21 Usaha Bisnis Kuliner Mahasiswa yang Selalu Laris Manis

Usaha Bisnis Kuliner Mahasiswa (youtube.com)

Njajan.com - Mahasiswa membutuhkan biaya tambahan untuk uang jajan atau bertahan hidup di perantauan. Untuk menambah pundi-pundi tersebut, mahasiswa sering melakukan kerja sampingan. Namun, ada juga yang mulai berbisnis usaha kuliner dengan modal seadanya tapi langsung laris manis.

Mahasiswa zaman sekarang gemar wisata kuliner dan nongkrong di cafe. Minimal sehari mereka harus pergi ngopi atau makan di restoran. Namun, tak semua mahasiswa melakukan hal tersebut.

Mahasiswa yang kreatif justru melihat peluang usaha bisnis kuliner karena banyak temannya yang senang kulineran. Mahasiswa seperti ini bisa mencari ide usaha kuliner dari makanan dan minuman apa saja yang paling disukai mahasiswa di kampusnya.

Setelah itu, mereka bisa mulai merencanakan bisnis kuliner sambil mencari modal. Modal usaha kuliner bisa didapat dari bantuan orangtua atau kampus. Kalau kampus memberikan bantuan biasanya dalam bentuk Program Kreativitas Mahasiswa atau PKM.

Dari situ mahasiswa dituntut untuk mencari usaha yang unik dan beda dari yang lain. Jika disetujui, mahasiswa akan diberi modal yang cukup besar untuk merealisasikan menjadi bisnis kuliner yang sesungguhnya.

Usaha Kuliner Mahasiswa (youtube.com)
Usaha Kuliner Mahasiswa (youtube.com)


Banyak sekali mahasiswa sukses dengan usaha kuliner. Bahkan, belum lulus sekalipun, sebagian mahasiswa sudah menghasilkan banyak keuntungan dari bisnis kuliner. Jika Anda tertarik, pilih saja beberapa ide kuliner untuk mahasiswa berikut.

1. Bakso Bakar


Usaha mahasiswa yang cocok di jual di sekitar kampus adalah bakso bakar.

Bisnis kuliner ini tidak terlalu sulit dan tidak membutuhkan modal yang besar.

Mahasiswa cuma membutuhkan peralatan sederhana untuk menjalakan usaha bersama teman atau saudara.

Kalau tidak punya bisa pinjam orangtua, seperti panggangan dan peralatan lainnya. Nanti setelah balik modal bisa beli peralatan sendiri.

Bakso bakar termasuk jajanan yang mudah dibuat dan cepat. Sehingga makanan ini disukai mahasiswa yang uang jajannya pas-pasan.

2. Tahu Crispy


Jajan yang murah meriah dan laris manis di kalangan mahasiswa adalah tahu crispy. 

Modal pembuatan tahu crispy cukup murah. Mahasiswa tinggal mengolah rasa-rasanya saja. Ada tahu yang rasa pedas, manis, dan berbagai bumbu lainnya.

3. Kue Online


Dunia berkembang semakin cepat. Jualan tidak perlu memiliki tempat atau lapak. Anda bisa berjualan makanan langsung lewat media sosial.

Alhasil, jika Anda ingin menjual kue secara online, caranya mudah sekali. Modal tidak terlalu besar. Anda hanya butuh kerja keras untuk membuatnya saja.

Selebihnya bisa diserahkan kepada kurir atau diantar langsung kepada pembeli.

Bagi mahasiswa kue online dari kue jajanan pasar mungkin akan sangat membantu mahasiswa lain yang sedang kelaparan.

Mereka tinggal pilih kue dari media sosial, kemudian akan diantar tepat di depan kelas masing-masing.

Pasalnya, sebagian kampus melarang mahasiswa berjualan di dalam kampus. Jadi, usaha kue online seperti ini lebih aman dan mudah dijalankan.

4. Bakso


Cara memulai usaha bakso bagi mahasiswa mungkin dianggap sulit, padahal nyatanya cukup mudah.

Mahasiswa tidak perlu membutuhkan etalase mewah dan toko yang besar.

Mereka cukup memulai berjualan bakso dengan tempat seadanya. Bahkan Anda bisa memulai usaha kuliner ini di pinggir jalan dekat kos-kosan atau dekat kampus.

5. Roti Bakar


Saat ini sudah banyak variasi rasa roti bakar yang dapat menjadi pilihan untuk usaha para mahasiswa.

Ya, tidak butuh modal besar, sehingga semua kalangan mahasiswa bisa menjangkaunya.

