Cara Memasak Edamame dan Cara Menyimpan (sakerestaurant.com)


Njajan.com - Sekarang banyak sekali pilihan jajanan kacang yang enak. Nah, salah satu yang paling populer di antara jajanan tersebut adalah edamame. 


Edamame, termasuk kedelai, tak hanya enak, tapi juga praktis dalam proses memasaknya. Menurut Healthline, edamame juga sangat menyehatkan karena protein yang di kandungnya baik untuk tubuh.


Ada 18,5 gram protein dalam 155 gram edamame. Biji edamame ini menyediakan semua asam amino yang dibutuhkan oleh tubuh manusia, meskipun tidak sebaik protein hewani.


Edamame kini mudah ditemukan di pasaran. Jika Anda membeli dalam jumlah banyak, Anda bisa menyimpan edamame di lemari es dalam waktu yang lama.


Baik segar maupun beku, karena sudah lama disimpan di lemari es, edamame mudah diolah. Tahukah Anda, tidak sulit memasak edamame di rumah untuk dijadikan jajanan.


1. Masak Edamame dengan Cara Direbus


Anda bisa mencoba cara ini. Merebus adalah metode memasak edamame yang populer. Caranya mudah, Anda hanya perlu menyiapkan sepanci berisi air.


  • Pertama, siapkan panci dan isi dengan air. 
  • Tuang garam secukupnya dan didihkan.
  • Tempatkan edamame dan kulit dalam panci. Rebus hingga kacang empuk di dalam cangkang, kurang lebih 5 menit. 
  • Angkat dan tiriskan airnya, lalu lanjutkan dengan membilas edamame yang direbus dengan air dingin. 
  • Bumbui dengan bumbu sebelum disajikan.
  • Setelah selesai, edamame siap dinikmati.


2. Alat Microwave


Jika Anda ingin memasak edamame lebih cepat, gunakan oven microwave. Caranya, masukkan edamame ke dalam mangkuk tahan panas, yang bisa digunakan untuk memasak microwave.


Jika edamame masih segar, percikkan beberapa tetes air dengan tangan basah. Teteskan airnya hingga menyentuh permukaan mangkok dan cangkang edamame ya.


Tutup mangkuk dan microwave sampai kacang empuk. Waktu memasak sekitar 1 hingga 3 menit. Setelah selesai, biarkan edamame mendingin beberapa saat hingga cukup dingin. Bumbui dan rasakan.

Cara Memasak Edamame (japantimes.co)
Cara Memasak Edamame (japantimes.co)



3. Teknik Masak Pan Sear


Bagi yang belum tahu, pan sear merupakan teknik memasak yang menggunakan panci atau wajan dengan suhu tinggi. Faktanya, teknik ini jarang digunakan untuk memasak edamame, tetapi dianggap menghasilkan produk edamame yang paling enak.


Cara memasak edamame, panaskan wajan besar. Setelah panci panas, celupkan tangan Anda ke dalam air bersih dan percikkan air ke permukaan panci. Jika ternyata airnya mendidih, wajan sudah siap untuk memasak edamame.


Masukkan edamame ke dalam wajan, kecilkan api, dan masak hingga bagian bawah buncis berubah warna menjadi cokelat. Balik edamame dan masak. Sedikit goyangkan panci, tetapi jangan terlalu sering mengaduk edamame.


Lakukan ini sampai kedua sisi edamame berwarna kecokelatan dan isinya empuk. Tambahkan bumbu dan sajikan edamame dalam kondisi hangat. 


4. Edamame Dikukus


Cara mengukus edamame, tuangkan sekitar 3 cm air ke dalam panci dan didihkan. Masukkan edamame ke dalam kukusan atau saringan yang mendidih. 


Tutup panci dan kukus selama 5-10 menit untuk mendapatkan edamame segar. Jika perlu, bilas edamame hingga dingin. 


5. Edamame Ditumis


Olahan edamame lainnya bisa menggunakan wajan wok panas. Caranya masak edamame di wajan panas dengan api sedang.


Tunggu sampai polong kacang edamame berubah warna jadi kecokelatan. Balik-balik sampai sisi satunya juga berubah kecokelatan. Masak terus edamame sampai empuk. Edamame siap disajikan.

Baca juga:

Resep Kacang Telur Keriting yang Renyah dan Gurih

5 Resep Sayur Asem Enak Khas Jakarta, Jawa, Betawi, dan Sunda

3 Resep Kacang Bawang Berbagai Rasa Beda Dari Biasanya


Cara Menyimpan Edamame Agar Tahan Lama


Lantas, apakah Edamame bisa disimpan untuk dinikmati di kemudian hari? Banyak yang belum tahu bahwa edamame begitu dipetik akan kehilangan rasanya.


Jadi yang terbaik mengonsumsi edamame adalah sesegera mungkin. Anda menyimpan edamame di dalam kulkas kalau mau awet dan tahan lama 1-2 hari.


Kalau mau lebih lama lagi semisal 3-4 hari, masak dulu edamame kemudian masukkan ke lemari es. Edamame bisa tahan sampai 1 tahun apabila sudah dimasak, lalu dikeringkan, dan biarkan dingin.


Setelah itu, edamame dimasukkan ke dalam wadah kedap udara dan disimpan di dalam freezer lemari es.


Kesimpulan


Demikian beberapa cara memasak edamame yang gurih dan cara menyimpannya. Edamame itu sejenis kacang-kacangan yang enak dan gurih. 


Biasanya makanan ini dimasak dengan cara direbus. Namun, tidak sedikit pula yang memasak edamame dengan cara lain. Kalau Anda suka masak edamame seperti apa?


Jika artikel Njajan.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain. Terima kasih.

Post a Comment