10 Makanan Natal Khas Indonesia

Makanan Natal Khas Indonesia (kabarjoglo.com)

Njajan.com - Perayaan Natal tinggal menghitung hari. Bagi yang merayakannya pasti sudah tak sabar ingin segera mencicipi makanan Natal khas Indonesia. Varian makanan ini tersebar dari Sabang sampai Merauke. Kalau melihatnya, seperti ingin pulang dan berkumpul bersama keluarga.

Mari mengumpulkan berbagai jenis hidangan Natal untuk menyambut perayaan Natal dan Tahun Baru 2020. Siapa tahu keluarga di rumah juga membuat makanan khas Natal. Memang apa saja makanan di Hari Natal?

Baca juga: 5 Makanan Natal Paling Aneh dan Unik di Dunia

1. Sup Brenebon

Sup Brenebon (instagram.com)
Sup Brenebon (instagram.com)


Saat merayakan Natal di Manado, Sup Brenebon biasanya selalu hadir di tengah-tengah perayaan tersebut. Sup ini berisi iga sapi, kacang merah, dan kuah hangat yang membuat tubuh lebih rileks.

2. Selat Solo

Selat Solo (instagram.com)
Selat Solo (instagram.com)


Natal di Solo selalu dilengkapi dengan Selat Solo. Makanan ini berisi daging sapi, potongan wortel, buncis, dan kentang.

3. Kue Poporcis

Kue Poporcis (instagram.com)
Kue Poporcis (instagram.com)


Sekilas kue Poporcis mirip dengan pancake. Rasa kue ini empuk, manis, tapi ukurannya lebih kecil. Biasanya kue Poporcis dinikmati dengan taburan gula halus.

4. Ikan Kuah Kuning

Ikan kuah kuning (instagram.com)
Ikan kuah kuning (instagram.com)


Bagi yang pernah ke Ambon di Hari Natal, tentu sudah sering menikmati ikan kuah kuning. Masakan ikan tongkol ini dicampur dengan bumbu bawang merah, bawang putih, kemiri, dan kunyit. 

5. Babi Guling

Babi guling (instagram.com)
Babi guling (instagram.com)


Di Bali ada tradisi setiap perayaan Natal selalu menyajikan babi guling. Babi tersebut dimasak matang dengan cara dipanggang. Katanya tekstur babi guling jadi terasa empuk dan lembut.

6. Kue Lapet

Kue Lapet (instagram.com)
Kue Lapet (instagram.com)


Kalau sedang berkunjung ke Tapanuli saat malam Natal, coba cicipi kue lapet. Kue dengan bungkus daun pisang ini berisi tepung beras, gula aren, dan kelapa parut.

7. Ikan Bumbu Arsik

Ikan Bumbu Arsik (instagram.com)
Ikan Bumbu Arsik (instagram.com)


Mari liburan ke Sumatera Utara saat perayaan Natal, di sana Anda akan disuguhi ikan bumbu arsik dengan rempah bahan unik, seperti asam patikala, lokio, dan bunga kecombrang.

8. Kue Bagea

Kue Bagea (instagram.com)
Kue Bagea (instagram.com)


Jangan pernah melewatkan untuk memakan kue bagea dari Nusa Tenggara Timur. Saat Natal tiba, kue selalu dihidangkan dan terbuat dari tepung sagu, kacang tanah, serta kacang kenari. 

9. Klapertart

Klapertart (bisnisusahaonline.com)
Klapertart (bisnisusahaonline.com)


Liburan ke Manado saat Natal, Anda bisa menikmati Klapertart. Rasa makanan ini enak dan creamy, lebih enak lagi bila Klapertart ditaburi dengan bubuk kayu manis.

10. Babi Panggang Karo

Babi Panggang Karo (instagram.com)
Babi Panggang Karo (instagram.com)


Kudapan babi yang lain, Anda bisa pergi ke Sumatera Utara. Pasalnya, Natal di sini biasanya dirayakan dengan hidangan babi panggang karo. Makanan ini menggunakan bumbu daun serai, bawang putih, dan kecap manis.

Kesimpulan


Saat malam Natal tiba, sempatkan untuk berkeliling Indonesia. Nikmati juga berbagai kuliner khas Natal di seluruh Indonesia. Makanan khas Natal ini terbilang spesial dan mungkin tidak dirasakan oleh orang-orang di luar negeri.

Baca juga: 5 Perbedaan Daging Sapi, Ayam, dan Babi

Tak heran, beberapa turis rela liburan Natal di Indonesia, untuk mencicipi kuliner yang luar biasa. Indonesia memang terkenal dengan cita rasa masakan yang sangat lezat. Bahkan, beberapa menu makanan jadi makanan paling enak di dunia.

Jika artikel Njajan.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain. Terima kasih.


10 Makanan Natal Khas Indonesia 10 Makanan Natal Khas Indonesia Reviewed by Njajan on December 02, 2019 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.