15 Makanan Timur Tengah yang Dikenal di Indonesia

makanan-timur-tengah

Njajan.com - Karena pengaruh globalisasi, makanan khas dari berbagai negara kini dapat ditemukan di Indonesia. Tanpa harus pergi ke negara asalnya, Anda bisa menikmati ragam kuliner tersebut. Salah satu makanan yang populer di Indonesia yaitu makanan Timur Tengah, karena terjamin halal dan rasanya cocok dengan lidah masyarakat. Setidaknya ada 15 jenis makanan Arab yang populer di Indonesia.

Baca juga: 10 Masakan Ayam Indonesia dari Sumatera Hingga Papua yang Menggoda Selera

1. Kebab

Kebab berasal dari Turki, namun lebih dikenal sebagai makanan Timur Tengah. Hidangan ini tak hanya tersaji di restoran saja, tetapi juga dijajakan dengan gerobak di pinggir jalan. Makanan ini berupa roti tortilla yang diisi daging kambing atau sapi panggang, sayuran, dan saus, kemudian dipanggang.

2. Nasi Biryani

makanan-timur-tengah
Nasi Biryani (eatbox.sg)
Nasi biryani yang berasal dari Persia ini berwarna kuning kecokelatan dan tidak terlalu pekat, dengan aroma rempah-rempahnya bumbu biryani begitu kuat. Ciri khas nasi biryani yaitu menggunakan beras basmati dari India yang butirannya kecil dan panjang.

3. Nasi Kebuli

Nasi bercita rasa gurih ini dimasak dengan rempah-rempah, kaldu, dan susu kambing. Nasi kebuli disajikan bersama lauk pelengkap daging kambing, ayam, atau sapi, dilengkapi dengan acar, kismis, dan sambal.

4. Nasi Mandhi

Nasi mandhi berwarna putih, rasanya gurih dengan aroma rempah lebih ringan. Seperti nasi biryani, taburan kismis, kurma, dan sayuran dapat ditambahkan. Sebagai lauk, bisa memilih daging ayam atau kambing.     

5. Roti maryam

Makanan Arab ini dibuat dari terigu, telur, dan mentega, hampir serupa dengan roti canai. Cara penyajiannya, roti maryam bisa disantap dengan saus dan mayones, kuah kari, atau selai kacang.

6.  Kofta

makanan-timur-tengah
Kofta (bbc.com)
Kofta berupa bola-bola atau perkedel daging sapi, kambing, atau domba. Makanan ini umumnya disajikan bersama kentang goreng, salad, atau nasi layaknya steak pada masakan barat.

7. Samosa

Samosa merupakan makanan Timur Tengah yang bentuknya seperti martabak mini berbentuk segitiga. Kulitnya dibuat dari tepung terigu, diisi daging kambing, sapi atau ayam. Dapat juga diisi sayuran seperti kentang dan kacang polong.

8. Shawarma

Makanan ringan khas Arab ini merupakan roti pita yang digulung dan diisi daging kambing atau sapi, tomat, mentimun, selada, dan bawang Bombay.

9. Tabouleh

Berbeda dari makanan Timur Tengah kebanyakan yang berbahan dasar daging, tabouleh dibuat dari sayur-sayuran yang dimasak dengan rempah khas Arab.

10.  Maraq 

Maraq pada dasarnya adalah sop kambing. Bedanya dengan sop kambing di Indonesia, sop kambing ini tidak menggunakan santan dan warna kuahnya kekuningan.

11. Manakeesh

Jika Italia memiliki pizza, Arab pula mempunyai manakeesh. Bahan rotinya sama dengan pizza, juga diberikan topping berupa daging cincang dan keju dengan cita rasa khas Timur Tengah.

Baca juga: Mengenal 5 Jenis Bubur Makanan Khas Bulan Muharram dari Berbagai Daerah

12.  Hummus

Hummus merupakan appetizer khas Arab yang bentuknya seperti bubur atau selai. Makanan ini dibuat dari kacang Arab dan wijen yang digiling, minyak zaitun, air lemon, garam, dan bawang putih dengan topping daging kambing cincang. Sebagai hidangan pembuka, hummus disantap bersama roti Arab yang disebut khubus yang dicocolkan ke dalamnya.

13. Falafel

Bentuknya mirip dengan perkedel, dengan citarasa pedas. Falafel diolah dari kacang faca, sejenis buncis dan rempah-rempah. Makanan yang berasal dari Yordania ini umumnya dinikmati bersama acar, salad, saus, atau disantap bersama roti pita.

14. Baklava

Baklava mirip dengan bolen pisang di Indonesia. Roti manis yang berasal dari Turki ini berupa roti lapis dengan isi potongan kacang walnut atau pistachio, disajikan bersama sirup atau madu.

15. Katayef

Katayef merupakan kue khas Timur Tengah yang dibuat dari tepung terigu diisi dengan kacang kenari dan gula. Kue yang disantap sebagai makanan pembuka atau pencuci mulut ini dapat disantap dengan sirup madu. Katayef memiliki beberapa varian rasa seperti kurma, kismis, keju, dan custard susu.

Dari deretan makanan Timur Tengah di atas, sudahkah Anda mencicipi beberapa di antaranya? Sesekali Anda perlu mencoba sensasi nikmatnya masakan dengan aroma rempah khas Arab yang menggugah selera. Jika artikel Njajan.com ini bermanfaat, silakan klik like dan share. Terima kasih.



15 Makanan Timur Tengah yang Dikenal di Indonesia 15 Makanan Timur Tengah yang Dikenal di Indonesia Reviewed by Admin on September 19, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.