17 Tips Membeli Kulkas Baru yang Paling Tepat

Cara Membeli Kulkas yang Tepat (appliancesconnection.com)

Teknologi lemari es atau kulkas sudah semakin berkembang. Namun, fungsi utama lemari pendingin ini masih sama yaitu untuk mendinginkan makanan atau minuman. Meski begitu, Anda tetap harus memperhatikan banyak hal agar mendapatkan kulkas baru yang paling tepat.

Takutnya jika Anda salah memilih kulkas, maka kinerjanya tidak akan bertahan lama dan mudah rusak. Pemilihan kulkas menjadi penting untuk menghindari banyaknya kerusakan dan menjaganya agar tetap awet.

Baca juga: 10 Tips Cerdas Beli Kue Kering Murah di Pasar Grosir

Banyak merek lemari es di toko elektronik. Anda mungkin akan bingung mau memilih kulkas yang mana. Kemudian salah satu karyawan di sana akan menyarankan untuk membeli kulkas tertentu. Walau sudah mendapat rekomendasi kulkas terbaik, Anda tetap harus memiliki pilihan sendiri.

Kulkas 2 Pintu yang Multifungsi (houseaffection.com)
Kulkas 2 Pintu yang Multifungsi (houseaffection.com)


Jadi, Anda harus tahu kelebihan dan kekurangan suatu merek kulkas. Paling tidak, Anda tahu antara kulkas 1 pintu dan kulkas 2 pintu, mana yang lebih baik. 

Tips Membeli Kulkas Baru


1. Kapasitas Kulkas


Anda harus memperhatikan kapasitas atau volume kulkas. Jika Anda mempunyai banyak bahan makanan, maka pilih kapasitas ruang kulkas yang besar. Apalagi jika Anda termasuk keluarga yang besar. Biasanya kebutuhan makanan akan semakin banyak.

2. Ukuran Kulkas


Saat memilih kulkas baru, perhatikan juga ukuran kulkas. Sebelumnya Anda harus mengukur ruang untuk menaruh kulkas. Misalnya, Anda meletakkan lemari es di dapur, maka sesuaikan ukuran kulkas dengan dapurnya. Kalau dapur besar, Anda bisa membeli kulkas yang besar atau sebaliknya.

3. Desain Kulkas


Walau desain kulkas sebagian besar sama, tapi ada juga desain kulkas yang kurang tepat. Maksudnya, desain lemari es tersebut menyulitkan untuk membukanya atau banyak rak yang tidak pas untuk menaruh makanan atau minuman.

4. Kualitas Bahan Kulkas


Perhatikan pula bahan kulkas. Jangan sampai bodi lemari es mudah karatan atau engsel pintunya gampang rusak. Terlebih kalau pintu atau karet tidak rapat sehingga suhu udara di dalam kulkas tidak dingin karena mengalami kebocoran.

5. Material Kulkas


Rata-rata standar material kulkas yang bagus adalah PCM atau Pre Coated Material. Bahan ini cukup kuat dan tahan terhadap karat, anti gores, serta memiliki lapisan yang mengilap. Kalau sekarang, lebih banyak kulkas yang menggunakan material tempered glass yang kuat, awet, dan tidak keropos.

6. Tingkat Pendingin Kulkas


Anda mungkin tidak menyadari bahwa tanda bintang pada kulkas ternyata mempunyai arti. Misal, lemari es Anda memiliki tanda bintang 3 berarti kemampuan pendingin kulkas mencapai -150°C. Kalau bintang 5 artinya kulkas Anda mampu mendinginkan makanan dan minuman sampai -210°C. Bintang 3 biasanya dimiliki oleh merek kulkas di Indonesia, sementara bintang 5 tersedia di wilayah Eropa.

7. Fitur Pendingin Ekstra


Tahukah Anda, fitur pendingin lemari es berbeda-beda setiap jenisnya. Namun, ada baiknya pilihlah kulkas yang mempunyai fitur multi air flow. Fitur ini dapat mendinginkan suhu di dalam kulkas secara merata ke seluruh bagian ruang kulkas. 

8. Rak dan Wadah di Kulkas


Untuk masalah rak dan wadah makanan di dalam kulkas juga harus diperhatikan. Contoh, tersedia rak telur berlubang, wadah khusus untuk daging dan ikan yang terpisah dengan makanan lain, tempat buah dan sayur sendiri, tempat makanan dan minuman yang bisa diatur, dan tempat pembuangan air yang tidak bocor serta bisa cepat menguap.