Terlebih penjual roti bakar cuma membuka usaha mereka pada waktu sore hingga malam. Jadi waktunya sangat fleksibel. Pagi sampai sore buat kuliah, kemudian malamnya untuk jualan sambil mengerjakan tugas.

6. Gorengan


Dari masa ke masa, salah satu jajanan pasar minim modal yang tidak pernah ada matinya adalah gorengan!

Gorengan menjadi primadona di kala musim dingin atau musim hujan. Modal yang dikeluarkan tidak terlalu banyak, tapi untungnya melimpah.

7. Bakpau


Jajanan Bakpau memang selalu digemari masyarakat. Dengan isian yang bervariasi, bakpau menjadi santapan masyarakat di semua generasi.

Bakpau juga selalu enak dijadikan santapan di kala malam maupun siang. Kuliner ini dapat menjadi peluang usaha bagi mahasiswa mendapatkan keuntungan tambahan.

8. Tela-tela


Jajanan Tela-tela dilengkapi bumbu berbagai rasa dan bahannya alami. Mengapa alami karena Tela-tela terbuat dari singkong.

Pengolahan Tela-tela terbilang mudah serta modal yang dikeluarkan minim. Hal ini menjadikannya salah satu jajanan kuliner mahasiswa untuk mengembangkan usaha kuliner.

9. Pisang Cokelat (Piscok)


Sekarang pisang bisa dijadikan berbagai macam jajanan. Selain pisang goreng atau kolak pisang, pisang juga bisa dijadikan sebagai piscok atau pisang cokelat yang banyak digemari semua kalangan masyarakat.

Walaupun peminat dan nilai jualnya terbilang cukup kecil tapi penjual piscok biasanya mendapatkan omset ratusan rupiah perharinya karena lokasi yang strategis.

10. Martabak Mini


Untuk martabak ukuran besar mungkin akan memberatkan Anda dari segi modal. Namun, tak perlu khawatir karena Anda dapat mencoba martabak mini.

Banyak penikmat martabak mini karena varian rasanya yang beragam dan toping yang melimpah.

Ya, terdapat beragam rasa yang ditawarkan para penjual martabak mini.

Bahkan para pelanggan dari kalangan mahasiswa cuma mengeluarkan biaya murah jika ingin mencicipi kelezatan martabak mini.

11. Bubur Ayam


Jika Anda dari jurusan Tata Boga dan mempunyai kemampuan memasak bubur ayam maka Anda dapat menjadikannya usaha sampingan.

Bubur ayam termasuk salah satu menu makanan yang sangat diminati, apalagi bagi mahasiswa yang terkadang tidak sarapan pagi.

12. Keripik Pedas


Keripik pedas termasuk jajanan kuliner yang berbahan baku singkong. Jadi keripik pedas merupakan salah satu makanan yang mudah dan murah untuk dijalankan.

Apalagi keripik singkong pedas dapat dijadikan makanan pendamping seperti soto, bakso, maupun sate.

Sehingga Anda bisa cepat mendapat keuntungan kalau bekerja sama dengan pedagang soto, bakso maupun sate. Walau tak kerja sama sekalipun, mahasiswa tetap suka makan keripik pedas sebagai pendamping di waktu mengerjakan tugas.

13. Crepes


Dengan modal pas-pasan Anda dapat mengumpulkan keuntungan dari berjualan crepes.

Terlebih crepes adalah jajanan yang disukai remaja sampai orang dewasa. Perpaduan rasa dan kriuknya akan memanjakan lidah pembeli. Crepes bisa dijadikan cemilan lezat yang tidak membuat gemuk.

14. Olahan Ubi


Jumlah ubi di berbagai daerah cukup melimpah. Harganya murah dan mudah diolah menjadi berbagai macam makanan.

Ya, banyak yang dapat diolah dari ubi, salah satunya membuat ubi rebus yang ditaburi keju atau membuat getuk.

Walaupun ubi merupakan jajanan rumahan yang lebih dikenal sebagai jajanan deso, tapi jajanan ini masih menjadi primadona dan mempunyai penggemarnya tersendiri.

15. Donat


Donat merupakan jajanan roti yang sangat digemari anak-anak. Bentuknya unik, memiliki lubang di tengah dan dilapisi toping yang lezat.

Saat ini donat sudah banyak kreasinya. Sebab, donat kentang, donat Indomie, dan donat unik dari bahan lain sudah mulai bermunculan. Variasi ini membuat donat tidak pernah tenggelam dimakan zaman.

Anda juga bisa membuat usaha kuliner mahasiswa dari donat yang Anda ciptakan sendiri. Kalau bisa donat tersebut unik dan tidak seperti donat pada umumnya.

