7 Tempat Kuliner di Padang yang Wajib Dikunjungi

Tempat Kuliner di Padang (halhalal.com)

Njajan.com - Nasi padang dapat ditemukan hampir di setiap kota di Indonesia dengan mudah. Rumah makan Padang menjadi alternatif ketika sulit menemukan makanan yang sesuai dengan selera ketika berkunjung ke suatu daerah. Namun, berbeda jika Anda berkunjung ke Padang karena banyak tempat kuliner di Padang

Di sana Anda tidak akan menemukan rumah makan Padang, melainkan restoran atau rumah makan biasa. Selain nasi dengan berbagai lauk khas Minang, masih ada menu lezat lainnya. Berikut tempat kuliner di Padang yang wajib disinggahi ketika berkunjung ke ibukota Sumatera Barat.

Baca juga: Resep dan Cara Membuat Rendang Kering Khas Padang

1. Soto Garuda

Soto Garuda (goodindonesianfood.com)
Soto Garuda (goodindonesianfood.com)

Restoran Soto Garuda berada di Jalan S. Parman, Lolong Belanti, Padang Utara. Seperti namanya, restoran yang beroperasi mulai pukul 8 pagi ini menyajikan menu utama soto padang. Soto Garuda telah dibuka sejak tahun 1976 sehingga sangat terkenal di kalangan masyarakat Padang. 

Berbeda dengan soto dari wilayah lainnya, soto padang memiliki ciri khas kuah yang bening beraroma rempah yang kuat dengan rasa pedas dan gurih. Sebagai isinya, daging yang dipotong kotak-kotak kecil, irisan kentang, bihun, dan irisan paru goreng yang renyah.

2. Pondok Ikan Bakar Khatib Sulaiman

Bagi penggemar makanan laut, Pondok Ikan Bakar Khatib Sulaiman wajib dikunjungi. Tempat kuliner di Padang ini selalu ramai oleh pengunjung hingga tempat parkirnya selalu penuh setiap hari.

Semua hasil laut di rumah makan ini dimasak dengan bumbu saus padang yang istimewa. Saus padang di sini memiliki aroma barbeque yang menyelerakan. Rasanya perpaduan gurih dan manis dengan sedikit aroma rempah. Anda dapat memilih ikan laut, kepiting, udang, lobster, cumi-cumi, atau kerang yang diolah dalam keadaan segar.

3. Teh Talua Mak Etek

Teh talua merupakan minuman populer dari Minangkabau yang hampir serupa dengan teh tarik. Warung teh talua yang paling populer di Padang ialah Teh Talua Mak Etek di Jalan Raya Padang-Indarung. 

Minuman ini dibuat dengan campuran kuning telur ayam kampung dan gula yang dikocok dengan lidi selama 15 menit hingga teksturnya menjadi seperti krim. Adonan telur yang telah menjadi kaku kemudian disiram air teh panas, dan diamkan selama 30 detik. Selanjutnya ditambahkan dengan susu kental manis. 

4. Lamun Ombak

Rumah Makan Lamun Ombak (mykaryn.blogspot.com)
Rumah Makan Lamun Ombak (mykaryn.blogspot.com)

Mencicipi nasi padang di daerah asalnya, tentunya berbeda dengan daerah yang lain. Lamun Ombak berada di Jalan Kapten Sulaiman No. 99, Ulak Karang, Padang. 

Rumah makan legendaris ini menyajikan nasi dengan berbagai lauk seperti rendang, gulai ikan, gulai otak, gulai hati ampela, ikan asam padeh, udang balado, dan paru goreng. Anda tinggal memilih lauk sesuai selera. Restoran Lamun Ombak beroperasi sejak pukul 7.30 pagi hingga 10 malam.

5. Sate Mak Syukur

Salah satu sate padang legendaris, berada di Jalan Sutan Syahrir 250, Padang Panjang, tengah-tengah antara Padang dan Bukittinggi. Berdiri sejak tahun 194, Sate Mak Syukur selalu menjadi tempat singgah wisatawan yang berkunjung ke Padang Panjang.

Sate di sini dibuat dari bahan irisan daging sapi, disiram kuah kuning yang kental dengan rasa gurih dan pedas yang nikmat.. Daging yang digunakan yaitu bagian rusuk dan punuk sapi, sehingga teksturnya tidak terlalu keras dan berlemak. 

6. Lontong Malam Turagiri

Lontong sayur biasanya dihidangkan sebagai menu sarapan, tetapi di rumah makan ini berbeda. Lontong disajikan sebagai menu makan sore atau malam. Sayur pelengkap terdiri dari 3 macam yaitu gulai paku, cubadak, dan tauco dengan telur rebus. 

Selain lontong sayur, ada menu lain seperti bubur, bubur kacang hijau, bubur hitam, dan teh telur. Lontong Malam Turagiri yang berada di Jalan Veteran 68, Padang ini beroperasi mulai pukul 5 sore hingga 3 dini hari.

7. Es Durian Ganti Nan Lamo

Es Durian Ganti Nan Lamo (padangholiday.net)
Es Durian Ganti Nan Lamo (padangholiday.net)

Puas menikmati beragam kuliner Padang, saatnya mencoba hidangan penutup yang lezat. Es Durian Ganti Nan Lamo yang berdiri sejak tahun 1960 menyediakan berbagai menu es durian seperti Es Durian Cream, Es Durian Campur, dan Es Durian Thok. 

Es durian ditambah dengan aneka topping seperti potongan agar-agar, nata de coco, es serut, dan cincau. Rasa durian yang legit ditambah segarnya es dan toping sangat cocok dinikmati ketika cuaca panas.

Baca juga: Resep Kepiting Saus Padang dan Tips Mengolah Kepiting yang Benar

Itulah beberapa tempat kuliner di Padang yang harus Anda singgahi ketika berwisata di Padang, Bukittinggi, dan sekitarnya. Jika artikel Njajan.com ini bermanfaat bagi Anda, silakan klik like dan share. Terima kasih.


7 Tempat Kuliner di Padang yang Wajib Dikunjungi 7 Tempat Kuliner di Padang yang Wajib Dikunjungi Reviewed by Njajan on November 14, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.