8 Tips Membuat Dapur Terlihat Cantik dan Modern

Tips Dapur Cantik (casaindonesia.com)

Njajan.com - Bagi ibu rumah tangga, area dapur sering kali menjadi pilihan menghabiskan waktu untuk memasak. Sebagai suami Anda harus peka. Setidaknya buatlah dapur agar terasa nyaman, cantik, dan modern. 

Nah, faktor utama merealisasikan hal tersebut dengan mendesain dapur lebih cantik. Anda juga harus membuat konsep rumah modern yang menyatukan area ruang makan dengan dapur.

Baca juga: 6 Cara Membuat Dapur Rumah Selalu Bersih dan Rapi

Ruang dapur yang sempit atau kecil sekalipun akan menjadi nyaman. Kuncinya bisa di penataan peralatan, perkakas, dan warna cat.

Tips Membuat Dapur Cantik dan Modern

Tips Membuat Dapur Terlihat Cantik dan Modern (casaindonesia.com)
Tips Membuat Dapur Terlihat Cantik dan Modern (casaindonesia.com)


Untuk membuat dapur terlihat cantik dan modern, faktor utama tentu adalah pemilihan warna cat. Kecantikan dapur tidak harus berwarna cerah atau mencolok, Anda juga bisa menggabungkan warna gelap dan cerah, seperti warna hitam dan putih.

1. Warna Cerah dengan Layout Dapur Simpel


Dapur dengan ruangan yang luas atau sempit, kunci utamanya adalah penempatan peralatan dapur dalam satu sisi dinding saja. Jadi, buat dapur terlihat lebih sederhana, praktis, dan simpel.

Layout dapur harus fungsional dengan cara menggabungkan area makan, menyiapkan makanan, dan tempat membersihkan peralatan makan. Lalu, pemilihan warna dinding atau meja bisa dibuat putih.

2. Gabungkan Dua Warna yang Kontras


Tahukah Anda, penerapan warna hitam di seluruh kabinet di satu sisi dinding dapur dapat membuat dapur terkesan maskulin. Setelah warnai dinding dengan cat putih. 

Sehingga dapur seakan memiliki aura maskulin dan terlihat homey saat dinding putih bertemu dengan permukaan kabinet hitam bertekstur menyerupai batuan alam.

3. Warna Hitam Putih Untuk Membagi Fungsi Area


Area di dapur dapat dibagi-bagi menggunakan warna hitam dan putih. Misalnya, warna hitam pada bagian kabinet, kemudian meja makan berwarna putih. Perbedaan warna ini menciptakan pembagian area semu di dapur.

4. Aksen Warna Gelap untuk Kamuflase


Biasanya dapur mempunyai luas serta pencahayaan alami yang terbatas. Hal tersebut dapat diakali dengan pengaplikasian warna putih sebagai warna utama dapur dan sentuhan warna gelap sebagai aksen.

Nah, warna gelap ini dapat mengkamuflase noda atau kotoran saat memasak di dapur. Sehingga Anda tidak perlu takut dapur Anda terlihat kotor.

5. Permukaan Motif Agar Tidak Membosankan


Agar suasana dapur terlihat lebih hidup dan cantik, permukaan kabinet meja dan lainnya yang gelap bisa diberi motif guratan warna putih. Motif guratan ini dibuat abstrak seperti guratan kayu atau batu yang alami.

6. Dapur Terlihat Cantik dan Glossy


Supaya dapur tampak cantik dan modern, buat permukaan meja dapur lebih glossy. Tidak hanya terlihat berkilauan dan terkesan mahal, tapi meja dapur yang glossy membuatnya tahan air. Lebih tepat lagi, bila meja glossy seperti ini ditempatkan di area yang basah atau sering terkena cipratan air.

7. Meja Dapur Dilapisi Bebatuan


Anda yang suka dapur cantik bisa melapisi meja dapur dengan bebatuan granit atau lempengan batu bertekstur. Sepertinya pemilihan ubin bertekstur lebih baik daripada polosan saja. Selain cantik, dapur Anda akan terlihat lebih alami dan modern.

8. Desain Dapur Putih


Cantik di sini bisa juga diartikan bersih. Nah, dapur yang bersih bisa didesain dengan warna putih. Jadi keseluruhan peralatan, kabinet, hingga meja berwarna putih. Sebagian ornamen bisa dipilihkan yang glossy agar tampak berkilauan.

Kesimpulan


Demikian tips membuat dapur terlihat cantik dan modern. Jadi, tidak harus mewarnai dapur menjadi pink atau kuning. Cantik bisa juga didapat dari kombinasi warna hitam dan putih.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Dapur Minimalis Ukuran 3x3

Selain itu, pemilihan bahan serta permukaan meja dapur juga penting untuk menciptakan kesan cantik dan modern. Yang terpenting pilih desain dapur yang simpel dan mudah dibersihkan agar dapur selalu tampak cantik.

Jika artikel Njajan.com bermanfaat, jangan lupa like dan share ke teman-teman yang lain. Terima kasih.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama