Begini Cara Membuat Nasi Lemak Khas Malaysia untuk Menu Sarapan

Cara Membuat Nasi Lemak Malaysia (foodrepublic.com)

Njajan.com - Nasi lemak dikenal sebagai makanan khas Malaysia. Umumnya hidangan ini menjadi menu sarapan selain roti canai, bihun goreng, dan nasi goreng. Nasi yang dimasak bersama santan dan daun pandan menghasilkan rasa yang gurih. 

Sebagai pelengkap, nasi ini dihidangkan bersama telur rebus, irisan mentimun, kacang goreng, ikan bilis atau teri, dan sambal. Bisa juga ditambahkan lauk ayam goreng, rendang, paru goreng, sambal sotong, atau sambal kerang.

Tak hanya di Malaysia, negara-negara berdekatan semenanjung Malaya juga akrab dengan nasi lemak. Seperti Singapura, Brunei, dan Indonesia, khususnya Riau, Sumatera Barat, dan Sumatera Utara. Nasi lemak mulanya diolah untuk bekal petani yang pergi ke sawah, pekerja penoreh karet, atau pekerja kebun sawit.

Baca juga: 6 Resep Bekal Sekolah Anak Untuk Hari Senin sampai Sabtu

Beda Nasi Lemak dan Nasi Uduk


Nasi lemak hampir sama dengan nasi uduk, sama-sama dimasak dengan santan sehingga rasanya gurih. Akar sejarah keduanya juga sama-sama berasal dari tanah Melayu. Hasil pertemuan budaya Melayu dan Jawa di Batavia pada masa VOC menghasilkan nasi lemak yang dimodifikasi menjadi nasi uduk.

Sementara nasi lemak sudah dikenal terlebih dahulu di Sumatera dari bangsa Melayu yang bermigrasi setelah Portugis memasuki Malaka. Macam-macam lauk pelengkap kedua hidangan ini juga berbeda karena proses akulturasi di daerah yang berlainan. Nasi uduk yang identik dengan makanan khas Betawi menggunakan lauk jengkol, semur tahu, dan tempe goreng serta empal. 

Sedangkan nasi lemak biasa digandengkan dengan lauk rendang dan sambal. Kedua hidangan ini sama-sama disajikan ketika waktu sarapan. Terlepas dari persamaan dan perbedaan nasi lemak dan nasi uduk, dua-duanya merupakan kuliner khas yang menggambarkan kekayaan budaya bangsa.

Resep Nasi Lemak


Setelah mengetahui seluk beluk nasi lemak, barangkali Anda ingin memasaknya sendiri untuk hidangan sarapan keluarga. Berikut ini resep nasi lemak dari restoran Papparich yang dilansir dari Viva (30/4/2017).

Bahan-bahan:

  • 1000 gr Nasi
  • 300 gr Santan
  • 1500 ml Air
  • 25 gr Garam
  • 25 gr Gula
  • 10 gr Minyak
  • 70 gr Daun pandan

Cara memasak:

  1. Cuci beras sampai bersih, tiriskan. Masukkan dalam penanak nasi.
  2. Panaskan wajan, masukkan santan dan air, didihkan dengan api sedang.
  3. Masukkan pandan ke wajan, masak sampai harum dan sedikit kering.
  4. Matikan api, masukkan minyak, garam gula ke dalam wajan. Aduk sampai rata.
  5. Masukkan bumbu santan (nomor 3 dan 4) yang sudah dicampur rata ke dalam penanak nasi. Aduk sampai rata sekali lagi, tutup penanak nasi.
  6. Nyalakan penanak nasi, masak selama kurang lebih 30 menit. Setelah nasi matang, keluarkan pandannya.
  7. Pindahkan nasi lemak yang sudah jadi ke atas piring, tambahkan pelengkap (kacang goreng, teri, sambal, ayam goreng). Nasi lemak siap disajikan.
  8. Nasi ini mencukupi untuk 12 porsi.


Membuat Ayam Goreng

Bahan: 

  • 280 gr ayam yang dibumbui
  • Minyak secukupnya
  • Air secukupnya

Cara memasak:

  1. Panaskan penggorengan hingga 170 derajat Celcius.
  2. Bilas ayam perlahan di bawah air mengalir untuk membersihkan bumbu yang berlebih.
  3. Goreng ayam sekitar 15 menit.
  4. Jika ayam sudah berwarna kuning keemasan, angkat, tiriskan dan sajikan di atas piring.

Tips Membuat Nasi Lemak Agar Berhasil

1. Santan dibuat dari perasan pertama kelapa segar.
2. Agar lebih harum, masukkan daun pandan ke dalam air mendidih dalam kondisi disobek-sobek.
3. Agar nasi tidak terlalu lengket, gunakan beras biasa, jangan gunakan beras seperti jenis pandan wangi.

Baca juga: 10 Makanan Murah Indonesia, Jadi Mahal Saat Dijual ke Luar Negeri

Itulah informasi mengenai kuliner khas Malaysia bernama nasi lemak. Jika artikel Njajan.com ini bermanfaat untuk Anda, silakan klik like dan share. Terima kasih.


Begini Cara Membuat Nasi Lemak Khas Malaysia untuk Menu Sarapan Begini Cara Membuat Nasi Lemak Khas Malaysia untuk Menu Sarapan Reviewed by Njajan on July 01, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.