16. Cilok


Semua daerah mempunyai makanan khas masing-masing. Namun, dari semua daerah pasti ada saja yang menjual cilok.

Artinya cilok sudah menjadi jajanan paling digemari semua lapisan masyarakat termasuk anak-anak dan orangtua.

Jika Anda tak punya modal untuk membuat cilok daging, Anda bisa membuat cilok dari tepung sagu atau tepung tapioka yang murah meriah.

17. Tahu Bulat


Beberapa waktu lalu, tahu bulat viral karena mempunyai cara penjualan yang terbilang unik. Penjual memasarkan cilok dengan mobil bak terbuka dan suara nyanyian yang khas Tahu Bulan 500-an enak.

Saking viralnya jajanan kuliner yang satu ini sempat dijadikan nyanyian oleh sebagian orang dan dibuatkan game.

Tahu bulat mudah dimasak dan mempunyai banyak penggemar. Cemilan seperti ini pasti laris jika Anda menjajakannya di pinggir jalan dan di dekat pusat keramaian.

18. Seblak


Seblak adalah makanan khas yang berasal dari tanah Parahyangan. Banyak yang tidak tahu, sebenarnya seblak merupakan kerupuk orange yang direndam di dalam air hangat sehingga menjadi lunak.

Kemudian kerupuk tersebut dimasak bersama campuran bumbu dan bahan-bahan lainnya, sehingga menjadi santapan lezat dan pedas.

Seblak gerobak di Bandung saja omzetnya rata-rata per hari mencapai seratus ribu rupiah lebih.

Saat ini seblak dikembangkan lagi dengan berbagai macam campuran seperti makaroni, telur, kerupuk kulit, dan lain-lain.

19. Tahu Isi Pedas


Tahu isi pedas berisi berbagai macam sayuran dan cabai.

Zaman sekarang makanan yang pedas selalu menjadi primadona. Bahkan, mie instan saja bisa laris manis kalau ditambah sambal yang pedas.

Memang bisnis kuliner tahu isi pedas ini menarik banyak konsumen. Di tempat yang ramai omzet tahu pedas dapat mencapai satu juta per hari.

20. Lumpia Basah


Di beberapa kota, lumpia basah dijual menyatu dengan gerobak seblak. Namun, ada pula yang menjual lumpia berdampingan dengan jajanan pasar.

Lumpia basah mempunyai banyak peminat karena rasanya lezat dan murah. Anda dapat membeli lumpia basah dengan harga sekitar Rp 3.000 - Rp 5.000 saja.

21. Kue Cubit


Kue cubit sudah cukup lama menjadi jajanan favorit di Indonesia. Jika menurut Anda kue cubit terlalu mainstream, Anda bisa mencoba usaha kue cubit rasa lain yang belum banyak penjualnya.

Varias kue cubit dapat ditambahkan dengan toping nutella, greentea, dan lain-lain. Kue cubit modern ini mempunyai banyak pembeli walau dijual sedikit mahal, yaitu sekitar 4-5 kali lipat dari harga kue cubit biasa.

Namun saat ini masih jarang pedagang yang menambahkan greentea dan nutella ke dalam kue cubit. Mungkin hal ini karena modal yang dikeluarkan cukup besar.

Untuk Anda yang masih mahasiswa, mulai dulu dengan kue cubit biasa. Jika omzet mulai bertambah, baru Anda bisa mencoba varian rasa kue cubit lainnya.

Demikian beberapa jajanan dan cemilan yang cocok untuk memulai bisnis kuliner mahasiswa.

Kalau masih awal-awal seperti ini Anda tidak perlu memikir untung dan rugi. Sebaiknya Anda fokus pada produk yang Anda jual dulu. Pastikan pembeli suka dan ketagihan.

Dengan begitu, keuntungan akan datang dengan sendirinya. Jika dari awal, Anda sudah takut rugi, maka usaha kuliner Anda tidak akan berkembang karena Anda takut mengeluarkan uang.

Manfaatkan modal yang ada, kembangkan agar bisa mendapat untung. Anda juga harus kreatif dalam berjualan karena persaingan pasar kuliner sangat ketat.

Setiap bulan bisa muncul jajanan kuliner baru. Apabila Anda tidak kreatif dan berkembang, maka usaha Anda tidak akan sukses.

Jika artikel Njajan.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain, dan cantumkan sumbernya. Terima kasih.


21 Usaha Bisnis Kuliner Mahasiswa yang Selalu Laris Manis 21 Usaha Bisnis Kuliner Mahasiswa yang Selalu Laris Manis Reviewed by Njajan on March 13, 2019 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.