5 Bahan Makanan Beracun Tapi Masih Digunakan karena Enak

Bahan Makanan Beracun

Njajan.com - Ternyata selama ini masih banyak kalangan yang menggunakan bahan makanan beracun. Mereka bukannya tidak tahu bahwa makanan tersebut beracun, tapi mereka memang bisa mengolahnya dengan baik.

Jadi, semula bahan makanan tersebut mungkin memang beracun, tapi setelah diolah dengan benar jadi aman untuk dikonsumsi. Alasan lain, banyak yang masih menggunakan bahan makanan beracun karena kelezatannya.

Sedikitnya ada lima bahan makanan beracun yang sampai sekarang masih dikonsumi oleh masyarakat.

1. Buah Ackee

Buah Ackee (viruspintar.blogspot.com)
Buah Ackee (viruspintar.blogspot.com)


Bagi yang belum pernah mendengar buah Ackee. Buah ini adalah buah nasional dari Jamaika. Daging buah ackee bisa dimakan, tetapi bagian bijinya beracun. 

Jika biji buah Ackee tertelan, maka bisa menyebabkan muntah-muntah. Pasalnya, biji buah ackee mengandung racun hipoglikemia A dan hipoglikin B.

2. Jamur Brown roll-rim

Jamur Brown roll-rim (wikipedia.org)
Jamur Brown roll-rim (wikipedia.org)


Perlu Anda ketahui bahwa jenis jamur Brown roll-rim sangat beracun dan berbahaya. Bentuk jamur ini mirip dengan jamur yang biasa dimakan masyarakat. Jadi jamur Brown roll-rim membuat sebagian orang terkecoh. 

Meskipun sudah dimasak, kadar toksisitas pada jamur Brown roll-rim tak berkurang. Bahkan racun yang menumpuk pada jamur tersebut dapat menyebabkan kerusakan fatal terutama bagian hati dan ginjal.

3. Pangium Edule atau Keluak

Keluak (timeout.com)
Keluak (timeout.com)


Bahan makanan beracun selanjutnya adalah keluak atau pangium edule. Walau berbahaya dan beracun, tapi orang-orang tetap menyukai keluak karena rasanya lezat.

Benih pohon keluak banyak dipakai dalam masakan di Asia Selatan, padahal bijinya mengandung hidrogen Sianida. 

Ingat, Anda baru boleh memakan keluak setelah direbus tanpa cangkang, dikubur dengan abu, dan daun pisang selama 40 hari. 

Jika prosedur perebusan hingga penguburan sudah selesai dilakukan, keluak baru dinyatakan aman untuk dikonsumi.

4. Katak Banteng

Katak Banteng (youtube.com)
Katak Banteng (youtube.com)


Mungkin Anda tidak tahu bahwa katak banteng menjadi bahan makanan yang lezat dalam masakan Afrika dan Asia, terutama bagian kakinya. 

Jika dimasak dengan baik dan benar, maka makanan dari bahan katak banteng tidak beracun. Sebaiknya Anda menghindari bagian kulit dan organ dalamnya karena beracun.

Sudah banyak kasus yang berakibat fatal karena seekor katak dihidangkan dengan katak banteng beracun.

5. Carambola

Buah Carambola (fulldatabackup.com)
Buah Carambola (fulldatabackup.com)


Buah carambola merupakan nama lain dari belimbing. Buah ini sepertinya tidak berbahaya tapi sebaiknya Anda menghindarinya.

Buah carambola mengandung vitamin C dan kandungan asam oksalat yang tinggi. Sehingga penderita maag sebaiknya tidak mengonsumsi buah carambola. 

Bahkan, orang sehat pun tidak disarankan memakan carambola karena dapat menyebabkan masalah ginjal bila dimakan terlalu sering.

Jika sudah mengetahui bahaya dari bahan makanan beracun, sebaiknya Anda mulai menghindarinya walau rasanya enak. Masih banyak makanan yang murni sehat untuk tubuh dan lezat. Jadi, mengapa masih bertahan pada bahan makanan beracun?

Jika artikel Njajan.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain. Terima kasih.


5 Bahan Makanan Beracun Tapi Masih Digunakan karena Enak 5 Bahan Makanan Beracun Tapi Masih Digunakan karena Enak Reviewed by Njajan on February 28, 2019 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.