Cuma dengan Foto Makanan, Teknologi Ini Bisa Bocorkan Resepnya

Aplikasi Pic2Recipe (finedininglovers.com)

Njajan.com - Saat ini food photography sudah jadi tren tersendiri di kalangan milenial. Bahkan, sebelum makan, masyarakat lebih memilih untuk foto makanan dulu ketimbang berdoa.

Ya, zaman sekarang banyak orang berlomba-lomba untuk mendapatkan foto makanan terbagus. Setelah itu, mereka akan mengunggahnya ke media sosial dan akhirnya dapat banyak tanda like dan komentar.

Sayang dari foto makanan tersebut kita tidak bisa mengetahui resepnya. Sebab, hanya koki atau juru masaknya yang dapat memberi tahu apa saja resep pada makanan tersebut.

Teknologi Ini Mengungkap Resep Makanan dari Gambar

Contoh Program Pic2Recipe (techpulse.be)
Contoh Program Pic2Recipe (techpulse.be)


Meski begitu, kini teknologi sudah semakin berkembang. Sekarang Anda bisa mengetahui rahasia resep makanan hanya dari sebuah foto.

Beberapa peneliti MIT telah mengembangkan teknologi terbaru untuk menciptakan sebuah algoritma bernama Pic2Recipe.

Teknologi canggih ini bisa mengetahui resep dan bahan makanan yang terdapat pada suatu gambar atau foto. Dengan begitu, Anda dapat membuat ulang makanan tersebut walau cuma dari sebuah gambar.

Cara Kerja Teknologi Pic2Recipe


Bagaimana cara kerja teknologi tersebut hingga sebuah foto bisa mengungkap resep dan bahan makanan?

Pic2Recipe dapat mempelajari data dari bank data yang sebelumnya telah dikumpulkan dari berbagai situs resep makanan. Setelah itu, setiap ada foto makanan maka Pic2Recipe akan langsung mencarikan resep sesuai gambar yang dipilih.


Salah satu orang yang berada di belakang teknologi Pic2Recipe adalah Nicholas Hynes. Dia siswa lulusan MIT jurusan Computer Science and Artificial Intelligence lab. Nicholas juga berhasil mengumpulkan data dari berbagai situs resep makanan di seluruh dunia untuk menciptakan Recipe1M, sebuah bank data yang bisa menyimpan lebih dari jutaan resep.

Algoritma Pic2Recipe juga dapat menjepret foto dan mencarikan resep kue, seperti pastry. Namun, untuk resep makanan dengan bahasa tertentu, program tersebut masih harus belajar menerjemahkannya.

Jika proses terjemahan sudah berjalan lancar, bisa dipastikan program akan dapat mengenali semua foto kemudian memberikan resepnya kepada Anda.

Dampak dari Pic2Recipe


Menurut kami, kemungkinan teknologi Pic2Recipe pada foto makanan akan menjadi pro dan kontra. Di satu sisi, teknologi ini sangat membantu untuk belajar memasak hanya dari sebuah foto.

Namun, di sisi lain teknologi Pic2Recipe juga dipakai untuk mengambil resep makanan dari restoran atau bisnis kuliner orang lain. Asumsi ini didapat apabila Pic2Recipe sudah bekerja secara akurat dalam memberikan resep makanan.

Akan tetapi, jika Pic2Recipe belum akurat, maka tidak menjadi masalah karena mungkin resep makanan yang diberikan masih terbilang standar atau umum.


Jika artikel Njajan.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain. Terima kasih.


Cuma dengan Foto Makanan, Teknologi Ini Bisa Bocorkan Resepnya Cuma dengan Foto Makanan, Teknologi Ini Bisa Bocorkan Resepnya Reviewed by Njajan on February 28, 2019 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.