5 Tips Belanja Hemat di Bulan Ramadan Agar Tidak Boros

Tips Belanja di Bulan Ramadan (terasnews.id)

Njajan.com - Setiap bulan Ramadan tiba, pengeluaran untuk belanja dapur justru lebih sering meningkat tajam. Selain karena naiknya harga bahan-bahan pokok, membengkaknya anggaran belanja bisa terjadi lantaran pengeluaran yang berlebihan di sektor makanan. Untuk menyiasatinya, cobalah lakukan tips belanja hemat di bulan Ramadan yang kami rangkum dari berbagai sumber di bawah.

Baca juga: 12 Menu Buka Puasa dari Berbagai Daerah di Indonesia


1. Buat Anggaran Belanja

Buat anggaran seperti biasa, tetapi lebihkan pada uang makan. Langkah ini dilakukan untuk menutupi pengeluaran makan sehari-hari dan buka bersama di luar. Kurangi anggaran untuk pos-pos yang kurang penting, seperti mainan anak-anak dan pakaian atau aksesori yang tidak diperlukan.

2. Belanja dalam Jumlah Banyak

Belanja dalam jumlah yang banyak terbukti dapat menghemat pengeluaran. Jika biasanya Anda berbelanja setiap hari atau seminggu sekali, cobalah berbelanja banyak sekaligus. Penghematan berasal dari pembelian dalam jumlah besar dan ongkos transportasi yang dikeluarkan.

Anda juga dapat menghemat waktu dan tenaga untuk mengerjakan hal lain. Untuk mengantisipasi naiknya harga kebutuhan, berbelanjalah seminggu sebelum Ramadan. Biasanya supermarket juga menawarkan promo pada masa ini. 


3. Menyusun Menu Masakan untuk Satu Bulan

Buatlah susunan menu yang akan dimasak selama satu bulan penuh. Agar lebih hemat, tidak memasak berbagai jenis masakan untuk berbuka dan sahur. Tentukan juga camilan dan makanan penutup untuk berbuka selama sebulan. Trik ini tak hanya mampu menghemat belanja, tetapi juga menghemat waktu yang terbuang untuk memikirkan mau memasak apa hari ini.

Agar lebih hemat dan praktis, Anda dapat membuat lauk lebih banyak untuk berbuka dan sahur, lalu menambahkan lauk sampingan. Misalnya untuk berbuka Anda menyajikan gulai daun ubi, ikan goreng, dan kerupuk, saat sahur sajikan gulai daun ubi, telur dadar, dan tahu goreng.


4. Memasak Sendiri

Ketika berpuasa, godaan untuk membeli makanan sangat besar ketika melewati deretan kue-kue dan makanan berbuka puasa di bazar atau toko. Karena lapar mata, tak jarang Anda jadi tergoda membeli banyak makanan tetapi tidak dapat menghabiskannya. Selain mubazir, kebiasaan seperti ini dapat menyebabkan bujet pengeluaran menggelembung.

Jika Anda menginginkan makanan atau kue, cobalah untuk memasaknya sendiri agar dapat mengurangi pengeluaran. Selain lebih hemat, memasak sendiri dapat menjadi cara mengisi waktu menunggu berbuka puasa. Hasilnya juga lebih higienis, bernutrisi, dan memuaskan.


5. Kurangi Berbuka Puasa di Luar

Undangan berbuka puasa menjadi agenda yang tak dapat dihindari selama bulan Ramadan. Bulan ini sering dimanfaatkan untuk berkumpul atau reuni dalam kemasan buka bersama. 

Mulai dari rekan komunitas, teman SD, SMP, SMA, kuliah, hingga rekan kerja. Tak jarang, acara berbuka puasa bersama dilakukan di restoran atau hotel dengan biaya cukup mahal. Pilihlah undangan yang menurut Anda harus didatangi, tak perlu semuanya.

Jika Anda sering tak sempat berbuka di rumah karena masih berada di perjalanan, usahakan membawa air mineral kemasan dan makanan kecil untuk membatalkan puasa. Cara ini juga dapat menghemat pengeluaran daripada membeli makanan di jalan. 

Baca juga:  Pilihan Menu Sahur Praktis untuk Anak Kost

Tips belanja hemat di bulan Ramadan ini sangat efektif untuk menyelamatkan anggaran Anda dan agar tidak boros. Daripada banyak digunakan untuk berbuka di luar dan membeli makanan secara berlebihan, uang dapat disimpan untuk keperluan Lebaran serta bersedekah. Jika artikel Njajan.com ini bermanfaat bagi Anda, silakan klik like dan share. Terima kasih.


5 Tips Belanja Hemat di Bulan Ramadan Agar Tidak Boros 5 Tips Belanja Hemat di Bulan Ramadan Agar Tidak Boros Reviewed by Njajan on May 19, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.