9. Kulkas Hemat Energi


Sudah banyak merek kulkas yang menawarkan teknologi kulkas hemat energi. Lemari es seperti ini akan memangkas penggunaan konsumsi daya listrik. Sehingga pengeluaran biaya listrik bulanan lebih terjangkau dan peralatan lemari es tidak mudah rusak.

10. Harga Kulkas yang Tidak Terlalu Mahal atau Murah


Pemilihan harga kulkas bisa menyesuaikan kebutuhan di kantong. Kalau Anda memang memiliki anggaran dana berlebih, maka Anda bisa membeli kulkas yang mahal. Namun, bila anggaran dana terbatas, pilih kulkas yang standar saja. Sekarang banyak kulkas berkualitas bagus walau harganya murah, tergantung mereknya.

11. Garansi Kulkas


Jangan lupa untuk menanyakan masalah garansi kulkas, apakah tersedia garansi resmi atau tidak. Sebab, sewaktu-waktu kulkas bisa mengalami kerusakan, terutama mesin pendingin. Jika kulkas tidak ada garansinya, maka konsumen akan merasa dirugikan.

12. Jumlah Pintu Kulkas


Beberapa kulkas memiliki banyak pintu, ada kulkas 1 pintu, kulkas 2 pintu, kulkas 3 pintu, hingga kulkas 4 pintu. Pemilihan jumlah pintu ini tergantung dari kebutuhan saja. Kalau Anda memiliki bayi yang masih minum ASI sebaiknya pilih kulkas 2 pintu dengan freezer terpisah. Sebab, bau bahan makanan dalam kulkas bisa sangat menyengat sehingga tidak baik untuk kulkas.

13. Fitur Kekinian


Saat ini sudah ada kulkas dengan tambahan fitur seperti dispenser air dan es, pembuat es batu, dual evaporator, dan fitur penggantian suhu manual. Dengan begitu, dalam satu kulkas tersedia berbagai varian fitur yang memudahkan pengguna.

14. Bahan-bahan Kulkas


Kalau mau kulkas lebih awet pilih dengan bahan stainless steel yang kuat dan tahan lama. Ada juga bahan yang terbuat dari kaca tempered glass yang juga lebih glossy dan menawan. Bahan ini lebih tahan lama karena tidak berkarat.

15. Banyak Skat Lebih Baik


Kulkas dengan banyak skat lebih baik ketimbang kulkas yang skatnya sedikit. Mengapa demikian? Sebab, kulkas yang banyak skatnya dapat dipakai untuk menyimpan banyak bahan makanan atau botol minuman. Coba bayangkan kalau skatnya sedikit, pasti makanan akan menumpuk dan sulit untuk dipisahkan berdasarkan kategori makanan.

16. Kulkas dengan Teknologi Kekinian


Teknologi kulkas sudah bisa terhubung dengan internet. Sehingga jika sewaktu-waktu isi kulkas habis, Anda dapat mengetahuinya melalui layar smartphone. Bahkan, ada pula pintu kulkas yang tembus pandang untuk melihat isi kulkas tanpa harus membukanya. 

Selain itu, pintu kulkas juga bisa dijadikan layar untuk menampilkan bahan makanan yang habis atau menampilkan resep makanan tertentu.

17. Ketahanan Kulkas


Kulkas yang normal bisa bertahan hingga 10-15 tahun. Kalau bahannya kurang berkualitas, biasanya kulkas akan cepat rusak karena sudah tidak dingin atau keropos. 

Jadi, pemilihan bahan kulkas juga penting untuk menjaganya tetap awet. Jangan sampai Anda membeli kulkas yang kualitasnya buruk sehingga setiap tahun bisa ganti kulkas terus.

Kesimpulan


Demikian beberapa tips membeli kulkas baru yang paling tepat. Kulkas yang bagus tidak harus mahal. Namun, kulkas yang bagus biasanya tahan lama, dingin, dan tidak mudah rusak. Pemilihan bahan dan merek kulkas juga penting.

Baca juga: 5 Tips Belanja Hemat di Bulan Ramadan Agar Tidak Boros

Anda bebas memilih merek kulkas tertentu, tergantung dari selera dan kondisi keuangan. Kalau kondisi keuangan sedang baik, maka pilih kulkas yang bagus sekalian untuk jangka panjang. Namun, jika uangnya terbatas, Anda bisa membeli kulkas yang standar saja. 

Jika artikel Njajan.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain. Terima kasih.


17 Tips Membeli Kulkas Baru yang Paling Tepat 17 Tips Membeli Kulkas Baru yang Paling Tepat Reviewed by Njajan on January 07, 2020 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.