25 Manfaat Buah Plum Untuk Tubuh dan Resep Diet Sehat

Manfaat Buah Plum dan Resep Buah Plum (plantnet.com)

Njajan.com - Buah plum memiliki banyak manfaat terutama untuk kesehatan dan menurunkan berat badan. Ya, konon katanya, manfaat buah plum selain untuk kesehatan tubuh, buah ini juga dapat dipakai untuk diet menurunkan berat badan.

Tahukah Anda, apa sebenarnya buah plum? Mengapa buah banyak dibicarakan para artis dan begitu viral di Instagram?  

Bahkan, setiap kolom komentar Instagram artis Indonesia, pasti ada saja yang membicarakan khasiat buah plum untuk diet sehat.

Pengertian Buah Plum


Ternyata buah plum masih berkeluarga dengan Rosaceae yang juga mencakup buah aprikot, persik, dan nectarine. 

Buah plum mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin B, vitamin K, magnesium, zat besi, kalium, serat, mineral, fenol, dan beberapa kandungan lain.

Banyak yang penasaran dengan buah plum karena buah ini ternyata jarang ditemukan di Indonesia. 

Sebab, buah plum diimpor dari luar negeri, lebih tepatnya dari negera Tiongkok. Meski begitu ekstrak buah plum sudah banyak dijual di Indonesia.

Oh iya, ada dua jenis utama tanaman plum di dunia, yaitu Plum Eropa dan Plum Asia Barat.

Buah Plum Eropa mempunyai ciri warna merah tua keunguan, rasanya lumayan empuk, manis, tapi kurang berair. 

Sedangkan buah Plum Asia Barat warnanya hijau kekuningan dan merah merata, rasanya asam manis serta berair banyak.

Diet Sehat dengan Buah Plum

Buah Plum Untuk Diet (fruitlogistica.com)
Buah Plum Untuk Diet (fruitlogistica.com)


Bagi Anda yang ingin diet atau menjaga berat badan, buah plum harus menjadi menu diet sehat Anda. Hal ini karena buah plum rendah kalori. 

Buah plum 100 gram cuma mengandung 46 kalori. Menariknya lagi, buah ini tidak mengandung lemak jenuh. 

Para ilmuwan Liverpool University sudah meneliti berat badan serta napsu makan dari 100 pria dan wanita yang kelebihan berat badan atau obesitas.

Sebagian dari responden mengonsumsi buah plum untuk camilan. Setelah tiga bulan mengonsumsi buah plum, hasilnya mereka kehilangan sekitar 2 kg dan 1 inci lingkar pinggang.

"Ini data pertama menunjukkan kedua penurunan berat badan dan tak ada efek samping negatif saat mengonsumsi buah plum sebagai bagian diet manajemen berat badan," kata Profesor Halford seperti yang dikutip dari himedik.com.

Manfaat Buah Plum untuk Kesehatan


1. Mengatasi Obesitas

Kalau Anda merasa memiliki berat badan berlebih atau obesitas, coba makan buah plum dan jadikan menu diet Anda. 

Menurut penelitian yang dilakukan oleh University of Liverpool, buah plum dapat membantu menurunkan berat badan.

Hebatnya lagi, buah ini mampu memberikan efek anti-obesitas dan anti-inflamasi pada sel-sel tubuh yang berbeda, termasuk sel-sel lemak. 

Bahkan, buah plum membantu menghindari komplikasi terkait obesitas, seperti diabetes dan penyakit kardiovaskular. 

Soalnya di dalam buah plum terdapat kandungan senyawa flavonoid dan fenolik, seperti antosianin, asam klorogenik, kuersetin dan katekin.

2. Memperlancar Sistem Pencernaan

Manfaat buah plum lainnya juga dapat dirasakan bagi Anda yang memiliki masalah pada sistem pencernaan. 

Ini karena buah plum merupakan sumber serat makanan yang baik terutama berkat kandungan sorbitol dan isatin di dalamnya.

Bahkan, manfaat buah plum dalam mengobati gangguan pencernaan seperti konstipasi atau sembelit disinyalir lebih efektif dibandingkan dengan mengonsumsi sekam dari biji psyllium. 

Sekali lagi, ini semua berkat kandungan sorbitol dan isatin di dalam buah plum yang memiliki efek pencahar serta dapat mendorong sekresi cairan di dalam usus. 

