7 Makanan Khas Jawa Timur Enak Untuk Menu Buka Puasa

Makanan khas Jawa Timur (salt in our hair)

Njajan.com - Apa saja makanan khas Jawa Timur yang enak untuk menu buka puasa? Sebenarnya sangat banyak sekali makanan khas Jawa Timur, tapi ada beberapa jenis makanan enak khas Jawa Timur yang sering dijadikan menu berbuka puasa.

Hampir semua orang yang tinggal di Jawa Timur pastinya pernah mencoba makanan-makanan tersebut. Mereka tentu juga sering memakannya untuk menu buka puasa maupun sahur. Namun, makanan apa saja yang sering disantap di saat buka puasa?

Makanan khas Jawa Timur untuk Buka Puasa


1. Soto Lamongan


Makanan soto sudah sangat familiar di lidah warga Jawa Timur, apalagi Soto Lamongan. Ya, soto dengan kuah kuning ini seakan selalu menjadi menu makanan andalan orang- orang Jawa Timur. 

Ciri khas Soto Lamongan adalah sajian bihun, ayam suwir, dan koya. Tanpa bahan-bahan tadi, Soto Lamongan bakal kehilangan identitasnya.

2. Rawon


Kalau sudah makan soto Lamongan, tentu pesaing beratnya adalah rawon. Kuliner berkuah hitam pekat ini sering menjadi menu berbuka puasa karena dapat mengembalikan energi yang hilang setelah puasa seharian .

Selain mempunyai ciri khas kuah hitam, rawon juga lezat disantap dengan menu pendamping seperti telur asin, kerupuk rambak, sambal terasi, dan lain-lain. Oh iya, bagi yang belum tahu, kuah hitam pada rawon berasal dari kluwek.

3. Nasi Krawu


Bagi Anda yang sedang liburan ke kota Gresik, sekali-kali cicipi kuliner Jawa Timur yang enak yakni nasi krawu. Komposisi nasi krawu terdiri dari bahan sederhana meliputi nasi putih hangat, daging sapi atau jeroan sapi, serundeng, dan sambal terasi. 

Meski terlihat sederhana, tapi makanan dari Jawa Timur ini sangat lezat dan menggugah selera. Dijamin, kalau Anda baru menikmatinya sekali, pasti akan ingin mencicipinya lagi.

4. Ayam Lodho


Jawa Timur menjadi provinsi yang tepat untuk menikmati kuliner enak, terutama saat bulan Puasa. Ya, jika Anda kebetulan sedang berlibur di Tulungagung, Trenggalek dan sekitarnya, maka jangan sungkan mencicipi kuliner ayam lodho. 

Tahukah Anda, ayam lodho merupakan sajian ayam kampung yang diolah dengan kuah kuning sehingga menghasilkan makanan lezat, gurih, pedas, dan nendang. 

Saat mengolahnya, ayam lodho harus dipanggang, kemudian direbus bersama bumbu rempah spesial dalam waktu yang cukup lama. Kalau di Tulungagung dan Trenggalek, terkadang ayam lodho disajikan bersama nasi putih hangat dan sayur urap. Banyak orang mengira ayam lodho sama dengan opor ayam.

5. Sate Madura


Tentu Anda sudah tak asing dengan sate Madura. Pasalnya, kuliner asal Jawa Timur sudah menyebar hingga ke seluruh kota besar di Indonesia.

Jadi, Anda sebenarnya tidak perlu pergi ke Jawa Timur untui menikmati sate ayam atau sate kambing khas Madura. Namun, kalau ingin menikmati sate tersebut langsung dari kota aslinya, tak masalah karena sate Madura dikenal enak dan penjualnya mempunyai logat yang lucu dan unik.

6. Pecel Lele


Tidak seperti nasi pecel khas Madiun, kuliner pecel lele hampir mirip lalapan atau penyetan. Menunya terdiri dari nasi gurih, lele goreng atau lele bakar, kremesan, dan sambal yang nendang.

Masakan pecel lele biasa ditemukan di daerah Lamongan. Namun, sekarang pecel lele sudah tersedia hampir di seluruh kota di Indonesia, terlebih kota dengan banyak pelajar atau mahasiswa.

7. Bebek Sinjay


Rekomendasi kuliner di Jawa Timur yang patut dicoba untuk berbuka puasa adalah Bebek Sinjay.

Sebab, Bebek sinjay adalah menu makanan khas Jawa Timur yang terkenal lezat. Lokasinya di Bangkalan, tepatnya berada di Madura.

Salah satu alasan mengapa banyak pecinta kuliner memburu bebek sinjay untuk buka puasa karena daging bebek yang empuk, sambal yang mantap, dan tambahan mangga muda.

Demikian beberapa makanan khas Jawa Timur enak untuk berbuka puasa. Kalau berminat Anda dapat membungkus makanan tersebut untuk sekalian menu sahur. 

Kira-kira Anda lebih suka makan apa saat berkunjung ke Jawa Timur? Apakah Anda sudah pernah mencicipi salah satu makanan khas Jawa Timur?

Jika artikel Njajan.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain. Terima kasih.


7 Makanan Khas Jawa Timur Enak Untuk Menu Buka Puasa 7 Makanan Khas Jawa Timur Enak Untuk Menu Buka Puasa Reviewed by Njajan on May 24, 2019 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.