3 Fakta Menarik dan Resep Gyoza, Jajanan Pangsit ala Jepang

resep-gyoza

Njajan.com - Sushi dan tempura adalah makanan klasik khas Negeri Matahari Terbit yang sudah diketahui umum. Selain kedua makanan tersebut, masih banyak kuliner lokal yang populer di Jepang, salah satunya gyoza. Berikut ini dapat Anda temukan fakta menarik dan resep gyoza yang dapat dicoba sendiri di rumah.

Baca juga:  Ingin Gorengan yang Tidak Biasa? Coba Resep Gorengan Ala Jepang


1. Berasal dari Tiongkok

Gyoza adalah pangsit mini berisi sayuran dan daging yang dibungkus kulit tipis dari adonan tepung terigu dan air. Aslinya, gyoza berasal dari daratan Tiongkok lalu menjadi makanan yang biasa dikonsumsi di Jepang. Sayur yang biasa digunakan antara lain kubis, kucai, dan bawang putih. Sementara dagingnya menggunakan daging babi atau ayam. 


2. Terdiri dari Beberapa Jenis

Hampir sama dengan dimsum, gyoza juga memiliki beberapa jenis yaitu:

  • Yaki Gyoza. Gyoza ini dikenal juga dengan nama pan fried gyoza. Sebelah sisinya dipanggang dengan minyak wijen dan sisi yang lain dibiarkan terkukus di dalam wajan. Sebelum proses memasak selesai, seluruh bagian gyoza disiram dengan air.
  • Sui Gyoza. Sui gyoza adalah gyoza yang direbus. Dalam makanan tradisional Tiongkok, gyoza rebus dikenal sebagai jiaozi. Cara penyajiannya dengan pelengkap berupa sup.
  • Age Gyoza.Gyoza ini dimasak dengan cara digoreng dengan banyak minyak, sehingga kulitnya garing dan renyah. Menu ini jarang dijumpai di restoran Jepang selain yang khusus menyediakan gyoza.

3. Biasa Menjadi Menu Pendamping

resep-gyoza
Gyoza (sumber: pergidulu.com)
Di negara asalnya, setiap keluarga memasak resep gyoza sendiri di rumah. Jika ingin menikmatinya di restoran ketika berkunjung ke sana, Anda bisa mendapatkannya di restoran ramen. Gyoza umumnya tidak dijadikan makanan utama, melainkan pendamping.

Ketika memesannya, Anda akan memperoleh gyoza untuk porsi satu atau dua orang dalam satu piring. Biasanya setiap porsi berisi 6 buah gyoza. Sebagai pelengkap, gyoza disajikan bersama saus yang disebut raayu. Saus raayu dibuat dari kecap asin, minyak cabai, dan cuka yang dicampur menjadi satu.

Baca juga: Inilah Resep Masakan Cina Halal yang Sederhana dan Mudah


Resep Gyoza Ayam (Pan Fried Dumpling)

resep-gyoza
Membuat Gyoza (sumber: matcha-jp.com)
Jika penasaran dengan rasanya, tetapi belum berkesempatan pergi ke restoran Jepang, Anda dapat membuatnya sendiri resep gyoza halal yang dirangkum dari Elly Yustina di Cookpad berikut ini.

Bahan-bahan Kulit:
  • 150 gram tepung terigu 
  • 1/4 sendok teh garam
  • Air secukupnya

Bahan-bahan Isian:
  • 250 gram daging ayam, cincang halus. 
  • 25 gram daging udang cincang (jika suka)
  • 75 gram daun kucai
  • 1 sendok makan minyak zaitun 
  • 1 sendok teh saus tiram 
  • 1/2 sendok teh garam
  • 2 siung bawang putih, haluskan

Cara Membuat:
  1. Kulit: Campurkan tepung terigu dan garam, aduk hingga rata. Tuangkan air hangat sedikit demi sedikit sambil uleni hingga kalis. Kemudian bentuk bulat-bulat sebesar kelereng dan sisihkan.
  2. Isi: Campur ayam, daun kucai, minyak zaitun, garam, bawang putih, dan saus tiram, aduk rata. Sisihkan.
  3. Giling adonan kulit sampai menjadi bundar dan setipis mungkin, lakukan sampai habis.
  4. Ambil satu sendok makan isi, letakkan di bagian tengah kulit.
  5. Tutup dengan satu sisi menutup sisi yang lain dan lipat sisinya seperti membuat pastel goreng, ulangi hingga habis.
  6. Susun gyoza di atas teflon yang sudah diolesi minyak sayur, masak hingga bagian bawahnya agak kecokelatan.
  7. Kecilkan api, lalu tuangkan air hangat hingga separuh bagian gyoza terendam air.
  8. Tutup wajan, masak hingga matang dan air mengering.

Angkat gyoza dan sajikan bersama kecap asin dan potongan cabai rawit, kuah cuko, atau saus sambal. 

Setelah berhasil membuat resep gyoza mentah, Anda dapat memasaknya dengan cara dipanggang, kukus, atau goreng di minyak panas. Gyoza sangat nikmat disantap bersama bakso, mi rebus, atau sup. Jika artikel Njajan.com ini bermanfaat bagi Anda, silakan klik tombol like dan share di bawah ini. Terima kasih.



3 Fakta Menarik dan Resep Gyoza, Jajanan Pangsit ala Jepang 3 Fakta Menarik dan Resep Gyoza, Jajanan Pangsit ala Jepang Reviewed by Admin on August 30, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.