6 Makanan Khas Valentine di Seluruh Dunia Ternyata Bukan Cokelat

Makanan Khas Valentine (youtube.com)

Njajan.com - Hari Valentine selalu dirayakan tanggal 14 Februari. Ini merupakan hari kasih sayang yang identik dengan makanan cokelat. Namun, ternyata di belahan negara lain di seluruh dunia, makanan khas Valentine tidak hanya cokelat. Ada beberapa makanan bertema kasih sayang yang sering dihidangkan saat hari Valentine.

Meski begitu, makanan di hari Valentine yang paling populer adalah cokelat. Biasanya cokelat dikemas cantik dalam kemasan bernuansa pink atau berbentuk hati. Tak heran, cokelat menjadi makanan yang paling banyak dicari oleh dua sejoli yang dimabuk cinta. 

Jadi mungkin saat ini cokelat termasuk makanan mainstream di hari Valentine. Sebab, setiap Valentine hanya cokelat dan bunga yang diberikan kepada pasangan. Sementara, makanan lain kurang dipandang, padahal ada beberapa makanan yang sering mewarnai perayaan hari kasih sayang atau Valentine di seluruh dunia.

Baca juga: 6 Restoran Cepat Saji Terpopuler di Indonesia dan Dunia

Agar Anda tidak penasaran, kami telah mengumpulkan beberapa varian makanan Valentine dari berbagai negara di seluruh dunia, seperti yang disadur dari idntimes.com.

1. Sup Ikan Piranha dari Brazil

Sup Ikan Piranha dari Brazil (trufflepig.com)
Sup Ikan Piranha dari Brazil (trufflepig.com)


Mayoritas sup ikan memakai bahan dari daging ikan patin, kakap, atau ikan lainnya yang mudah ditemukan di pasar. 

Namun di Brazil berbeda, sup ikan dibuat dari ikan piranha. Ikan ini terkenal dengan giginya yang tajam dan pemakan daging pula. 

Meski terdengar menakutkan, menu sup ikan piranha diminati di hari Valentine karena dapat memikat pasangan dalam meningkatkan suasana hati.

2. Omelet Bentuk Hati dari Negara-negara Asia

Omelet Bentuk Hati (bebeandbear.com)
Omelet Bentuk Hati (bebeandbear.com)


Ternyata omelet juga sering dihidangkan untuk merayakan hari Valentine. Bedanya, di hari kasih sayang ini omelet dibentuk menyerupai hati. Negara-negara yang suka membuat omelet hati biasanya dari China, Jepang, hingga Korea.

Oh iya, omelet sudah biasa disantap orang-orang Asia di waktu makan kapanpun atau sebagai bekal sekolah hingga bekal di kantor. 

Nah, untuk merayakan Valentine dan agar omelet ini terkesan spesial, maka bentuknya dibuat seperti hati untuk melambangkan kasih sayang kepada pasangan.  

Anda yang gemar melihat drama Korea, pasti sering melihat sebuah pasangan yang menyantap omelet di hari kasih sayang.

3. Teh Air Mawar dari Timur Tengah dan Eropa

Teh Air Mawar (crushmag-online.com)
Teh Air Mawar (crushmag-online.com)


Kebanyakan bunga mawar pasti ditaruh di vas bunga atau dirangkai menjadi buket yang cantik. Kemudian bunga tersebut diberikan pada orang tersayang saat hari Valentine. 

Namun, pasangan-pasangan di negara Timur Tengah dan Eropa tidak demikian. Mereka malah menambahkan aroma bunga mawar pada kue-kue, puding, semur, sirup, dan teh.

Untuk teh air mawar, pembuatannya cukup mudah. Air panas dicampur dengan air mawar dan ditambah sedikit gula, lalu jadilah teh air mawar. 

Teh air mawar jika diminum bersama pasangan konon katanya dapat menimbulkan sensasi romantis dan relaksasi.

4. Chevice ala Amerika Latin

Chevice Valentine (mylatinatable.com)
Chevice Valentine (mylatinatable.com)


Tahukah Anda, Chevice atau salad seafood menjadi menu spesial dan selalu tersedia di restoran khas Amerika Latin saat perayaan hari Valentine. 

Chevice sendiri terbuat dari ikan mentah yang diasinkan di dalam jus jeruk nipis atau lemon. Lalu, olahan makanan ini dibumbui dengan cabai pedas dan bumbu lain seperti bawang, garam, tomat, dan daun ketumbar.

Menu makanan laut ini dianggap makanan afrodisiak karena kaya akan asam lemak omega-3, arginin, seng, dan berbagai jenis vitamin.

5. Baghrir khas Moroko

Baghrir Valentine (foodrhythms.com)
Baghrir Valentine (foodrhythms.com)


Saat merayaan hari Valentine, biasanya para pasangan muda-mudi di Moroko melahap sarapan baghir atau pancake.

Bagi yang belum tahu, baghrir adalah pancake khas Maroko dengan tekstur lembut, kenyal, dan serasa meleleh di mulut. Makanan khas Valentine ini terbuat dari semolina. Biasanya, hindangan penuh cinta ini disajikan dengan madu, mentega, atau sirup maple. 

Katanya, rasa dan tekstur baghir yang unik dapat membuat semua orang jatuh hati pada gigitan pertama.

6. Mbatata khas Malawi

Mbatata Kue Ubi Jalar Manis (196flavors.com)
Mbatata Kue Ubi Jalar Manis (196flavors.com)


Orang-orang di Malawi Afrika Tengah mempunyai tradisi yang unik yaitu memakan kue ubi jalar manis atau biasa disebut mbatata. Tradisi ini biasanya cuma dilakukan di hari Valentine

Kue ubi mbatata dapat dipotong dalam bentuk hati untuk melambangkan kasih sayang. Malawi sendiri terkenal dengan masyarakatnya yang ramah sehingga makanan ini cocok untuk menggambarkan kasih sayang di antara mereka.

Jadi, sekarang tak melulu harus memberikan cokelat kepada pasangan saat hari Valentine. Pasalnya, Anda bisa mengajak pasangan ke negara lain dan menikmati hindangan khas Valentine bersama sehingga terasa lebih romantis.

Namun, jika tidak ada waktu untuk pergi keluar negeri, Anda bisa membuat makanan spesial Valentine dengan bentuk hati atau bunga. Hidangan seperti ini pasti sudah cukup mewakili betapa cintanya Anda kepada pasangan.

Jika artikel Njajan.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain, dan cantumkan sumbernya. Terima kasih.


6 Makanan Khas Valentine di Seluruh Dunia Ternyata Bukan Cokelat 6 Makanan Khas Valentine di Seluruh Dunia Ternyata Bukan Cokelat Reviewed by Njajan on February 13, 2019 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.