8 Tips Memasak Kerang dan Resep Kerang Bambu Bumbu Rujak

Tips Memasak Kerang Bambu Bumbu Rujak (twitter.com)

Njajan.com - Bagi penggemar hidangan boga bahari, kerang diolah dengan bumbu apa pun terasa nikmat. Berbagai jenis kerang seperti kerang hijau, kerang bambu, kerang kepa, kerang putih, dan kerang kijing dapat dioleh dengan beragam bumbu pula. Ada saus padang, saus tiram, saus asam manis, hingga bumbu rujak yang saat ini sedang digemari.


Tidak selalu dapat menyantap kerang di restoran, Anda harus belajar memasak kerang jika sangat menyukainya. Nah, berikut tips memasak kerang, dilansir dari Bon Appetit yang wajib Anda tahu sebelum mengolahnya sendiri.

Baca juga: 3 Tempat Kuliner Lobster Jogja di Kawasan Gunungkidul

1. Pilih Kerang yang Segar


Kerang segar adalah syarat utama untuk menghasilkan masakan kerang yang lezat. Sebaiknya Anda membeli kerang yang masih hidup karena cangkangnya masih tertutup dan tidak amis.

2. Cuci Bersih


Sebelum dibumbui kerang harus dicuci bersih supaya tidak berpasir, khususnya kerang bambu. Cuci kerang dalam wadah menggunakan air dingin. Guncang dan gosok cangkang agar pasir dan kotoran hilang. Jika kotoran sulit ditanggalkan, gunakan sikat gigi atau pisau.

3. Gunakan Rempah untuk Memasak


Tak ingin kehilangan rasa asli kerang bukan berarti memasaknya tanpa rempah dan bumbu. Menumis kerang dengan tambahan jahe, bawang putih, bawang merah cincang, dapat menjadikan aroma kerang lebih menggoda.

4. Masak dengan Cairan Selain Air


Merebus kerang memerlukan air yang cukup untuk mematangkan dagingnya. Selain air putih biasa, Anda dapat merebus kerang degan santan cair atau jus tomat tanpa gula untuk memberikan rasa berbeda.

5. Jangan Memasak Terlalu Lama


Memasak kerang mulai dari menumis dengan bumbu, menambahkan cairan, hingga mematangkannya harus dilakukan dengan cepat agar daging kerang tidak alot. Setelah cairan mendidih, segera saja angkat kerang. Menggunakan penggorengan anti lengket atau sauce pan akan mempercepat proses pematangan kerang.

6. Tutup Wajan Ketika Memasak


Selama proses memasak, wajan harus selalu tertutup. Tujuannya supaya semua bagian kerang matang sempurna. Memasak dengan wajan tertutup akan membuat panas uap di dalamnya meningkat sehingga lekas matang. Jangan membuka penutup ketika memasak untuk menghindari tekanan udara berubah dan proses pematangan terganggu. Jika takut gosong, aduk dengan cara menggoyangkan wajan.

7. Buang Kerang yang Tidak Segar


Selesai memasak, jangan hidangkan kerang begitu saja. Perhatikan mana kerang yang layak dimakan dan yang tidak. Kerang yang tidak membuka, artinya sudah mati ketika dimasak. Segeralah buang jika Anda menemukannya sebab kerang ini tidak layak makan dan tidak sehat. Kerang yang sehat akan membuka ketika proses pemasakan, sehingga memudahkan Anda ketika menyantapnya.

Baca juga: Makanan Kepiting di Jogja yang Harus Anda Coba

Resep dan Cara Memasak Kerang Bambu Bumbu Rujak



Salah satu olahan kerang yang sedang hits saat ini adalah kerang bumbu rujak. Hidangan ini semakin menggoyang lidah jika dinikmati dengan sepiring nasi hangat. Dikutip dari Eresep, resep kerang bambu bumbu rujak berikut bisa Anda coba di rumah.

Bahan-bahan:

  • 1 kg kerang bambu
  • Air untuk merebus secukupnya
  • Minyak untuk menggoreng
  • 6 buah cabai rawit merah
  • 3 buah cabai merah keriting
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt terasi, bakar
  • 50 gram kacang tanah, goreng hingga kecokelatan
  • 150 gram gula jawa, sisir
  • 1 sdm air asam
  • 100 gram daging buah nanas, parut
  • 2 buah jeruk limau
  • 30 gram bawang merah goreng


Cara Membuat:

  1. Cuci kerang bambu hingga benar-benar bersih, rebus sampai cangkangnya terbuka.
  2. Tiriskan hingga tuntas, sisihkan.
  3. Keluarkan daging kerang dari cangkang, kemudian bakar sampai sedikit kecokelatan. Letakkan kembali ke dalam cangkang, sisihkan.
  4. Haluskan terasi, cabai merah, cabai rawit, dan garam. Masukkan kacang tanah, lumatkan. Tambahkan gula jawa, kemudian haluskan kembali.
  5. Tambahkan air asam, air jeruk limau, dan nanas parut, aduk rata.
  6. Tuangkan saus di atas kerang bambu, kemudian taburkan bawang merah goreng.
  7. Kerang bumbu rujak siap disajikan.


Itulah serangkaian tips memasak kerang dan resep kerang bumbu rujak yang nikmat. Menu ini cocok disantap untuk makan siang bersama keluarga. Jika artikel Njajan.com bermanfaat, silakan klik like dan share. Terima kasih


8 Tips Memasak Kerang dan Resep Kerang Bambu Bumbu Rujak 8 Tips Memasak Kerang dan Resep Kerang Bambu Bumbu Rujak Reviewed by Njajan on November 01, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.