6 Kafe Modern yang Menyediakan Minuman Tradisional Kekinian di Jakarta

Kafe Modern dengan Minuman Tradisional (tikasika.blogspot.com)

Njajan.com - Indonesia memiliki beragam minuman tradisional yang lezatnya tidak kalah dengan minuman modern saat ini. Minuman tradisional biasanya dijajakan secara tradisional pula dengan cara dipikul, digendong, atau dijual di kios-kios dan warung kecil. Kini, mulai hadir berbagai minuman tradisional kekinian yang disajikan sejajar dengan makanan dan minuman modern di kafe-kafe. Di Jakarta, inilah deretan kafe yang menyediakan minuman tradisional dengan kemasan modern.

Baca juga:  Resep Es Campur Kekinian yang Hits di Instagram

1. Suwe Ora Jamu

Minuman Jamu Tradisional di Kafe Suwe Ora Jamu (neighbourlist.com)
Minuman Jamu Tradisional di Kafe Suwe Ora Jamu (neighbourlist.com)
Kafe Suwe Ora Jamu merupakan kafe pertama yang menghadirkan jamu dengan bentuk kekinian. Di kafe ini, Anda dapat menikmati jamu dengan nuansa kafe yang nyaman sekaligus mempelajari manfaat dan asal usul jamu. Menu minuman jamu di sini cukup unik, mulai dari Mocktail Jamu, Smoothie Sehat, hingga Wedang Ronde. Kafe di Jalan Petotogan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan ini juga menyajikan jamu Iboe yang telah berproduksi sejak tahun 1910.

2. Radja Cendol

Radja Cendol menawarkan cendol yang berbeda dari cendol biasanya. Cendol ini diberi bubble yang rasanya gurih dan kenyal. Cendol dari kafe ini juga menggunakan susu untuk menggantikan santan. Minuman tradisional di sini bervariasi dengan nama-nama yang unik seperti Kecenut Endol, Kecantol Brondong, dan Si Dodol. Susu dipilih karena rasanya lebih lezat dan sehat. Tak hanya di Jakarta, saat ini outlet Radja Cendol atau Randol telah berjumlah lebih dari 700 di Indonesia dengan sistem waralaba.

3. Kedai Kawa Wahidin

Bila berkunjung ke daerah Sumatera Barat, menemukan minuman tradisional setempat bernama kopi kawa sangat mudah. Kopi kawa berbeda dengan kopi biasa yang menggunakan biji kopi. Kopi kawa menggunakan daun kopi. Di kafe ini, Anda dapat menikmati kopi kawa dengan suasana yang modern tetapi rasanya seperti di daerah asal. Selain kopi kawa, Anda juga dapat menikmati minuman dari biji kopi, yaitu Kopi Padang Kampuang yang berwarna hitam pekat dan rasanya manis. Kedai Kawa Wahidin bisa Anda temukan di Margonda, Depok dan Tebet, Jakarta Selatan.

4. Selera Meneer

Minuman Tradisional di Selera Meneer (anakjajan.com)
Minuman Tradisional di Selera Meneer (anakjajan.com)
Selera Meneer berada di kawasan Gandaria, Jakarta. Restoran ini menyajikan menu khas bangsawan keraton dengan citarasa Eropa. Salah satu menu favorit di sini adalah bistik ayam ala meneer dan minuman wedang kacang tanah. Minuman ini hampir serupa dengan wedang ronde, di dalamnya berisi kacang tanah, daun pandan, larutan gula pasir, dan jahe.

5. Ajag Ijig

Berada di Jalan Ir. H. Juanda, Jakarta Pusat, restoran modern ini mengangkat kuliner Betawi dan Nusantara sebagai menu utama termasuk minumannya. Minuman tradisional kekinian yang paling disukai pengunjung adalah bir pletok. Minuman ini terbuat dari jahe dan rempah-rempah, dan dituangkan ke dalam botol dan berbuih seperti minuman bir. Selain itu, ada juga minuman yang lain seperti sekoteng, es timun cincau, dan es teler.

6. Kafe Miss B. Djajanan Djamoe Djoes

Kafe ini berlokasi di Lebak Bulus, Jakarta Selatan memiliki visi mengajak anak muda hidup sehat dengan rutin meminum jamu. Kafe ini berdiri sejak tahun 2012, menyajikan aneka minuman jamu seperti kunyit asam, beras kencur, dan wedang jahe. Untuk anak muda yang belum terbiasa minum jamu, ada love drama smoothie, jus dari buah mangga dan stroberi serta kopi dan aneka jus buah segar lainnya.

Baca juga: Resep Es Beng Beng dan Es Krim Kekinian Lainnya yang Praktis dan Mudah Dibuat

Itulah beberapa kafe dan restoran yang menyajikan minuman tradisional kekinian dengan nuansa modern. Jika artikel Njajan.com ini bermanfaat, silakan klik like dan share. Terima kasih.


6 Kafe Modern yang Menyediakan Minuman Tradisional Kekinian di Jakarta 6 Kafe Modern yang Menyediakan Minuman Tradisional Kekinian di Jakarta Reviewed by Njajan on January 15, 2019 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.