Tak Hanya Jago di Lapangan, Inilah 5 Usaha Kuliner Atlet Indonesia yang Cukup Sukses

usaha-kuliner-atlet

Njajan.com - Menjadi atlet bukanlah profesi yang dapat bertahan lama. Semakin meningkat usia, kemampuan fisik akan menurun. Menyadari hal ini, beberapa atlet memutuskan menceburi bisnis baik ketika masih berkarier maupun setelah pensiun. Berikut ini beberapa usaha kuliner atlet Indonesia yang lumayan maju, sebaris dengan bisnis kuliner yang dirintis para selebriti.

Baca juga: Pengusaha Kuliner Sukses di Balik Maicih, Omzetnya Rp 7 Miliar


1. Rasa Sambel Hejo Cipaganti - Tony Sucipto


Rumah makan yang berlokasi di Jalan Sukimin, Kota Bandung ini dirintis oleh pesepakbola Tony Sucipto. Pemain Persib Bandung ini menilai usaha kuliner sangat potensial di Kota Kembang. 

Tony membangun rumah makan yang menghidangkan menu Sunda itu pada tahun 2015 lalu, bertepatan dengan turunnya sanksi pembekuan kompetisi dari FIFA terhadap Indonesia. Memanfaatkan waktu luang, usaha kuliner atlet asal Surabaya ini pun akhirnya mulai dijalankan.


2. Teri Medan Balado Jonter - Dian Permana Sari


Sebelum terjun ke usaha kuliner atlet kelahiran Bogor ini merupakan pemain bola basket yang aktif di tahun 2005 - 2012. Saat itu dirinya sempat bergabung dengan Mahaputri Britama dan Tomang Sakti. Bisnis yang digelutinya berawal dari kebiasaan membawa bekal berupa teri medan balado yang dimasak sang ibu. Tak disangka, teman-teman sesama atlet yang mencicipinya memberikan respons menggembirakan. 

Maka sejak tahun 2012, Dian mulai mempromosikan teri medan balado dengan merek dagang Jonter melalui media sosial dan teman-teman. Saat ini, produknya telah dikirim ke seluruh Indonesia dan berbagai negara di Asia, Eropa, dan Amerika. 


3. Warung Teduh - Samuel Rizal


usaha-kuliner-atlet
Warung Teduh (pergikuliner.com)
Samuel Rizal memang lebih populer setelah menjadi aktor daripada ketika menjadi atlet. Pria yang namanya melejit sejak membintangi Eiffel I'm In Love pada tahun 2004 ini pernah menjadi pemain basket profesional bersama Satria Muda.

Di samping kesibukan sebagai aktor dan model, ternyata Sammy juga memiliki usaha kuliner yang dijalankan bersama teman-teman pebasket. Usaha kuliner atlet yang dinamai Warung Teduh tersebut mengusung konsep tempat nongkrong anak muda. Menu yang disajikan di kedua outletnya di Tangerang Selatan dan Singkawang juga merupakan menu khas tongkrongan seperti pisang bakar dan roti bakar.


4. Pempek Palembang Awan - Fran Kurniawan


Fran Kurniawan dikenal sebagai pemain bulu tangkis yang pernah dipasangkan dengan Pia Zebadiah sebagai ganda campuran. Meski lama vakum, Fran belum menyatakan pensiun. Kini Fran sedang fokus melanjutkan usaha ibunya berjualan pempek bersama sang istri. Atlet yang pernah bergabung dengan PB Djarum ini mantap meneruskan Pempek Awan karena tidak ingin kepemilikannya jatuh ke tangan orang lain. Pempek Palembang Awan bisa didapati di Cengkareng dan Serpong, Jawa Barat.

Baca juga: 5 Kuliner Khas Indonesia yang Menjadi Menu Makanan Atlet Asian Games 2018


5. Nasi Goreng Kambing Sigombing - Galank Gunawan


Nasi Goreng Kambing Sigombing (yukepo.com)
Usaha kuliner atlet yang pernah membela Satria Muda dan Garuda Bandung ini masih cukup baru. Didirikan pada bulan Desember 2016 di Bendungan Hilir, Jakarta Pusat, warungnya menyajikan menu utama nasi goreng kambing.

Memilih nasi goreng bukan tanpa alasan, Galank yang berasal dari Yogyakarta mengaku menyukai kuliner ini sejak berstatus mahasiswa Universitas Islam Indonesia angkatan 2005. Setelah pindah ke Jakarta untuk bergabung dengan Satria Muda, Galank sering merasakan kerinduan kepada nasi goreng Sigombing.

Lantas, Galank melakukan pendekatan kepada pemilik Sigombing untuk membuka cabang di Jakarta. Sempat ditolak, akhirnya usaha meyakinkan pemilik warung di daerah Seturan itu pun berhasil tiga tahun kemudian. Setelah berhasil mendapatkan lisensi, Galank mencari lokasi untuk membuaka Nasi Goreng Kambing Sigombing dan mendatangkan koki dari Magelang. Dengan biang yang didapat dari kedai Sigombing di Seturan, Yogyakarta, rasanya pun menjadi sama persis.

Nah, itulah usaha kuliner atlet dan mantan atlet Indonesia yang mendapat sambutan sangat baik dari para pecinta kuliner. Apakah Anda tertarik mengikuti jejak mereka? Jika artikel Njajan.com ini menginspirasi Anda, silakan klik like dan share. Terima kasih.



Tak Hanya Jago di Lapangan, Inilah 5 Usaha Kuliner Atlet Indonesia yang Cukup Sukses Tak Hanya Jago di Lapangan, Inilah 5 Usaha Kuliner Atlet Indonesia yang Cukup Sukses Reviewed by Admin on September 01, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.