4 Aplikasi Bisnis Kuliner Online Lokal yang Menginspirasi

bisnis-kuliner-online

Njajan.com- Bisnis kuliner online di Indonesia saat ini sedang menggeliat. Ratusan situs dan aplikasi rintisan yang mengusung kuliner mulai banyak dikembangkan. Bisnis ini berjajar dari penghantaran makanan, marketplace kuliner, hingga penghubung antara penjual dan pembeli makanan. 

Berikut ini aplikasi kuliner lokal yang bisa menginspirasi Anda untuk turut merintis bisnis kuliner online serupa.

Baca juga: Modal Rp 1,3 Juta Untuk Bisnis Cafe Susu, Sekarang Omzet Pemuda Ini Rp 250 Juta Per Bulan

1. Wakuliner

bisnis-kuliner-online
Aplikasi Kuliner (id.techinasia.com)
Wakuliner merupakan singkatan dari Wadah Kuliner. Ide membentuk platform dan aplikasi kuliner ini berawal dari banyaknya e-commerce marketplace yang berkembang pesat di Indonesia seperti Bukalapak dan Tokopedia. Sedangkan marketplace yang khusus melayani perdagangan kuliner belum ada. 

Layanan Wakuliner meliputi direktori lokasi tempat makan (Waku-Wiku), katering (Waku-Katering), dan pesan-antar (Waku-Antar). Dengan 2.850 merchant yang tersebar di 30 kota di Indonesia, Wakuliner menjamin kecepatan pesan-antar dari penjual ke pelanggan.

Untuk menikmati layanan Wakuliner, konsumen bisa melihat detil merchant dan review pelanggan. Lalu menentukan pesanan dan kurir siap mengantar. Cara pembayaran bisa dilakukan dengan COD (cash on delivery) maupun transfer bank atau uang virtual. 
Bagi mengantisipasi keluhan konsumen, Wakuliner menyediakan call center yang siaga 24 jam. 

2. Kulina

bisnis-kuliner-online
Kulina (id.techinasia.com)
Kulina merupakan marketplace yang menghubungkan penyedia jasa katering dengan pembeli. Bisnis kuliner online yang dirintis oleh Andy Fajar Handika ini melayani pengguna dengan sistem pre order. Pengguna harus memesan makanan sehari sebelumnya, minimal untuk tiga hari ke depan.

Pembayaran dapat dilakukan dengan transfer bank dan kartu kredit, serta sistem Wallet yang bisa diisi sebelum digunakan. Kulina juga menawarkan berbagai promo dan diskon kepada pelanggan. Diskon 3% diberikan untuk berlangganan makan selama 10 hari dan diskon 10% untuk berlangganan selama 20 hari.

Promo juga diberikan melalui kode unik yang didapatkan setelah pelanggan mendaftar ke website Kulina dengan mengikuti program referral mereka.

Kulina saat ini menjadi solusi bagi pekerja kantoran di Jakarta yang tidak sempat keluar kantor untuk makan siang. 

3. Makan di Mana


Aplikasi yang diterbitkan oleh Detik Food bekerja sama dengan Radya Labs ini membantu konsumen menemukan tempat makan terdekat dari lokasi mereka berada. Makan di Mana menyediakan rekomendasi berdasarkan kategori dan tempat. 

Cara menggunakan aplikasi ini cukup mudah. Aplikasi akan mencari posisi pengguna, kemudian menampilkan informasi berupa foto tempat makan, deskripsi, kategori, dan peta menuju ke sana. Ada juga review dari pengguna sebelumnya.

Pengguna juga dapat menambahkan tempat makan yang tidak terdapat di dalam aplikasi ini, beserta informasi lengkapnya melalui fitur "tambah venue".

4. Madhang


Aplikasi bisnis kuliner online ini diluncurkan pada 10 Desember 2017 lalu. Aplikasi besutan PT Madhang Sak Indonesia ini mencetuskan sensasi lantaran menggaet putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep yang selama ini dikenal sebagai Youtuber dan social media influencer.

Madhang merupakan aplikasi yang bertujuan menjadi perantara pembeli dan penjual makanan berbasis resep keluarga. Aplikasi ini diharapkan bisa menjadi akses mendapatkan penghasilan tambahan bagi ibu rumah tangga dengan menjadi mitra mereka. Saat ini, mitra Madhang tersebar di Solo, Yogyakarta, Semarang, Surabaya, dan Bali.

Baca juga: Warunk Upnormal Sukses, Pemiliknya Tetap Sederhana

Setelah mengetahui berbagai jenis layanan yang ditawarkan aplikasi bisnis kuliner online di atas, mungkin Anda terpacu untuk merintis bisnis sejenis. Sebagai pemula dalam dunia bisnis ini, Anda juga bisa mendaftar sebagai mitra mereka. 

Jika artikel Njajan.com ini bermanfaat untuk Anda, klik like dan share agar semakin banyak orang yang terinspirasi.


4 Aplikasi Bisnis Kuliner Online Lokal yang Menginspirasi 4 Aplikasi Bisnis Kuliner Online Lokal yang Menginspirasi Reviewed by Admin on February 13, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.