5 Tips Promosi Bisnis Kuliner Ampuh untuk Dongkrak Penjualan

Tips Promosi Bisnis Kuliner (youtube.com)

Njajan.com - Bisnis kuliner terus berkembang dan tidak pernah menunjukkan tanda-tanda surut. Hanya tren yang selalu berubah-ubah karena manusia cenderung suka mencoba hal-hal baru, termasuk dalam urusan mengisi perut. Bagi Anda yang baru merintis usaha di bidang makanan, baik makanan berat ataupun ringan, penting untuk menggunakan tips promosi bisnis kuliner. Tujuannya agar produk Anda dikenal luas, penjualan meningkat, dan keuntungan pun meroket. Dikutip dari beberapa sumber, simak tips berikut.


1. Membuat Kreasi Produk Makanan yang Unik


Produk makanan yang serupa dan itu-itu saja pasti membosankan. Mungkin di awal sambutannya cukup baik, tetapi pelanggan lama kelamaan akan berkurang karena tidak adanya inovasi. Agar hal ini tidak terjadi, buatlah kreasi makanan yang berbeda dari yang biasa baik bentuk, warna, maupun rasanya.

Kreasi yang berbeda juga dapat dilakukan dengan bentuk kemasan yang unik. Produk yang tampil di luar pakem yang ada, kemungkinan besar mengundang calon pelanggan yang penasaran dengan keunikannya.

Baca juga: Modal Rp 100 Ribu, Inilah Kunci Sukses Bisnis Kuliner Dapur Solo


2. Menawarkan Makanan yang Lebih Bervariasi


Pebisnis kuliner yang menawarkan satu jenis makanan saja biasanya tidak mengalami kemajuan bisnis yang pesat. Oleh sebab itu, penting untuk menyediakan beberapa jenis makanan dengan variasi berbeda. 

Misalnya jika Anda berjualan nasi goreng, tidak cukup dengan nasi goreng biasa. Anda dapat menyediakan nasi goreng ayam, nasi goreng cumi, nasi goreng babat, hingga nasi goreng kambing. Menu yang bervariasi akan membuat pelanggan memiliki banyak pilihan sehingga nantinya mereka akan kembali untuk mencoba menu yang lain.


3. Menjual Makanan Kepada Orang-orang Terdekat


Tips promosi bisnis kuliner ini cocok bagi pemula yang mungkin masih malu-malu menawarkan dagangan kepada orang banyak. Sebagai langkah awal, Anda dapat menjual produk makanan kepada orang-orang terdekat seperti keluarga, saudara, dan sahabat.

Setelah mereka mencicipi produk Anda, minta mereka untuk memberikan testimoni tentang cita rasa makanan, kemasan, dan harganya. Jika pengakuan mereka positif, jangan ragu meminta bantuan untuk membantu promosi ke rekan-rekan mereka.

Selain kerabat dan teman dekat, manfaatkan juga komunitas di mana Anda menjadi anggotanya. Semisal komunitas hobi atau komunitas fans klub olahraga. Kenalkan produk berupa sampel untuk dicoba dan direkomendasikan rasanya kepada orang-orang di sekitar mereka.

Baca juga: Peluang Bisnis Kuliner Waralaba dengan Modal Kecil


4. Maksimalkan Promosi dengan Media Sosial


Media sosial tak diragukan lagi merupakan sarana promosi yang ekonomis dan ampuh. Anda dapat memanfaatkan media sosial seperti Facebook dan Instagram untuk menjalankan promosi bisnis kuliner. Namun, Anda perlu memperhatikan cara berpromosi yang efektif, tidak hanya asal mengunggah foto dan kata-kata seadanya saja.

Pastikan foto produk dikerjakan dengan baik agar hasilnya sempurna. Ambil foto dari beberapa sudut yang menarik dan memberi kesan eksklusif pada produk Anda. Jika tidak terlalu menguasai cara menghasilkan foto makanan yang menggoda mata, maksimalkan keterangan foto atau caption-nya.

Anda bisa menggunakan teknik storyselling yaitu bercerita dengan tujuan menjual. Manfaatkan jargon atau kejadian yang sedang populer di media sosial untuk menarik perhatian siapa pun yang melihatnya. Pengguna media sosial biasanya terpancing dengan isu kekinian, sehingga tanpa sadar telah membaca konten promosi Anda. 


5. Promosi Lewat Surel


Promosi melalui surel dapat Anda lakukan dengan cara mengumpulkan data semua konsumen meliputi nomor kontak dan alamat e-mail. Data bisa diperoleh dengan menanyakan secara langsung atau melalui pop up di situs Anda. Melalui e-mail Anda dapat mengirimkan informasi kuliner termasuk menu baru, promo, dan potongan harga produk.

Baca juga: Snack Makaroni Berhadiah Uang Rp 50 Ribu - Rp 100 Ribu Viral

Itulah tips promosi bisnis kuliner yang ampuh untuk meningkatkan penjualan produk kuliner Anda. Lakukan inovasi berkelanjutan supaya pelanggan tidak meninggalkan Anda. Jika artikel Njajan.com bermanfaat bagi Anda, silakan klik like dan share. Terima kasih.


5 Tips Promosi Bisnis Kuliner Ampuh untuk Dongkrak Penjualan 5 Tips Promosi Bisnis Kuliner Ampuh untuk Dongkrak Penjualan Reviewed by Njajan on November 02, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.