Potensi Bisnis Katering dan Cara Memulainya agar Cepat Sukses

Cara Memulai Bisnis Katering (caterspot.sg)

Njajan.com - Bisnis di bidang kuliner sangat beragam macamnya, termasuk di dalamnya bisnis katering. Bisnis satu ini banyak diminati karena dapat dikerjakan secara rumahan, menguntungkan, dan memberikan tantangan yang besar. Ulasan berikut akan membahas peluang usaha katering dan bagaimana cara mulai menjalankannya.

Peluang Mendapat Penghasilan dari Bisnis Katering

Permintaan terhadap bisnis katering tidak pernah surut, bahkan cenderung meningkat. Hal ini disebabkan meningkatnya jumlah rumah tangga berpendapatan tinggi, semakin banyak perusahaan yang tumbuh, dan keinginan untuk menikmati makan enak secara praktis yang juga meningkat. 

Katering saat ini tak hanya melayani event seperti pernikahan, ulang tahun, atau syukuran, melainkan untuk memenuhi kebutuhan makan harian, baik di sekolah maupun perusahaan. 

Didukung dengan perkembangan teknologi seperti aplikasi pesan antar, menyebabkan peluang usaha ini semakin lebar. Dari bisnis katering, besarnya penghasilan dipengaruhi oleh besarnya event yang dilayani serta seberapa banyak klien yang ditangani. 

Dengan modal dan keberanian memulai, usaha katering dapat dijadikan jembatan menuju kesuksesan Anda.

Baca juga: Kisah Sukses Ibu Rumah Tangga, Sehari Habis 700 Ekor Bebek

Modal yang Diperlukan untuk Bisnis Katering

Peluang Bisnis Katering (pojokbisnis.com)
Peluang Bisnis Katering (pojokbisnis.com)


Modal awal untuk bisnis katering dapat dipastikan lebih kecil daripada usaha restoran. Pasalnya, katering dapat dilakukan tanpa di rumah, tanpa perlu menyewa atau membeli bangunan untuk tempat usaha.

Untuk menekan modal awal, Anda dapat menyewa berbagai peralatan dan perlengkapan memasak. Setelah penghasilan dari bisnis lumayan, barulah membeli sendiri. Selama masih menggunakan perlengkapan sewa, Anda dapat menginvestasikan dana untuk promosi atau merekrut karyawan bila diperlukan.

Di samping modal uang dan peralatan, Anda juga harus memiliki keterampilan mengorganisasi bisnis, membaca perubahan tren yang terjadi, dan terampil dalam berinovasi. Anda tidak harus mahir memasak, cukup mengetahui secara garis besar tentang pengetahuan bahan dan teknik pengolahan serta penyajian makanan.

Baca juga: 5 Tips Promosi Bisnis Kuliner Ampuh untuk Dongkrak Penjualan

Langkah Memulai Bisnis Katering

Bisnis Katering (go-jek.com)
Bisnis Katering (go-jek.com)


Jika Anda merasa sudah yakin akan membuka usaha katering, lakukan beberapa langkah berikut untuk memulainya.

1. Menentukan Jenis Usaha Rumahan Katering 

Ada beberapa jenis bisnis katering. 


  • Pertama katering rumahan yang melayani maksimal 100 orang, termasuk untuk pesanan nasi box, paket prasmanan, dan nasi tumpeng. 
  • Kedua, katering makanan untuk anak sekolah, biasanya disajikan dengan rantang atau kotak makan anak-anak. 
  • Ketiga, katering kantor, berupa nasi box atau rantangan untuk karyawan dan prasmanan untuk event sederhana di kantor. Terakhir, katering untuk acara khusus seperti pernikahan, syukuran, dan ulang tahun. 


Pilihlah salah satu atau beberapa jenis layanan sesuai kemampuan Anda.

2. Menyiapkan Modal 

Modal untuk bisnis katering meliputi peralatan memasak, ruang dapur, dan uang tunai. Untuk ruang dapur, pastikan kondisinya bersih, luas, dan nyaman ketika digunakan. 

Dapur juga perlu dilengkapi rak khusus untuk menyimpan bumbu-bumbu agar proses memasak menjadi lebih mudah. Sementara modal uang digunakan untuk berbelanja bahan makanan yang akan dimasak.

3. Memiliki Keterampilan 

Keterampilan yang harus Anda miliki untuk mendirikan bisnis katering yaitu memasak. Bila tidak dapat melakukannya, Anda harus menggandeng anggota keluarga atau rekan yang dapat memasak berbagai variasi makanan yang berbeda dari yang lainnya. 

Selain itu, Anda harus pandai mengelola bahan makanan dan menjalin relasi dengan banyak orang. Anda juga perlu mengetahui tempat-tempat untuk memperoleh bahan makanan yang baik, dan mengetahui tempat penyewaan peralatan memasak dan perlengkapan penyajian makanan.

4. Menjalankan Bisnis Katering Secara Online 

Bisnis katering online semakin naik peminatnya di kawasan perkotaan. Bisnis ini seperti katering biasa, hanya saja cara melakukan promosi dan memberikan pelayanan ditambah dengan metode online untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan. 

Tren ini sangat diminati di kota-kota besar karena tingginya kesibukan karyawan perkantoran sehingga waktu untuk makan pun terbatas. Layanan katering yang dapat dipesan secara online sangat membantu bagi mereka. 

Demikian ulasan tentang bisnis katering, mulai dari peluang usaha hingga cara memulainya. Apabila berminat, semakin cepat memulai maka semakin cepat pula Anda melihat hasilnya. 

Baca juga: 3 Ide Usaha Makanan Ringan Berbahan Unik

Kesuksesan bisnis katering dapat diraih bila Anda kreatif melihat peluang dan selalu belajar dari pesaing di bidang kuliner. Jangan mudah bangga dengan hasil yang didapat. Jika menu katering Anda sudah laris manis, maka buat menu baru agar Anda tidak tertinggal dari para pesaing yang terus bermunculan.

Jika artikel Njajan.com ini bermanfaat, silakan klik like dan share. Terima kasih.


Potensi Bisnis Katering dan Cara Memulainya agar Cepat Sukses Potensi Bisnis Katering dan Cara Memulainya agar Cepat Sukses Reviewed by Njajan on February 25, 2019 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.