnya sendiri. Selain lebih hemat, membuat saus sendiri akan menghasilkan kepuasan tersendiri. Inilah cara membuat saus telur asin yang enak dan creamy, dikutip dari Vemale.

Bahan-Bahan:
  • 4 kuning telur asin, dilumatkan
  • 2 sdm susu full cream
  • 2 siung bawang putih, digeprek lalu diiris lembut
  • 1 sdm mentega
  • 5 lembar daun kari (daun salam koja)
  • 1/2 sdt garam
  • 1 sdt lada
  • 1/2 sdt kaldu bubuk
  • Air secukupnya
Cara Membuat:
  1. Tumis bawang putih dengan mentega hingga harum. Masukkan daun kari untuk menghilangkan bau amis, tambahkan garam, lada, dan kaldu bubuk. Aduk rata.
  2. Setelah tumisan harum, masukkan kuning telur asin yang sudah dilumatkan. Masak dengan api kecil sambil diaduk terus hingga berbusa.
  3. Tuangkan susu full cream untuk menjadikan teksturnya lembut dan berkrim, aduk rata. Anda dapat menyesuaikan sendiri kekentalannya. Jika ingin lebih berkrim, tambahkan susu, tetapi jika terlalu kental tambahkan sedikit air sambil terus diaduk.
Setelah kekentalan sesuai selera Anda, matikan api dan angkat. Saus telur asin pun siap disajikan atau disimpan untuk memasak di lain waktu.


Aneka Makanan yang Dapat Dipadukan dengan Saus Telur Asin

saus-telur-asin
Pasta Saus Telur Asin (bakingfoodie.com)
Saus telur asin yang sudah dibuat, dapat dijadikan topping, isian, cocolan, atau penambah rasa berbagai makanan. Biasanya saus ditambahkan resep ayam saus telur asin, di beberapa kafe kekinian. Namun, sebenarnya ada banyak olahan yang bisa dipadukan dengan saus lezat ini. Berikut beberapa contoh yang bisa Anda coba.

1. Pasta
Tak hanya nasi dan mi instan yang nikmat disajikan dengan potongan ayam goreng bersaus telur asin. Aneka pasta pun dapat diolah dengan tambahan saus ini. Tekstur dan rasanya lebih ringan dari saus keju atau krim yang umumnya digunakan.

2. Kentang Goreng dan Wedges
Kentang goreng dan wedges di restoran cepat saji biasanya disajikan dengan saus sambal, saus tomat, atau lelehan keju. Diganti dengan saus telur asin dan taburan daun bawang ternyata rasanya tidak kalah nikmat.

3. Sushi Roll 
Maki roll biasanya disajikan dengan berbagai saus untuk citarasa fusion, seperti saus teriyaki, saus lemon, thousand island, dan mayones. Untuk menjadikannya bercitarasa ala Indonesia, Anda dapat menggantikan saus tersebut dengan saus telur asin.

4. Roti Prata 
Prata atau yang biasa disebut roti maryam dapat diisi dengan saus dari telur asin. Rasanya menjadi sangat unik, seperti molten cake.

5. Curry Puff 
Curry puff berbentuk mirip pastel dengan isian ragout kentang atau ikan sarden. Rasanya akan menjadi lebih gurih jika ditambahkan bumbu saus rasa telur asin.

6. Es Krim 
Es krim umumnya dipadukan dengan saus cokelat, vanila, atau rasa buah-buahan. Cukup aneh jika diberi topping rasa telur asin. Tetapi varian rasa ini terbukti enak dan mempunyai keunikan, seperti yang ditawarkan oleh Tom's Palette.

7. Egg Tart
Egg tart yang manis dan berkrim akan semakin lezat dan menggoda dengan isi saus telur asin yang meleleh. 

Baca juga: Ingin Gorengan yang Tidak Biasa? Coba Resep Gorengan Ala Jepang

Setelah mengetahui cara membuat saus telur asin yang enak dan creamy, saatnya Anda mencoba dan menggabungkan dengan aneka makanan seperti di atas. Dijamin rasanya akan membuat ketagihan. Jika artikel Njajan.com ini bermanfaat, silakan klik like dan share. Terima kasih. 



Membuat Saus Telur Asin Creamy untuk Citarasa Makanan yang Lebih Lezat dan Unik Membuat Saus Telur Asin Creamy untuk Citarasa Makanan yang Lebih Lezat dan Unik Reviewed by Admin on September 21, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.