5 Oleh-oleh Yogyakarta Kekinian yang Tak Boleh Dilewatkan

oleh-oleh-yogyakarta-kekinian

Njajan.com - Yogyakarta adalah salah satu kota tujuan wisata di Indonesia yang selalu menawarkan hal-hal baru dari waktu ke waktu. Di samping tempat dan atraksi wisata yang terus bertambah, oleh-oleh Yogyakarta kekinian juga turut menggembirakan kunjungan Anda ke kota ini. Berikut 5 oleh-oleh hits dari Yogyakarta yang wajib dibawa pulang dari sana.

Baca juga: 6 Kue Artis Paling Populer di Surabaya

Gudeg Kaleng

Gudeg Kaleng (sumber: laraswati.com)
Sebagai ikon Yogyakarta, gudeg wajib dicicipi dan dibawa pulang sebagai oleh-olah. Namun, bentuk gudeg yang basah agak merepotkan untuk dibawa. Bisa-bisa tumpah atau berceceran ketika di perjalanan. Jangan khawatir, saat ini sudah tersedia gudeg dalam kemasan kaleng.

Produsen gudeg kaleng yaitu Gudeg Bu Lies yang berada di Kampung Wijilan, kampung sentra gudeg di Yogyakarta. Gudeg Bu Lies yang berdiri sejak tahun 1993 ini menyuguhkan gudeg yang dapat dibawa pulang dalam kemasan besek (kotak dari anyaman bambu), kendil (periuk tanah liat), dan kaleng. Dalam satu kaleng ukuran 300 gram, Anda akan mendapatkan gudeg nangka, krecek, telur ayam, tahu, dan tempe. Harga satu kaleng gudeg juga cukup terjangkau, mulai Rp35.000 saja.

Bakpia Kukus

Berbeda dengan bakpia lain yang diolah dengan cara dipanggang, bakpia kukus berbentuk lebih besar dan teksturnya empuk. Merek dagang oleh-oleh Yogyakarta kekinian ini yaitu Bakpia Kukus Tugu Jogja. Bakpia kukus mereka terdiri atas dua varian kulit yaitu original yang berwarna putih, dan cokelat yang warnanya cokelat kehitaman. Sementara bagian dalamnya ada empat pilihan, kacang hijau, kacang merah, cokelat, dan keju. Harga setiap kotak berisi 10 buah bakpia kukus yaitu mulai Rp30.000 dan bisa Anda dapatkan di outletnya, Jalan Kaliurang Km 5,5 No. 10A, Caturtunggal, Yogyakarta.

Cake Thiwul

Thiwul merupakan makanan khas dari daerah Gunungkidul, DIY. Bahan utamanya yaitu gaplek, singkong yang dikeringkan kemudian dijadikan tepung. Oleh Jogja Regale, thiwul tak disajikan dengan dikukus dan ditaburi parutan kelapa seperti biasanya. Melainkan diolah menjadi oleh-oleh Yogyakarta kekinian bernama cake thiwul. Cake Thiwul Kekinian ini tersedia dalam aneka rasa yaitu original, red velvet nougat, choco oreo, double cheese cream, taro blueberry, strawberry cheese, dan pandan green tea. Harganya berkisar antara Rp37.000 hingga Rp45.000 per kotak. Cake unik ini bisa tahan hingga 1 bulan jika disimpan di dalam lemari es. Anda bisa membelinya di gerai Jogja Regale di Jalan Modang No. 467/MJ. III Jogokariyan, Yogyakarta.

Jogja Scrummy

Jogja Scrummy (sumber: dismonimo.com)
Jogja Scrummy merupakan kue paduan dari puff pastry dengan brownies kukus dan isi yang beraneka rasa. Usaha kue milik aktor Dude Harlino ini terdiri dari 5 varian rasa yaitu cokelat, srikaya, mangga, caramel, keju, dan taro. Baru-baru ini, Jogja Scrummy juga meluncurkan Premium Carrot Cake yang berbahan dasar wortel segar. Harga satu kotak kue mereka dibanderol mulai dari Rp45.000. Outletnya sendiri berada di beberapa lokasi, salah satunya di Ruko Cakra Jln. Kaliurang Km. 5.5 No.44 Depok, Sleman, Yogyakarta.

Cokelat Monggo

Cokelat Monggo adalah oleh-oleh Yogyakarta kekinian yang diproduksi oleh seorang pengusaha asal Belgia yaitu Thiery Detournay melalui perusahaannya Anugrah Mulia. Awalnya, Thiery hanya seorang turis yang merasa tidak puas dengan rasa cokelat yang dijual di toko. Kemudian, karena kecintaannya terhadap cokelat dan Yogyakarta, ia pun menciptakan produk cokelat sendiri yang memiliki ciri khas kota ini. Cokelat Monggo hadir dalam berbagai varian rasa antara lain cokelat cashew nuts, praline, coconut, red chilli cabe, dan green tea. Cokelat ini dikemas dengan kertas daur ulang yang didesain menarik. Harga cokelat ini mulai Rp28.000 untuk kemasan 40 gram, dan Rp58.000 untuk kemasan 100 gram.

Baca juga: Makanan Kepiting di Jogja yang Harus Anda Coba

Ternyata oleh-oleh Yogyakarta kekinian tidak hanya berupa makanan yang tergolong baru, melainkan juga makanan legendaris Jogja yang tampil dalam wajah baru. Jika artikel Njajan.com ini bermanfaat untuk Anda, silakan klik like dan share kepada teman-teman. Terima kasih.



5 Oleh-oleh Yogyakarta Kekinian yang Tak Boleh Dilewatkan 5 Oleh-oleh Yogyakarta Kekinian yang Tak Boleh Dilewatkan Reviewed by Admin on August 29, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.