Kemudian buah plum akan meningkatkan pembilasan limbah secara lebih efisien melalui usus besar.

3. Mengurangi Kadar Kolesterol

Jika Anda mempunyai kadar kolesterol tinggi mari mulai teratur mengonsumsi buah plum. 

Menurut sebuah studi komparatif, buah plum sangat berguna dalam mengendalikan kadar kolesterol agar tetap stabil. Bahkan, khasiat buah plum dalam hal ini lebih baik dibandingkan dengan anggur merah.

Kandungan serat yang ada di dalam buah plum mampu menambah efek perlindungan terhadap jantung dengan mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dan membantu meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL).

4. Sumber Mineral dan Vitamin untuk Ibu Hamil

Ibu hamil membutuhkan vitamin dan mineral yang lebih banyak selama kehamilan.  

Kandungan flavonoid, vitamin C, vitamin B6, zat besi, sorbitol, isatin, serat yang tinggi dan berbagai senyawa lainnya dapat menjadikan buah ini sebagai sumber asupan alami yang baik untuk ibu hamil.

5. Perawatan Kulit

Untuk para wanita yang ingin selalu tampil cantik dan menarik, maka cobalah memakan buah plum.

Buah plum kaya akan vitamin C dan antioksidan lainnya yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit serta membuat kulit bercahaya. 

Buah ini juga mengandung nutrisi anti-aging yang tentu saja akan membuat kulit Anda selalu terlihat awet muda dan sekaligus mengurangi bintik hitam serta keriput di wajah. 

Ekstrak buah plum juga sudah banyak diolah menjadi berbagai produk kecantikan dan perawatan kulit, seperti facial wash dan masker wajah.

6. Mempercepat Proses Pembekuan Darah

Buah plum mengandung vitamin K yang berperan penting dalam proses pembekuan darah. 

Contoh kecilnya ketika jari Anda terluka oleh sayatan pisau, tentunya darah akan mengalir deras. 

Nah, di sinilah vitamin K akan bekerja untuk mempercepat proses pembekuan darah agar darah tidak terus menerus mengucur.

Selain itu, vitamin K juga berperan penting dalam menjaga kesehatan tulang dan mencegahnya dari pengeroposan. 

Ya, meskipun tubuh tidak memerlukan terlalu banyak vitamin K, tetapi jika seseorang sampai mengalami defisiensi vitamin K maka dapat mengalami perdarahan berlebihan dan berbagai risiko kesehatan lainnya.

7. Sebagai Antioksidan

Buah plum mempunyai fungsi sebagai antioksidan. Jangan heran, karena plum kaya akan vitamin C dan fitonutrien seperti lutein, cryptoxanthin, zeaxanthin, neochlorogenic dan asam klorogenat. 

Kehadiran zat-zat tersebut yang mampu menjadikan buah yang memiliki beragam warna ini sebagai antioksidan yang efektif untuk mencegah kerusakan sel-sel tubuh akibat radikal bebas, seperti radikal oksigen atau radikal anion superoksida.

Ditambah dengan kehadiran fenol di dalamnya, semakin menunjukkan bahwa buah plum dapat dijadikan sebagai salah satu sumber antioksidan untuk melawan radikal bebas.

8. Membantu Melawan Diabetes

Ternyata buah yang memiliki rasa manis asam ini mampu memberikan efek anti-hiperglikemik dan efektif dalam membantu melawan penyakit diabetes. 

Manfaat buah plum yang satu ini bukan sekedar isapan jempol belaka, karena kandungan flavonoid di dalamnya mampu memberikan efek perlindungan terhadap resistensi insulin dan membantu meningkatkan sensitivitas insulin dalam tubuh.

Selain itu, sebuah studi membuktikan kemampuan buah plum mampu menurunkan kadar gula darah dan trigliserida dalam tubuh.

9. Menjaga Fungsi Kognitif

Khawatir fungsi kognitif menurun seiring bertambahnya usia? Mulai sekarang, cobalah untuk mengonsumsi buah plum. 

Kandungan fitonutrisi seperti flavonoid yang terkandung di dalam buah plum ternyata memiliki manfaat lebih terhadap fungsi kognitif manusia. 

