8 Tips Memasak untuk Pemula agar Disukai Keluarga di Rumah

Tips Memasak untuk Pemula (rawpixel.com)

Njajan.com - Banyak orang merasa bahwa kegiatan memasak itu repot dan ribet. Padahal memasak tidak hanya soal mengolah bahan makanan menjadi hidangan siap santap, melainkan dapat menjadi sarana mempererat hubungan dengan pasangan dan keluarga. Nah, sebagai langkah awal, Anda dapat melakukan tips memasak untuk pemula berikut.

Baca juga: Tips Membuat Tempe Goreng Renyah, Gurih, dan Garing untuk Lauk dan Camilan

1. Jangan Takut Memulai


Ketakutan dan kemalasan untuk memulai memasak memang menjadi penghambat terbesar bagi pemula yang ingin berkutat di dapur. Takut masakan tidak enak, gosong, dan tidak matang, takut terpercik minyak, atau takut terluka ketika menggunakan pisau adalah beberapa ketakutan yang perlu diatasi. 

Paksakan diri untuk mulai memasak dengan mengikuti resep. Jangan menyerah jika hasilnya terlalu asin atau manis, teruslah mencoba hingga berhasil mendapatkan rasa yang pas.

2. Amati Cara Orang Lain Memasak


Ketika ibu, kakak, nenek, atau teman yang pandai memasak sedang beraksi di dapur, perhatikan bagaimana mereka meracik bumbu, menyiapkan bahan, hingga proses mengolah selesai. 

Tawarkan diri untuk membantu dan meminta arahan untuk melakukan sesuatu. Anda juga perlu bertanya tentang hal-hal yang ingin diketahui dari proses memasak. Setelah mengamati dan mencoba, saatnya praktikkan sendiri dan lihat bagaimana hasilnya.

3. Tonton Acara Memasak


Saat ini tontonan demo memasak tidak hanya di televisi. Anda dapat mengakses YouTube dan memilih video tutorial masak yang paling mudah dan paling sesuai dengan selera. 

Ketika menonton, catat bahan-bahan, cara memasak, dan tips penting yang disampaikan chef. Selesai menonton, langsung saja ikuti cara memasak mereka di dapur Anda.

4. Mulai dari Menu Sederhana


Tips memasak untuk pemula yang paling mudah adalah memasak menu dari resep yang sederhana. Belajar memasak tidak perlu langsung ke resep-resep rumit yang butuh bermacam-macam teknik. 

Ketika awal belajar, cukup memasak yang simpel seperti sayur sop, telur rebus, dan tempe goreng. Meski terlihat sepele, ilmu dasar seperti menggoreng dan merebus sangat penting sebelum mengeksekusi resep yang lebih sulit.

5. Siapkan Bahan dan Alat yang Diperlukan


Setelah mendapatkan resep yang akan dipraktikkan, sediakan bahan dan peralatan yang diperlukan. Ketahui bagaimana cara mengolah bahan, sehingga Anda bisa menentukan alat yang tepat apakah wajan, panci, atau teflon untuk mematangkan makanan. Letakkan peralatan di tempat yang mudah dijangkau supaya mempercepat proses memasak.

6. Jangan Lupa Cicipi Masakan


Ketika memasak, jangan lupa untuk mencicipinya. Hal ini kadang terlewatkan karena merasa cukup menggunakan perasaan. Tetapi bagi pemula, sebaiknya mencicipi agar rasa dapat diperbaiki sebelum selesai diolah dan dihidangkan.

7. Gunakan Bahan-bahan Segar


Untuk menghasilkan masakan lezat sebenarnya tidak sulit. Asalkan tersedia bahan-bahan berkualitas dan mengetahui formulanya. Masakan lezat tak hanya dihasilkan dari keterampilan dan bumbu yang melimpah, tetapi juga penggunaan bahan-bahan segar baik sayuran ataupun daging.

8. Jadikan Memasak Sebagai Aktivitas Menyenangkan


Agar Anda tidak terbebani dengan kegiatan memasak, jadikan aktivitas tersebut menyenangkan. Misalnya, atur dapur sesuai keinginan Anda, termasuk warna cat dinding dan tata letak peralatan memasak. 

Berikan tantangan kepada diri sendiri untuk melakukan misi memasak suatu resep. Anda juga dapat meminta pasangan, anak, atau teman memberikan tantangan serupa supaya memasak menjadi lebih menggembirakan.

Baca juga: 5 Tips Belanja Hemat di Bulan Ramadan Agar Tidak Boros

Demikian tips memasak untuk pemula yang bisa diterapkan bagi Anda yang baru berkenalan dengan kegiatan dapur. Teruslah belajar dan berlatih agar kemampuan memasak Anda semakin meningkat. 

Jika artikel Njajan.com bermanfaat untuk Anda, silakan klik tombol like dan share di bawah ini. Terima kasih.


8 Tips Memasak untuk Pemula agar Disukai Keluarga di Rumah 8 Tips Memasak untuk Pemula agar Disukai Keluarga di Rumah Reviewed by Njajan on October 22, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.