Soto Termurah di Indonesia Harga Rp 1.000 Viral

Soto Termurah di Indonesia Soto Sewu Harga Rp 1.000 (youtube.com)

Njajan.com - Orang biasa mungkin akan berpikir 1000 kali sebelum menjual soto dengan harga murah. Namun, Ibu Sukarni (46) sudah tak mau berpikir panjang lebar, dia memutuskan menjual soto termurah di Indonesia dengan harga Rp 1.000 dan sekarang viral.


Jualan soto paling murah ini ternyata dilatarbelakangi oleh kisah menyedihkan. Ya, bermula dari 1.500 PHK massal di pabrik tekstil Purwosuman, Bulu Sidoharjo, dia beralih profesi menjadi penjual soto.

Awalnya Sukarni yang hanya mengandalkan hidup dari buruh pabrik dan tidak mempunyai mata pencarian lain. Setelah kena PHK, dirinya kebingungan mau menghidupi keluarga dengan apa. Lalu, dia memutar otak dan dengan saran suami dia kepikiran untuk menjadi pengusaha kuliner, khusus soto.

Baca juga: Resep Soto Ayam dan 4 Pilihan Lauk Pelengkap yang Nikmat

"Setelah kena PHK massal di pabrik saya ya luntang-lantung nggak ada kerjaan, lalu suami saya menyarankan untuk berjualan soto seribu, ya saya jawab aku nggak bisa masak, akhirnya dikasih resep masak sama mertua saya," terang Sukarni, seperti yang disadur dari Tribunnews.com.

Jual Soto Rp 1.000 Dapat Cibiran


Ternyata jualan soto murah tidak berjalan mulus begitu saja. Usaha soto Sewu milik Sukarni sempat dapat cibiran dari masyarakat. Banyak orang yang mempertanyakan rasa dari soto Sewu Sukarni enak atau tidak. Sebab, uang Rp 1.000 zaman sekarang cuma dapat jajan saja. Kalau untuk beli soto Rp 1.000 mana mungkin?

"Dulu awal-awal buka ya banyak yang nggak suka, pada tanya enak nggak tuh soto kok cuma seribu. Setelah saya buka itu juga banyak yang ikut-ikutan bikin soto seribu," lanjut Sukarni.

Buka Warung Soto 8 Tahun Silam


Tepatnya 8 tahun silam, Sukarni membuka warung soto harga Rp 1.000 di kediamannya yang beralamat di Kampung Ringin Anom, Sragen Kulon RT 6. Nah, karena letak rumahnya yang kurang strategis yakni berada di dalam kampung, soto Sukarni yang murah meriah itu sepi pembeli dan cuma tetangga sekitar yang membelinya.

"Dulu di rumah saya nggak seramai di sini, yang beli juga tetangga-tetangga sekitar rumah, sehari dapat Rp 80.000 saja senangnya minta ampun," lanjut dia.

Soto Sewu Viral Harga Rp 1.000 (youtube.com)
Soto Sewu Viral Harga Rp 1.000 (youtube.com)


Pindah Warung Soto karena Kurang Strategis


Sukarni merasa letak rumahnya tidak strategis, sehingga dia pindah ke rumah mertua yang hanya beda RT. Letak rumah mertuanya berada tepat di pinggir jalan raya yang tak jauh dari rumahnya.

Ibu Sukarni jualan soto Rp 1.000 selama hampir 4 tahun di tempat baru yang kini berada di pinggir jalan raya Slamet Riyadi Sragen Kulon. Alhamdulillah warungnya kini mulai ramai.

Keuntungan Soto Sewu Harga Rp 1.000


Diketahui omzet penjualan Sukarni lebih banyak dibandingkan di rumahnya. Setiap harinya Sukarni mendapat penghasilan kotor Rp 800.000 dari pukul 11.00 hingga malam. Namun, pada hari tertentu, Sukarni juga pernah mendapatkan keuntungan Rp 2.600.000 dalam sehari.

"Pernah saya jualan waktu hari Minggu, dari pagi sampai malam dapat Rp 2.600.000 penghasilan kotor," kata dia.

Warung soto Sewu Sukarni buka setiap hari dari pukul 06.00 hingga malam. Kalau pagi, Heni adik dari suami Sukarni, Ninut Iswinanto (49) yang menjaga. Sedangkan Sukarni sendiri menjaga warung soto mulai dari pukul 11.00 hingga malam.

Rugi atau Tidak Jualan Soto Rp 1.000


Saat ditanya rugi atau tidak menjual soto dengan harga Rp 1.000? Sukarni dengan santai menjawab tidak. Dia tidak takut rugi sama sekali karena diniati sodaqoh. Bahkan, dari jualan soto tersebut, Sukarni bisa membeli mobil.

"Alhamdulillah nggak takut rugi, ngitung-ngitung sodaqoh lah. Nyatanya bisa kok sampai sekarang, malah Alhamdulillah sudah beli mobil," lanjut dia.

Sukarni sudah mempunyai 2 orang putra dan 2 karyawan yang membantunya melayani pelanggan. Pembeli sotonya merata dari semua kalangan, mulai anak sekolah, ibu-ibu, karyawan hingga pegawai.

"Merata kok yang datang kesini, anak sekolah, ibu-ibu karyawan. Biasanya ramai itu jam-jam tertentu makan siang sama menjelang magrib," lanjut dia.

Soto Sewu milik Bu Sukarni Viral karena Harga Rp 1.000 (youtube.com)
Soto Sewu milik Bu Sukarni Viral karena Harga Rp 1.000 (youtube.com)


Soto Besar Harga Rp 3.000


Tak hanya menjual soto porsi kecil harga Rp 1.000, Sukarni juga menjual soto porsi besar dengan harga Rp 3.000. Salah satu penikmat soto sewu Sukarni, Dwi Candra siswi SMK Muhammadiyah 4 Sragen. Dia mengaku sudah sering datang ke warung soto sewu Suwarni karena harganya murah dan enak. Dwi bahkan selalu makan 2 porsi untuk yang mangkuk kecil.

"Sudah biasa datang ke sini, kalau sekali makan biasanya makan dua porsi yang seribuan," kata Dwi.

Tidak hanya murah, rasa soto Sewu juga enak. Menurut Dwi selain harga soto yang ramah di kantong pelajar, dia dan temannya sering ke sana karena rasa soto seribu ini juga cocok di lidah. Soto Sewu juga dilengkapi dengan sate-satean dan gorengan yang murah meriah.


Kesimpulan


Lokasi warung soto Sewu milik Sukarni yang berada di Kampung Ringin Anom, Sragen Kulon RT 5, samping Jalan Raya Slamet Riyadi, Sragen. Bagi yang penasaran mencicipi soto termurah di Indonesia, Anda bisa datang ke warung Soto Sewu Bu Sukarni.

Baca juga: 5 Kuliner Jogja Murah yang Ramah Kantong Mahasiswa dan Traveler

Walau murah, ternyata penghasilan sehari dari jualan soto bisa mencapai Rp 2,6 juta. Itu penghasilan kotor, tapi sangat lumayan untuk usaha kuliner soto harga Rp 1.000. Apakah Anda tertarik untuk berjualan makanan kuliner yang murah meriah seperti Ibu Sukarni?

Jika artikel Njajan.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain. Terima kasih.


Soto Termurah di Indonesia Harga Rp 1.000 Viral Soto Termurah di Indonesia Harga Rp 1.000 Viral Reviewed by Njajan on November 29, 2019 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.