Senyawa ini mampu mencegah gangguan neurologi seperti penyakit Alzheimer dan Parkinson serta membantu mengoptimalkan fungsi memori dalam belajar.

10. Menjaga Kesehatan Tulang

Buah plum memiliki manfaat untuk kesehatan tulang. Anda yang rutin mengonsumsi buah plum kering dapat membantu pemulihan berkurangnya massa tulang akibat penuaan.

Ternyata pemulihan tulang ini karena kandungan flavonoid seperti asam caffeic dan rutin yang ada di dalam buah plum.

Flavonoid seperti asam caffeic dan rutin yang terkandung dalam buah plum mampu menghambat kerusakan jaringan tulang dan mencegah penyakit seperti osteoporosis.

Selain itu, kandungan polifenol dan kalium di dalamnya juga mampu mendorong pembentukan tulang, meningkatkan kepadatan tulang dan mencegah tulang keropos terutama pada wanita pascamenopause.

11. Menjaga Kesehatan Jantung

Berdasarkan penelitian, asupan buah plum kering secara teratur dapat membantu dalam mempromosikan fluiditas darah di arteri sehingga akan mengurangi risiko dari berbagai gangguan jantung seperti, aterosklerosis bahkan serangan jantung dan stroke.

Buah plum juga mengandung mineral potasium yang mampu menjaga laju detak jantung dan tekanan darah agar tetap stabil.

12. Memperkuat Sistem Imun Tubuh

Kandungan vitamin C dalam buah plum cukup tinggi, maka tak mengherankan apabila buah ini dapat dijadikan alternatif sebagai salah satu sumber untuk membantu memperkuat sistem imun tubuh dari berbagai ancaman infeksi atau penyakit. 

Selain itu, kandungan unsur imunostimulan pada buah plum juga terbukti dapat mendorong produksi oksida nitrat di dalam tubuh sehingga dapat membantu menghambat metastasis sel tumor dan mencegah berbagai jenis penyakit.

13. Mengobati Anemia

Buah plum mengandung zat besi dan tembaga yang penting dalam membantu pembentukan sel darah merah dan memfasilitasi pemurnian darah serta sirkulasi yang sehat. 

Tembaga yang terkandung dalam buah plum juga mampu berperan sebagai antioksidan dan sangat penting bagi kesehatan saraf serta membantu pembentukan kolagen. Tak heran, penderita anemia sering mengonsumsi buah plum.

14. Obat Flu Alami

Selain mampu melawan radikal bebas, ternyata buah plum juga dapat melawan virus influenza yang menjadi penyebab penyakit flu. 

Manfaat buah yang satu ini telah dibuktikan dan hasilnya menunjukkan bahwa konsentrasi buah plum mengandung molekul mirip lectin yang membantu dalam menghambat dan mengobati infeksi atau penyakit yang disebabkan oleh virus influenza.

15. Mengatasi Kecemasan

Mungkin banyak yang belum tahu, bahwa dengan mengonsumsi buah plum secara teratur dapat membantu mengatasi gangguan kecemasan. 

Berdasarkan penelitian, berkat efek anxiolytic dan sifat antioksidan dari asam klorogenik yang ada pada buah plum terbukti dapat mengatasi gangguan kecemasan yang disebabkan oleh stres oksidatif.

16. Melawan Sel Kanker

Ekstrak plum telah terbukti bermanfaat dalam pengobatan kanker. Buah plum mengandung epicatechin (epikatekin) yang merupakan salah satu jenis flavonoid dan telah terbukti dalam membantu menghambat pertumbuhan dan proliferasi sel kanker ganas.

Selain itu, buah plum dapat menginduksi apoptosis pada karsinoma hepatoselular atau kanker hati.

Buah plum juga kaya akan antioksidan dan fitonutrien termasuk asam klorogenik dan asam neo-klorogenik yang memiliki efek penyembuhan melawan sel kanker payudara, tanpa membahayakan sel-sel yang sehat.

17. Membantu Mencegah Degenerasi Makula

Berbicara tentang kesehatan mata pastilah identik dengan wortel. Namun siapa sangka, ternyata buah plum juga tak kalah hebat dari wortel dalam hal menjaga kesehatan mata. 

Hal ini karena buah plum mengandung vitamin A dan beta-karoten yang bermanfaat dalam menjaga kesehatan mata serta mencegah degenerasi makula terkait usia.

