Manis dan Legitnya Aneka Kue dari Tepung Beras

Macam-macam kue dari tepung beras (catatandapurnyavero.blogspot.co.idi)

Njajan.com - Kue dari tepung beras umumnya bertekstur lembut. Tepung beras bisa diolah menjadi kue dengan beraneka ragam bentuk dan warna yang sangat menggoda selera.

Kue-kue seperti ini sudah pasti menyabet gelar legendaris. Pasalnya, kue dari tepung beras ini menjadi pahlawan pada masanya. Sementara sekarang, kurang dilirik kawula muda. Mereka lebih tertarik menikmati kue kekinian dengan rasa yang manis dan warna yang cerah.

Baca juga: 3 Jajanan Pasar yang Masih Eksis di Acara Hajatan

Walau begitu, kue dari tepung beras tetap memiliki penikmat setia dari masa ke masa. Meski tidak sebanyak kue kekinian seperti kue artis.

Nah, berbicara tentang kue tepung beras, apakah Anda sudah tahu ada berapa kue legendaris yang dibuat dari tepung beras? Jika belum, langsung saja simak aneka kue dari tepung beras yang rasanya manis dan legit, berikut ini.

1. Putu Mayang 

Putu Mayang (vebma.com)
Putu Mayang (vebma.com)

Putu Mayang merupakan kue dari tepung beras yang berasal dari Betawi. Bentuknya hampir menyerupai mie yang digelung. Biasanya Putu Mayang diberi warna merah dan hijau agar tampak menarik.

Kue ini dibuat dari tepung beras, santan, pandan, gula, dan pewarna makanan. Putu Mayang bisa disajikan dengan saus kinca atau santan dan gula merah yang dimasak. Bisa juga dinikmati dengan kelapa parut, sehingga rasanya manis dan gurih.

2. Kue Pancong

Kue Pancong (kulinernasional.com)
Kue Pancong (kulinernasional.com)

Satu lagi jajanan Betawi yang terbuat dari tepung beras. Kue Pancong diolah dari tepung beras, santan, dan kelapa parut yang dipanggang di dalam cetakan. Permukaan kue ini ditaburi gula pasir sebagai pemanis.


Kue yang mirip dengan kue Rangin ini, sekarang mulai dimodifikasi dengan bermacam-macam topping, seperti Nutella, green tea, dan keju.

3. Kue Mangkok

Kue Mangkok (pisangsusu.com)
Kue Mangkok (pisangsusu.com)

Kue Mangkok merupakan salah satu kue khas peranakan Tionghoa yang populer di Indonesia. Biasanya kue dari tepung beras satu ini diberi sedikit pewarna merah, hingga hasilnya kue berwarna pink pucat.

Akan tetapi, di daerah Cianjur Kue Mangkok diberi warna cokelat dari gula merah asli. Kue berbentuk cup dengan bagian atas mekar ini enak dinikmati bersama taburan parutan kelapa.

Baca juga: Resep Martabak Manis Pandan dengan Topping Keju

4. Semprong

Semprong (resepmasakankreatif.com)
Semprong (resepmasakankreatif.com)

Kue Semprong berbentuk silinder panjang dengan lubang di tengahnya. Rasanya manis dengan paduan gurih. Kue dari tepung beras yang renyah ini merupakan hasil perpaduan kue khas Eropa dan Indonesia. Diyakini kue ini hampir serupa dengan Krumkake khas
Skandinavia.

Kue Semprong dibuat dari tepung beras, telur, gula pasir, santan, serta serbuk kayu manis. Cara pembuatannya dengan dipanggang menggunakan cetakan khusus, lalu digulung. Nama semprong sendiri digunakan karena bentuknya seperti semprong, atau pipa dari kayu untuk menjaga nyala api pada tungku kayu bakar.

5. Nagasari

Nagasari (bolakeluarga.com)
Nagasari (bolakeluarga.com)

Kue dari tepung beras ini diolah bersama santan, vanili, gula pasir, dan daun pandan. Cara membuatnya cukup mudah dan tidak memerlukan peralatan khusus. Santan, gula pasir, daun pandan, garam, dan vanili direbus hingga mendidih. Kemudian dituangkan ke dalam tepung beras dan diaduk hingga mengental.


Setelah itu adonan dibungkus dengan daun pisang. Bagian tengahnya diisi potongan pisang raja atau pisang kepok kuning, lalu dikukus. Jajanan tradisional ini masih bisa dijumpai dengan mudah di pasar dan toko-toko kue.

Baca juga: 5 Resep Donat Kentang Spesial dan Empuk Lengkap dengan Cara Pembuatan

6. Kue Lapis

Kue Lapis (resepwow.com)
Kue Lapis (resepwow.com)

Kue yang mempunyai tampilan warna warni memikat ini dibuat dari tepung beras dengan santan dan tepung kanji sebagai bahan dasar. Ciri khas kue ini adalah warna-warna beragam yang berselang-seling menjadi kue berlapis-lapis.


Cara membuat Kue Lapis ini cukup unik dan sederhana. Adonan dibagi menjadi beberapa bagian dengan warna berbeda. Kemudian dituangkan ke dalam loyang yang sudah diberi margarin atau minyak goreng. Adonan dimasukkan ke dalam loyang sambil dikukus, setelah sekitar 10 menit, tuang adonan dengan warna berbeda. Terus lakukan hingga adonan habis.

Baca juga: 5 Resep Martabak Manis yang Mudah Dibuat di Rumah

Hasilnya Kue Lapis dengan warna cantik yang bisa dinikmati selapis demi selapis. Itulah aneka kue dari tepung beras yang rasanya sangat legit dan manis dari santan dan gula, serta tekstur lembut dari tepungnya.

Jika artikel Njajan.com ini bermanfaat, jangan segan mengeklik like dan share untuk teman-teman Anda.


Manis dan Legitnya Aneka Kue dari Tepung Beras Manis dan Legitnya Aneka Kue dari Tepung Beras Reviewed by Njajan on February 24, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.