Ditambah lagi dengan hadirnya senyawa karotenoid (lutein dan zeaxanthin) dalam buah plum, maka Anda akan terhindar dari radiasi sinar matahari. 

Pasalnya, senyawa tersebut mampu melindungi makula retina dari kerusakan oksidatif akibat radiasi sinar ultraviolet (UV).

18. Menjaga Keseimbangan Asam Basa Tubuh

Buah plum memiliki kandungan kalium yang melimpah. Kalium merupakan elektrolit yang sangat penting bagi fungsi saraf dan otot. 

Oleh karena itu, dengan mengonsumsi buah plum yang kaya akan kalium ini tentunya dapat mengatur kontraksi otot dan mengatur keseimbangan asam-basa tubuh.

19. Menghentikan Keluarnya Darah

Vitamin K pada buah plum akan bekerja untuk mempercepat proses pembekuan darah agar darah tidak terus menerus mengucur. Selain itu, vitamin K juga berperan penting dalam menjaga kesehatan tulang dan mencegahnya dari pengeroposan. 

20. Menurunkan Gula Darah

Buah plum termasuk makanan yang memiliki tingkat indeks glikemik rendah. Artinya, buah ini dapat membantu mengendalikan kadar gula darah dan mengurangi risiko Anda terhadap diabetes tipe 2.

21. Menurunkan Risiko PPOK

Penyakit paru obstruktif kronis (PPOK), termasuk emfisema, adalah jenis penyakit kronis yang menyebabkan masalah pernapasan. 

Ada banyak penyebab PPOK, namun merokok sampai saat ini merupakan biang penyebab langsung dari kedua penyakit PPOK.

Sebuah studi baru melaporkan bahwa makanan mengandung polifenol, termasuk antioksidan, dapat mengurangi risiko PPOK. Buah plum mengandung antioksidan tinggi, yang dapat melawan kerusakan akibat merokok dengan menetralkan stres oksidasi. 

Hal ini dapat membantu mengurangi kemungkinan emfisema, PPOK, dan kanker paru-paru, meskipun tidak ada penelitian yang secara khusus mengamati buah plum untuk kesehatan paru-paru.

22. Menurunkan Risiko Kanker Usus Besar

Kanker usus besar seringkali sulit dideteksi, tapi perkembangannya bisa sangat ganas. Makan makanan tinggi antioksidan dari buah plum dapat membantu menekan risiko terkena kanker usus besar.

Sebuah studi terbaru yang dilakukan oleh Texas A&M University dan University of North Carolina menyebutkan bahwa memakan buah plum kering meningkatkan populasi bakteri baik di usus besar. Hal ini tentunya dapat mengurangi risiko kanker usus besar.

23. Mencegah Pikun

Selain berperan memerangi radikal bebas dalam tubuh yang dapat memicu kanker, antioksidan penting dari buah plum dapat mencegah pikun karena membantu menetralisir radikal bebas yang merusak sel otak. 

24. Menurunkan Berat Badan

Buah plum dapat membantu Anda mengatur berat badan. Alasannya, buah ungu tua yang rasanya masam ini mengandung banyak serat dan indeks glikemiknya rendah. 

Padatnya serat buah plum lambat untuk dicerna oleh tubuh sementara indeks glikemik rendah berperan mengatur pelepasan kadar gula darah, sehingga membuat Anda kenyang lebih lama. 

Buah plum mengandung sorbitol alami, gula alkohol dengan tingkat penyerapan lambat dalam tubuh.

25. Mempertajam Penglihatan

Buah plum juga dikenal kaya akan kandungan vitamin A yang penting untuk menjaga kesehatan mata dan membuat selaput lendir mata menjadi lebih sehat. 

Kandungan serat buah plum yang disebut dengan zea xanthin juga baik untuk kesehatan retina.

Resep Diet Sehat Buah Plum

Resep Diet Buah Plum (realfoodforlife.com)
Resep Diet Buah Plum (realfoodforlife.com)


1. Jus Buah Plum

Untuk mengonsumsi buah plum Anda bisa menjadikannya jus. Ya, jus buah plum sangat mudah dibuat. Cukup menyediakan beberapa buah plum yang segar, cuci dan potong menjadi beberapa bagian, lalu blender.

Jus buah plum ini biasanya digunakan sebagai metode diet. Bagi orang-orang yang tidak mampu mengatasi rasa asam dari buah plum, maka tambahkan madu di dalam jus buah plum.

2. Makan Buah Plum Langsung

Jika membuat jus buah plum terlalu merepotkan, Anda dapat langsung memakannya. 

Buah plum ini memiliki rasa yang cukup asam, sehingga beberapa orang menghindari memakan buah plum secara langsung. Nah, mengonsumsi buah plum secara langsung sangat cocok dilakukan sebagai pengganti cemilan berminyak dan berlemak.

3. Pasta Buah Plum

Jus dan makan langsung sudah biasa, sekarang coba membuat pasta buah plum.

Makanan tersebut sangat cocok untuk menu sarapan. Hal ini karena buah plum mengandung karbohidrat dan juga serat yang cukup efektif untuk memberi energi serta rasa kenyang hingga waktu makan siang.

Cara membuat pasta buah plum tidak sulit. Pertama, Anda harus menyiapkan beberapa buah plum yang masih segar, potong menjadi beberapa bagian kemudian cuci hingga bersih. 

Masukkan potongan buah plum ke dalam mangkuk dan tuang air mendidih ke dalam mangkuk tersebut. 

Kemudian tutup mangkuk tersebut dan diamkan selama kurang lebih 15 menit. Nah, sambil menunggu buah plum matang, Anda bisa siapkan mangkuk lain dan campurkan kefir, gandum, serta biji rami. 

Setelah itu, campurkan ketiga bahan tersebut pada buah plum. Aduk adonan hingga sampai berbentuk pasta dan kemudian simpan di lemari es atau kulkas. Pasta buah plum siap di konsumsi.

4. Mengeringkan Buah Plum

Untuk melakukan diet dengan buah plum Anda dapat mengeringkannya. Hal ini dilakukan agar buah plum bertahan lebih lama. 

Pertama, siapkan semangkuk buah plum yang sudah matang, kemudian cuci buah plum hingga bersih. Letakkan buah plum di sebuah nampan yang cukup besar dan jemur di bawah sinar matahari atau juga bisa memanggangnya di dalam oven.

Durasi menjemur buah plum dilakukan selama 3-4 hari sampai benar-benar kering. Terakhir, untuk mengonsumsinya, rebus 5 butir buah plum dengan 250 cc air dan tunggu hingga mendidih.

5. Resep Salad Buah Plum


Bahan-bahan:

  • 2 sdm cuka
  • 1 sdm madu
  • ½ sdt black pepper
  • 6 buah plum matang, potong tipis dan potong tebal
  • ¼ cup keju Parmesan yang sudah dicincang (opsional, boleh pakai, boleh tidak)
  • 2 sdm minyak zaitun extra-virgin
  • Sea salt

Cara membuat:


  1. Aduk cuka, madu, dan black pepper dalam mangkok hingga madu tercampur rata.
  2. Tambahkan potongan buah plum dan aduk hingga plum terlumuri dressing.
  3. Tambahkan Parmesan dan aduk lagi (jika tidak pakai Parmesan, langkah ini dilewati).
  4. Pindahkan salad buah plum ke mangkok ceper, ciprati dengan minyak zaitun, taburkan sea salt serta black pepper.
  5. Salad buah plum siap dinikmati.


Demikian beberapa manfaat buah plum untuk kesehatan resep diet cara mengolah buah plum. Ternyata manfaatnya begitu banyak terutama untuk kesehatan. Hebatnya lagi, kandungan serat pada buah plum sangat membantu untuk proses diet dan mengatur berat badan.

Baca juga: Inilah Buah Terkecil di Dunia, Ukurannya Cuma 0,7 Milimeter

Anda dapat mengonsumsi buah plum dengan berbagai resep, seperti pasta buah plum, salah buah plum, dan lain-lain. Semuanya dapat dicoba karena sangat mudah dalam mengolah buah plum.

Jika artikel Njajan.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain. Terima kasih.


25 Manfaat Buah Plum Untuk Tubuh dan Resep Diet Sehat 25 Manfaat Buah Plum Untuk Tubuh dan Resep Diet Sehat Reviewed by Njajan on April 26, 2019 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.